Comscore Tracker

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis Kulit

Kulit berminyak atau kering punya skincare yang berbeda.

Dewasa ini produk-produk perawatan kulit tidak hanya identik dengan perempuan, melainkan pria juga. Memang, jumlah dan jenis produk skincare cowok tak sebanyak cewek, tapi penggunaan skincare bagi cowok tetap direkomendasikan untuk merawat kulit.

Dari mulai kulit kering, berminyak, kombinasi, bahkan sensitif, trial and error segala macam produk bakalan bikin kamu tahu apa yang cocok buat kulitmu. Enggak perlu bingung, IDN Times sudah rangkum semua produk perawatan wajah pria buat kamu, bro!

1. Mau kulit sehat? Selain skincare, gaya hidup itu penting!

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis KulitUnsplash.com

Sebelum masuk ke berbagai rangkaian produk rekomendasi IDN Times, kamu harus tahu dulu bro, kalau kamu gak akan bisa memperbaiki masalah kulitmu kalau gaya hidupmu gak sehat. Makanya, untuk dapatkan hasil maksimal dari skincare yang dipakai, tetap harus ada perawatan dari dalam seperti banyak minum air putih dan tidur teratur.

Saat tidur kulit mengalami mode perbaikan dan regenerasi sedangkan kalau kamu tidak cukup tidur, itu akan mempengaruhi peningkatan hormon kortisol yang bisa menyebabkan kulit menghasilkan banyak minyak dan akhirnya jerawat. Kamu yang memang peduli sama penampilan dan kesehatan kulitmu, jangan keseringan begadang, deh!

2. Tips untuk pemilik kulit berminyak

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis KulitUnsplash.com

Buat kamu yang punya tipe kulit berminyak, selain wajib membersihkan wajah dengan teratur, kamu juga membutuhkan clay mask untuk mengontrol kadar minyak di wajah. Gak perlu setiap hari, kamu bisa pakai clay mask seminggu dua sampai tiga kali saja. Jangan lupa juga untuk selalu bawa face paper untuk memastikan kulitmu selalu bersih dan gak kelihatan sangat berminyak.

3. Rekomendasi skincare untuk kulit berminyak

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis KulitUnsplash.com

Ada beberapa produk yang bisa kamu coba kalau kamu termasuk memiliki kulit berminyak, yaitu:

Sabun: Nivea Men Oil Attack Bright
Toner: Missha For Men Sebum Breaker Toner
Pelembab: Nivea Men Whitening Oil Control Total Recharge Moisturizer

Untuk perawatan maksimal, kamu cukup menggunakan semua produk di atas pagi dan malam hari. Sesuai urutan, setelah sabun kamu bisa pakai toner dan kemudian pelembab.

4. Tips untuk pemilik kulit kering

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis KulitUnsplash.com

Beda dengan kulit berminyak, keseringan cuci muka padahal kamu punya kulit yang kering sangat tidak dianjurkan. Nah, sebaiknya kamu membersihkan wajah sehari sekali saja pada malam hari. Di pagi hari, kamu bisa pakai pelembab sebelum beraktivitas. Ingat juga bahwa bahan skincare paling baik untukmu adalah yang berbahan dasar aloe, olive oil, dan charchoal.

Baca Juga: 10 Inspirasi Gaya Berpakaian Cowok ke Kampus, Anti Mati Gaya Deh!

5. Rekomendasi produk untuk kulit kering

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis KulitUnsplash.com

Buat kamu pemilik kulit kering, coba deh berbagai rekomendasi produk di bawah ini:

Sabun: LT Men Moisturing Facial Cleansing Mild
Toner: Beyond The Tree For Men Moisture Toner
Pelembab: L’oreal Men Expert Hydra Energetic

Gak semua produk itu cocok dengan kulitmu, makanya kamu butuh mencobanya dengan sabar dan melihat hasilnya apakah cukup berguna di kulitmu atau tidak, ya.

6. Tips untuk pemilik kulit sensitif

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis KulitUnsplash.com

Buat kamu yang memiliki kulit sensitif pasti harus lebih hati-hati dalam memilih produk. Nah, yang harus kamu ingat sebagai pemilik kulit sensitif adalah menjauhkan diri dari segala skincare yang berbahan alkohol atau juga pengharum. Sebaliknya, kamu harus memilih skincare yang hypo-allergenic serta bebas alcohol, acids, dan sodium lauryl sulfate.

7. Rekomendasi produk untuk kulit sensitif

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis KulitUnsplash.com

Sabun: Biokos Men Advance Hydra Energizing
Toner: The Body Shop Aloe Toner
Pelembab: LT Men Refreshing Cream SPF 18

Kalau dalam sekali pemakaian produk di atas kulitmu jadi berasa ketarik atau muncul merah-merah seperti alergi, sebaiknya kamu langsung hentikan pemakaiannya. Produk di atas memang merupakan rekomendasi untuk kulit sensitif tapi sekali lagi satu kulit dan kulit lainnya itu berbeda jadi jangan disamaratakan semua pasti cocok, ya!

8. Rekomendasi produk untuk kulit kombinasi

Cara Memilih Produk Perawatan Wajah Pria Berdasarkan Jenis KulitIDN Times/Sukma Shakti

Sabun: The Body Shop Energizing Deep Cleanser For Men
Toner: Laneige Homme Blue Energy Skin Toner
Sunscreen: Lanaige Homme Sun Sport Ex
Pelembab: Vaseline Men Face Oil Control Cream

Selama produk tersebut sesuai dengan jenis kulit kamu, pastinya hasil yang kamu terima juga bakal baik. Nah, perlu kamu ingat juga nih kalau semua produk rekomendasi di atas adalah produk yang biasanya digunakan berdasarkan jenis kulit tertentu. Untuk tahu itu cocok atau tidak di kamu, tetap harus coba dulu sendiri beberapa hari dan lihat hasilnya. Nah, itu beberapa rangkuman cara memilih produk perawatan wajah pria buat kamu. Semoga cocok dan bermanfaat buat kamu ya!

Baca Juga: Anti Ribet, Ini 9 Tips Grooming Pria yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Topic:

  • Galih Persiana
  • Septi Riyani

Just For You