Comscore Tracker

Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Kamu Tersenyum

Senyum gak mahal kok guys...

Senyum ternyata memberikan dampak positif kepada kesehatan lho guys. Bukan hanya ibadah, senyum juga memberikan manfaat lain bagi tubuh manusia.

Dalam bidang kesehatan, ternyata senyum memiliki dampak yang positif. Apa saja manfaat senyum dalam kesehatan? Yuk, disimak!

1. Menurunkan tekanan darah

Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Kamu Tersenyummedicalnewstoday.com

Buat kamu yang punya masalah tekanan darah tinggi, mungkin kamu terlalu sering cemberut dan jutek. Dikutip dari cardiovascularbusiness.com, Dokter Gigi Kosmetik Sivan Finkel menyebutkan bahwa senyum bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak cuma senyum tulus, senyum palsu pun sama efeknya.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Kamu Tersenyumthehealthsite.com

Dikutip dari nbcnews.com, seorang doktor THT bernama Murray Grossan menyebutkan bahwa kekebalan tubuh akan menurun ketika kita sedang mengalami depresi. Oleh karena itu, senyum akan membuat kita bahagia yang otomatis membuat daya tahan tubuh meningkat.

3. Menurunkan risiko terserang penyakit jantung

Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Kamu Tersenyumcbsnews.com

Sebuah penelitian menyebut tertawa bisa membuat produksi oksigen dalam peredaran darah meningkat. Hal itu sangat baik bagi jantung dan juga sistem peredaran darah. Selain itu, tadi juga disebutkan bahwa senyum bisa menurunkan tekanan darah yang juga berdampak positif bagi jantung.

Baca Juga: Sering Menatap Layar Gadget Terlalu Lama? Ini 7 Efeknya bagi Kesehatan

4. Mengurangi stres berlebih

Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Kamu TersenyumPexels/Oladimeji Ajegbile

Ketika stres, tubuh akan merespons dengan menunjukkan gejala negatif seperti denyut jantung meningkat, turunnya kekebalan tubuh, dan juga naiknya tekanan darah. Untuk itu, senyum akan mengembalikan semua keadaan seperti normal kembali karena senyum bisa menghilangkan stres. Tubuh pun juga melepaskan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia.

5. Mengurangi rasa sakit

Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Kamu Tersenyumgoogle

Pada poin nomor 4, disebutkan bahwa ketika senyum tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa bahagia. Hormon endorfin juga ternyata bisa menjadi pereda rasa sakit alami lho. 

6. Mencegah kerutan pada wajah

Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Kamu Tersenyumfreepik/freepik

Pada laman huffpost.com disebutkan bahwa banyaknya usaha pergerakan pada wajah bisa membuat kulit cepat berkerut. Meskipun senyum juga membutuhkan gerakan otot, namun ternyata cemberut lebih banyak membutuhkan pergerakan otot. Orang yang sering tersenyum tulus wajahnya lebih enak dilihat karena menebarkan aura positif bagi sekelilingnya.

7. Baik untuk kesehatan mental

Ini 7 Manfaat Kesehatan dari Kebiasaan Kamu Tersenyumwww.meetmindful.com

Depresi memang benar-benar menjadi masalah yang cukup serius jika tidak segera ditangani. Untuk itu, diperlukan hormon serotonin yang berguna sebagai obat antidepresan.

Dikutip dari psychologytoday.com, hormon serotonin bisa diproduksi ketika kamu tersenyum dan menjadi antidepresan alami. Untuk itu tetaplah tersenyum dalam kondisi apa pun.

Wah, ternyata banyak banget ya manfaat senyum bagi kesehatan. Jadi, mulai sekarang jangan cemberut-cemberut lagi ya. Tebarkan senyuman dan kebahagiaan untuk lingkungan sekitar kamu!

Baca Juga: 7 Manfaat Tidur dalam Kegelapan, Lampu Kondisi Gelap Ternyata Bagus

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya