TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Film Hollywood Blockbuster Terlaris dalam Lima Tahun Terakhir

Film ini raup ratusan juta hingga miliaran dolar

Film sekuel Avatar (dok. 20th Century Studios/Avatar: Way of Water)

Setelah dihadapkan gelombang pandemik COVID-19 di akhir 2019, dunia perfilman Hollywood cukup lesu dalam mengeluarkan film-film blockbuster. Tak heran setelah COVID-19 mereda, berbagai perusahaan dan sutradara berlomba-lomba menayangkan film-film terbaik mereka.

Namun, karena kondisi ekonomi yang belum pulih seutuhnya tidak banyak yang sukses meraup pendapatan besar. Perlahan-lahan Hollywood mulai bangkit. Film-film inovatif dan menarik pun mulai bermunculan sehingga menarik minat orang untuk kembali ke bioskop.

Beberapa di antaranya bahkan sukses besar, baik dari segi ulasan maupun pendapatan. Berikut merupakan sepuluh film Hollywood terlaris selama lima tahun terakhir berdasarkan situs CBR:

1. Avatar: The Way of Water (2,32 miliar Dolar AS)

Avatar: The Way of Water memperoleh perhatian yang sangat besar jauh sebelum resmi dirilis karena merupakan sekuel dari salah satu film terlaris dunia, Avatar (2009). Poin utama dari film ini tentu saja adalah visualnya yang mindblowing, indah, dan memikat. Belum lagi adegan aksi yang di luar akal dan deretan pemain populer. 

Avatar: The Way of Water menceritakan kehidupan bangsa Na'vi yang berubah drastis pasca-bergabungnya Jake Sully (Sam Worthington). Jake bersama Neytiri (Zoe Saldana) menjadi pasangan pemimpin klan dan dikaruniai tiga orang anak yakni Neteyam, Lo'ak, dan Tuk. 

Di sisi lain, tim elite pemerintah masih mencoba melakukan berbagai teknologi baru agar bisa menangkap Jack dan menguasai klan. Hal ini menyebabkan bangsa Na'vi terpojok dan Jake memutuskan untuk membawa semua orang pergi berlindung ke bangsa laut, Metkayina. Sayang upaya ini tidak menghentikan aksi jahat penjajah.

2. Spider-Man: No Way Home (1,91 miliar Dolar AS)

Pasca Mysterio (Jake Gyllenhaal) membongkar identitasnya sebagai Spiderman di Spiderman: Far From Home (2019), Peter (Tom Holland) mengalami dilema dan kekacauan di dalam hidupnya.

Apalagi tak lama setelah membongkar identitasnya, Mysterio tewas sehingga orang-orang pun menuduhnya sebagai pembunuh. 

Peter mendadak menjadi pusat perhatian dan terus-menerus dipantau dan dihakimi. Akhirnya Peter memiliki ide untuk meminta bantuan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) agar membuat semua orang lupa bahwa dirinya adalah Spider-Man.

Strange setuju membantu namun saat mulai merapal mantra, sebuah kejadian mengerikan terjadi. Kejadian ini menyebabkan batas lintas-semesta terbuka dan semua makhluk dari semesta lain pun berdatangan, termasuk di antaranya para penjahat dan sosok yang tidak diinginkan.

3. Inside Out 2 (1,6 miliar Dollar AS)

Riley (Kensington Tallman) adalah tokoh sentral Inside Out (2015) yang tumbuh dengan berbagai macam emosi seperti Joy, Sadness, Fear, Anger, dan Disgust. Di film keduanya ini, Riley telah beranjak remaja sehingga bermunculan berbagai emosi baru yakni Anxiety, Envy, Ennui, dan Embarrassment. 

Kemunculan para emosi baru membuat Riley menjadi lebih sensitif. Ia mudah cemas dan panik apalagi setelah harus pindah ke tempat tinggal dan sekolah baru. Riley yang kesulitan mengendalikan diri membuatnya terus-menerus menghasilkan ingatan dan emosi negatif. 

Joy, Sadness, Fear, Anger, dan Disgust pun tak tinggal diam. Mereka berusaha mengembalikan jati diri Riley sebelum kedatangan emosi baru. Akankah Riley berhasil mengatasi emosi dan kecemasannya?

4. Top Gun: Maverick (1,49 miliar Dollar AS)

Selama 35 tahun pasca-film pertamanya di tahun 1987, Top Gun: Maverick kembali menceritakan Pete 'Maverick' Mitchell (Tom Cruise) yang kini ditugaskan untuk menjadi instruktur para calon pilot Top Gun. Dari para calon pilot ini kelak akan dipilih beberapa untuk mengemban misi khusus.

Sayang melatih calon pilot tidak semudah yang dibayangkan. Anak-anak muda punya ego yang tinggi dan belum begitu berpengalaman di medan tempur. Di tengah situasi ini, Maverick pun masih harus berhadapan dengan persoalan di masa lalu yang dulu sempat ditinggalkannya. 

5. Barbie (1,45 miliar Dollar AS)

Diceritakan di dunia utopia bernama Barbie Land, hiduplan Barbie Stereotipikal (Margot Robbie) yang memiliki kehidupan sempurna dan penuh warna. Sayang, kesempurnaan itu tidak bertahan lama tatkala Barbie mengalami krisis jati diri. 

Krisis ini membuat rutinitas Barbie berubah menjadi berantakan dan ia pun bercerita kepada Barbie varian lain. Barbie Aneh (Kate McKinnon) lalu menjelaskan bila hal ini terjadi karena pemilik Barbie di dunia nyata mengalami masalah.

Bertekad meraih kembali hidup sempurnanya, Barbie nekat pergi ke dunia nyata. Bersama dengan Ken (Ryan Gosling), Barbie pun menjelajahi dunia asing yang belum pernah ia kunjungi seumur hidupnya. 

6. The Super Mario Bros Movie (1,36 miliar Dollar AS)

Gim Super Mario diangkat menjadi film berjudul The Super Mario Bros. Movie. Mario (Chris Pratt) adalah petugas ledeng yang bertugas membetulkan saluran air di bawah tanah kota. Tak sendiri, Mario punya rekan sekaligus saudaranya, Luigi (Charlie Day).

Suatu hari, Mario dan Luigi menemukan sebuah pipa misterius. Keanehan ini membawa Mario ke dunia aneh yang juga membuat terpisah dari Luigi. Mau tidak mau ia pun harus memulai misi berbahaya di dunia asing untuk menyelematkan saudara tercinta. 

7. Deadpool & Wolverine (1,26 miliar Dollar AS)

Deadpool & Wolverine memiliki setting waktu setelah Deadpool 2 (2018). Wade (Ryan Reynolds) tidak ingin lagi hidup di dunia penuh kekerasaan namun tak bisa berhenti pasca TVA datang menemui dirinya.

Wade mau tidak mau harus kembali menjadi Deadpool. Kali ini ia harus memperbaiki linimasa yang rusak dan ini pun menyeret Wolverine (Hugh Jackman) ke dalamnya. Namun, Deadpool dan Wolverine sangatlah tidak akur.

Mereka bertengkar sepanjang waktu dan acap kali menciptakan masalah di tengah perjalanan. Waduh, kira-kira Deadpool berhasil memperbaiki linimasanya yang rusak tidak, ya?

8. Jurassic World: Dominion (1,06 miliar Dollar AS)

Jurassic World: Dominion berkisah pasca kejadian di film Jurassic World: Fallen Kingdom (2018) di mana dinosaurus telah hidup berdampingan bersama manusia di Bumi. Dalam situasi dunia seperti itu, Owen (Chris Pratt) dan Claire (Bryce Dallas Howard) mati-matian melindungi anak adopsi mereka, Maisie (Isabella Sermon) dari kejaran ilmuwan.

Maisie dinilai memiliki DNA yang dapat menyelamatkan manusia dari kehancuran. Namun hal ini dianggap berbahaya karena perusahaan Biosyn Genetics yang menaungi para ilmuwan itu malah akan memanfaatkan DNA Maisie untuk menciptakan makhluk berbahaya sehingga mereka bisa memonopoli pangan. 

Owen dan Claire pun bersama-sama dengan rekan lama berupaya menyelamatkan Maisie serta mencegah kehancuran manusia. Kisah penutup trilogi Jurassic ini dijamin akan membuat penonton penasaran dan tegang selama menyaksikan aksi-aksi menegangkan.

9. Doctor Strange in the Multiverse of Madness (955.8 Million USD)

Film bergenre horor pertama dari Studio Marvel, Doctor Strange in the Multiverse of Madness mengisahkan Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) yang dihadapkan kejadian aneh setelah pintu lintas semesta terbuka di film Spider-Man: No Way Home.

Bumi mulai diserang monster-monster aneh dan muncul pula seorang gadis yang memiliki kemampuan untuk berpindah semesta bernama, America Chavez (Xochitl Gomez). Situasi yang kian tak terkendali membuat Strange pun mencari bala bantuan dan pilihan jatuh kepada Wanda Maximoff.

Sayang, Wanda yang mengalami pahitnya kehilangan suami dan anak telah terjerumus ke dalam ilmu Darkhold. Wanda ingin pindah hidup ke semesta lain dan kemampuan America membuatnya buta hati.

Wanda nekat memanfaatkan America yang alih-alih membantu justru menyebabkan kerusakan antar-semesta kian besar. 

Verified Writer

Ciams

Mahasiswa dan suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya