TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Film Horor Misteri Bertema Investigasi Supernatural, Ada Longlegs!

Bukan cuma Longlegs, lho

Longless (dok. NEON/Longless)

Film horor misteri menyuguhkan banyak tema serta ide cerita yang tentunya segar dari tahun ke tahun, hal ini menjadikan film bergenre horor misteri disukai oleh banyak penggemar film. Salah satu tema atau ide cerita yang popular saat ini adalah film horor misteri dengan tema investigasi supernatural, yang dimana premisnya berfokus pada investigasi kriminal tetapi dikemas dengan elemen horor supernatural.

Ada banyak film horor misteri bertema investigasi supernatural yang telah mendominasi genre horor misteri itu sendiri, bahkan ada dari rilisan lokal. Nah, buat kamu yang penasaran dengan jajaran film horor misteri bertema investigasi supernatural, yuk, coba simak dalam artikel berikut ini untuk rekomendasinya, ya!

1. The Exorcist III (1990)

Menjadi film horor misteri sekaligus sekuel franchise klasik, The Exorcist III (1990) mengemas tema investigasi supernatural yang mengerikan hingga memberi pengaruh dalam tema itu sendiri. Selain itu, film garapan William Petter Blatty satu ini membawa konsep penuh teka-teki dengan plot twist apik, serta kental dengan suspens thriller dan berbeda dari film originalnya.

Premisnya mengikuti seorang letnan filosofi yang mencoba menginvestigasi kasus pembunuhan di sebuah panti jompo, tetapi hal kelam penuh konflik supernatural mulai muncul di kehidupannya hingga membuat keliru kepercayaannya.

2. Sleepy Hollow (1999)

Selain bertema gotik, Sleepy Hollow (1999) kemas cerita segar khas Tim Burton dengan tema investigasi supernatural yang mencekam. Film dibintangi Johnny Depp satu ini juga terbilang salah satu cult film horor misteri dengan konsep anti-mainstream, dan filmnya sendiri terbilang memberikan atmosfir yang kelam serta mind-blowing abis.

Premisnya berkisah tentang detektif asal New York yang mencoba menginvestigasi beberapa kasus pembunuhan di sebuah desa kecil, namun rupanya ia malah berhadapan dengan mitos supernatural dan membuat dirinya terjerumus dalam bahaya mematikan.

3. Constantine (2005)

Sering tayang di televisi, Constantine (2005) suguhkan tema investigasi supernatural dengan aksi yang epik dan brutal. Film horor misteri garapan Francis Lawrence satu ini berhasil dikenal oleh banyak khalayan, selain karena premisnya yang menarik, film horor satu ini membawa elemen misteri yang kental dan penuh adegan epik serta ikonik, terutama penampilan Keanu Reeves yang selalu berhasil menyita mata penonton.

Berkisah tentang seorang pria yang bekerja sama dengan seorang polisi untuk menginvestigasi kasus besar yang sedang terjadi, hingga mereka terjerumus masuk ke dunia supernatural dan berhadapan dengan iblis.

4. Kala (2007)

Garapan Joko Anwar, Kala (2007) padukan horor misteri bertema neo-noir dengan cerita tentang investigasi supernatural penuh twist. Selain itu, film dibintangi Fachry Albar satu ini sukses membawa usungan segar penuh inovasi di perfilman lokal dan filmnya sendiri dicap sebagai cult film hingga sinefil mengakui kualitas filmnya, lho.

Berkisah tentang seorang polisi dan jurnalis yang berusaha mengungkap misteri pembunuhan yang penuh konflik, di samping itu ia mendapat serangan dari hal supernatural dan membuat dirinya semakin ingin mengungkap kebeneran.

5. Deliver Us from Evil (2014)

Dibintangi Eric Bana, Deliver Us from Evil (2014) visualkan teror mencekam dengan tema investigasi supernatural yang berbalut religi. Selain itu, film garapan Scott Derrickson satu ini berhasil menggaet antusias penggemar horor misteri sejak perilisannya, selain karena ceritanya yang super menarik, film horor satu ini juga terbilang efektif dalam teror yang disuguhkannya.

Berkisah tentang seorang polisi yang problematik berusaha mengungkap kasus pembunuhan brutal, tetapi ia berujung menemukan hal tak masuk akal saat mulai dihadapkan dengan ancaman supernatural hingga membuat keluarganya terancam.

6. Terrified (2017)

Jika kamu mencari film horor misteri bertema investigasi supernatural dengan suspens yang siap buat bergidik ngeri, maka wajib nonton Terrified (2017). Film garapan Demián Rugna satu ini menyuguhkan konsep teror yang segar dan efektif, selain itu premis yang dihadirkan berhasil membuat penonton speechless dan tentunya membawa perfilman Argentina semakin diapresiasi di dunia Hollywood.

Premisnya berkisah tentang seorang polisi dan bawahannya yang berusaha menyelesaikan fenomena supernatural, namun saat mereka berhadap dengan kasus tersebut, semuanya berujung membahayakan mereka saat teror mulai bermunculan.

7. Luz (2018)

Film horor misteri berjudul Luz (2018) saty ini membawa tema investigasi supernatural dan hadirkan konsep surealisme dengan elemen fantasi yang mencekam khas Tilam Singer. Selain itu, film horor misteri ini membawa cerita yang penuh konflik dan terbilang mind-bending, terutama dengan adanya teror supernatural yang berhasil membuat filmnya semakin berkembang.

Premisnya berkisah tentang sekelompok polisi berusaha menginvestigasi seorang perempuan aneh menjadi tersangka, namun berujung membahayakan mereka saat teror supernatural mulai bermunculan di tengah investigasi.

8. The Empty Man (2020)

Buat kamu penggemar film horor misteri dengan subgenre folk-horror dan hadir dengan tema investigasi supernatural, maka The Empty Man (2020) siap jadi andalannya. Film garapan David Prior satu ini membawa cerita yang cukup kompleks dengan teror efektif di tiap adegannya, selain itu film satu ini diproduksi oleh studio 20th Century Fox yang tentunya produksi terbilang mewah.

Berkisah tentang seorang polisi yang sudah pensiun berusaha menginvestigasi hal mengerikan, tetapi berujung membawanya ke masa lalunya yang kelam hingga ia harus menyelesaikan segalanya sebelum menjadi ancaman baginya.

9. Longlegs (2024)

Dicap sebagai modern masterpiece, Longlegs (2024) sukses jadi film horor misteri bertema investigasi supernatural paling laris tahun ini. Selain itu, film garapan Oz Perkins satu ini membawa cerita penuh twist dengan ketegangan yang khas darinya, serta atmosfir yang dibawakan berhasil membuat penontonnya bergidik ngeri. 

Berkisah tentang seorang agen FBI yang menginvestigasi seorang pembunuh berantai, tetapi hal kelam mulai bermunculan saat ia terjerumus masuk dalam kultus sesat dan ia harus menghentikan segalanya sebelum ada korban selanjutnya.

Verified Writer

Perceval

I love horror movies so much bro

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya