TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Film Horor Thriller Bertema Arsitektur, Terornya Penuh Seni Mencekam

Ada Enemy hingga Saltburn, lho

The House That Jack Built (dok. IFC Films/The House That Jack Built)

Tema arsitektur biasanya dikemas dalam film bergenre drama, namun tak menutup kemungkinan film bergenre horor thriller pun dapat dikemas dengan tema satu ini. Selain filmnya menjadi lebih penuh dengan seni, film horor thriller bertema arsitektur juga menyuguhkan visual teror yang segar dan terbilang efektif di jajaran film horor thriller yang mainstream.

Ada cukup banyak film horor thriller bertema arsitektur yang telah dirilis oleh sineas horor, mulai dari rilisan klasik hingga rilisan modern. Nah, buat kamu yang penasaran dengan jajaran film horor thriller bertema arsitektur, yuk, coba simak dalam artikel berikut ini, dijamin salah satunya bakalan jadi favorit kamu!

1. 2001: A Space Odyssey (1968)

Sukses memberi pengaruh di perfilman modern sejak perilisannya, 2001: A Space Odyssey (2001) mengusung tema arsitektur dengan balutan elemen surealis. Film garapan Stanley Kubrick satu ini secara tidak langsung menghadirkan elemen horor dengan label fiksi-ilmiah, selain itu film satu ini juga membawa naskah kompleks dengan visual yang penuh mahakarya. 

Premisnya berkisah tentang menusia yang menemukan objek misterius terkubur di bawah planet tertentu. Di samping itu, kedua astronot berjuang melawan teror psikis dari komputer A.I buatannya yang mengancam mereka semua.

2. The Shining (1980)

Arahan Stanley Kubrick, The Shining (1980) mengemas horor psikologis dengan tema arsitektur yang mengancam. Film horor dibintangi Jack Nicholson dan Shelley Duvall satu ini berhasil membawakan usungan segar dalam perfilman horor tahun 80-an, filmnya sendiri dikemas dengan cerita kompleks dan visual gedung hotel yang secara tidak langsung menjadi sorotan dalam tema arsitektur yang dihadirkan. Selain itu, film satu ini suskes dicap mahakarya dan jadi cult film horor thriller.

Premisnya berkisah tentang seorang ayah dan keluarga kecilnya yang menjadi pengurus hotel di saat renovasi. Namun saat isolasi hadir di antara mereka, keadaan berubah menjadi mimpi buruk saat sang ayah kehilangan akal sehatnya.

3. Enemy (2013)

Rilisan A24, Enemy (2013) mengemas elemen horor bertema arsitektur dengan konsep yang mind-bending. Film garapan Denis Villeneuve satu ini menghadirkan suspens yang kental dengan visual penuh arsitektur yang menarik. Selain itu, film satu ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal dan beradu chemistry dengan Mélanie Laurent.

Premisnya berkisah tentang seorang professor menguntit seorang aktor yang berwajah mirip dengannya. Di samping itu, ia curiga bahwa dia berselingkuh dengan sang istri hingga semuanya berakhir dengan penuh kekacauan.

4. The Lobster (2015)

Untuk kamu pencinta film horor surealis dan bertema arsitektur, The Lobster (2015) siap jadi andalannya. Film rilisan A24 satu ini menghadirkan cerita kompleks dengan visual arsitektur penuh satire. Selain itu, film garapan Yorgos Lanthimos satu ini berhasil membawa usungan segar dalam perfilman modern, maka tak heran jika filmnya sukses dikenal banyak sinefil.

Premisnya berkisah tentang seorang pria single yang berusaha mencari pacar sebelum ia di ubah menjadi hewan. Dengan ini, ia dimasukan ke dalam sebuah hotel hingga akhirnya menemukan seorang menarik, tetapi semuanya tak berjalan mulus.

5. Crimson Peak (2015)

Menghadirkan tema arsitektur yang berfokus di sebuah mansion, Crimson Peak (2015) dibalut teroe gotik yang mencekam. Selain itu, film garapan Guillermo del Toro satu ini menghadirkan cerita kompleks dengan plot twist epik. Maka tak heran jika film dibintangi Mia Wasikowska dan Jessica Chastain satu ini sukses dicap cult film gotik modern.

Premisnya berkisah tentang seorang perempuan yang baru saja menikah dan berpindah dengan suaminya ke mansion tua milik sang suami. Tetapi sesampainya disana, ia mendapat teror dari makhluk mengerikan yang ingin memberi rahasia kelam.

6. Mother!

Dibintangi Jennifer Lawrence dan Javier Bardem, Mother! (2017) menyuguhkan horor berkonsep alegori dengan tema arsitektur yang mengancam psikis. Film garapan Darren Aronofsky satu ini membalut ketegangan dengan drama yang khas dari sang sutradara. Selain itu, filmnya juga membawa kontroversi sehingga sukses menggaet antusias dari banyak pencinta film.

Premisnya berkisah tentang pasangan yang mengundang tamu ke rumahnya. Namun saat mereka lengah, tamu tersebut mulai mengambil alih dan mencoba menghilangkan keberadaan mereka.

7. The House That Jack Built (2018)

Buat kamu pencinta film horor thriller dengan adegan sadis dan bertema arsitektur, The House That Jack Built (2018) siap memberikan itu. Film horor garapan Lars vin Trier satu ini terbilang style over substance, terutama dengan visual kelam yang dihadirkan. Selain itu, film horor satu ini berhasil dicap elevated horror oleh para sinefil dan sineas ternama.

Premisnya berkisah tentang seorang arsitek gagal yang melakukan pembunuhan sadis dengan tujuan menjadikan tubuh korbannya karya seni arsitektur. Hingga keadaan berubah menjadi mimpi buruk dan sulit untuk dihentikan.

Verified Writer

Perceval

I love horror movies so much bro

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya