Comscore Tracker

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatal

Segera periksa baik-baik rambutmu!

Selalu berpenampilan menarik di setiap kesempatan, sepertinya telah menjadi hal penting bagi millennial. Maka jangan heran jika gangguan dalam tubuhmu, salah satunya kulit kepala gatal, menjadi hal yang mesti segera disingkirkan.

Kamu pasti pernah merasakan gatal di kepala dan bikin kamu mati gaya di depan umum, enaknya digaruk atau gak ya? Malu juga kan kalau mau garuk-garuk waktu sedang nongkrong?

Kamu harus tahu penyebab kepalamu terasa gatal agar bisa mengatasinya. Bisa jadi kamu jadi menggaruk-garuk kepala sekarang, lebih kencang lagi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 penyebab kulit kepalamu terasa gatal.

1. Kurap

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatalbimari.today

Kurap merupakan infeksi jamur yang menyerang kulit. Penyakit yang biasanya sering kita dengar berdampingan dengan panu dan kudis ini, ternyata dapat menyerang kulit kepala juga. Kurap di kulit kepala biasanya berwarna merah dan membentuk cincin, menyebabkan gatal-gatal hingga botak melingkar.

2. Ketombe

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatalimage.freepik.com

Penyebab kulit kepala gatal yang paling sering banyak dialami oleh orang-orang adalah ketombe. Ketombe biasanya dikarenakan kulit kepala yang sensitif terhadap produk perawatan rambut tertentu, terlalu sering keramas, atau timbulnya minyak dan sel-sel kulit mati di sekitar kepala.

3. Psoriasis

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatalmedia.allure.com

Psoriasis timbul akibat sel kulit kepala yang tumbuh terlalu cepat sehingga muncul bercak-bercak tebal kemerahan dan tertutup oleh serpihan dan sisik. Psoriasis menimbulkan rasa gatal dan sakit, jika dikelupas akan berdarah. Psoriasis tidak hanya bisa terjadi di kulit kepala, namun juga di berbagai tubuh lainnya.

4. Ada kutu rambut

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatalassets.parents.com

Kutu rambut adalah salah satu penyebab gatal pada kepala. Gatal akan terasa setelah kutu menggigit dan mengisap darah. Hal ini dikarenakan air liur kutu mengandung zat-zat yang bersifat alergen.

5. Kulit kepala kering

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatalarganrainproducts.com

Beberapa orang memang ditakdirkan memiliki jenis kulit yang kering. Kulit kepala yang kering ini menimbulkan rasa gatal, apalagi ketika musim dingin. Kalau memiliki jenis kulit yang kering, lantas jangan sering-sering keramas, itu malah akan memperburuk keadaan. Pilihlah produk shampoo yang tepat, sesuai dengan kebutuhan kulit kepalamu.

Baca Juga: 8 Kondisi Kulit Saat Gatal Ini Justru Akan Bahaya Saat Digaruk

6. Produksi minyak berlebihan

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatali.ytimg.com

Produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala juga menjadi salah satu penyebab gatal di kepala. Rasa lengket yang ditimbulkan produksi berlebih ini membuat tidak nyaman. Yang menyebabkan produksi minyak berlebih adalah debu, kotoran, dan sinar matahari.

7. Alergi produk perawatan rambut

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gataladorebeauty.com.au

Kepalamu sering merasa gatal saat menggunakan produk perawatan rambut tertentu? Coba perhatikan lagi, apakah kandungannya sudah sesuai dengan kondisi kulit kepalamu? Gunakan produk perawatan yang sesuai dengan kondisimu ya.

Tapi kamu juga perlu tahu, bahwa beberapa produk perawatan rambut memang memiliki kandungan bahan kimia yang menyebabkan gatal, seperti hair spray. Maka dari itu, sebisa mungkin kurangi penggunaan produk berbahan kimia dan beralih ke bahan-bahan alami.

8. Ada uban (rambut putih)

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatalmedicalnewstoday.com

Uban biasanya ditemukan pada orang lanjut usia. Rambut berwarna putih ini merupakan rambut mati, sehingga kurang wajar bila ditemukan pada orang yang belum mencapai usia lanjut. Uban menyebabkan rasa gatal dan tidak percaya diri, sehingga biasanya beberapa orang mengecat hitam kembali rambutnya.

9. Folikulitis

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatalpbs.twimg.com

Folikulitis merupakan inflamasi dari folikel rambut, timbul akibat adanya jamur atau bakteri tertentu. Perbedaannya, folikel tidak hanya menyebabkan rasa gatal saja, tetapi juga nyeri di area infeksi. 

10. Cacar air

Dari Ketombe hingga Kutu, Ini 10 Penyebab Kulit Kepala Gatalbabycenter.com

Penyebab kulit kepala gatal lainnya adalah cacar air. Cacar air timbul karena serangan virus varicella zooster. Tidak hanya di kulit wajah dan seluruh badan, tetapi juga kulit kepala. Cacar air mempengaruhi saraf dan menyebabkan rasa gatal, bahkan memunculkan penyakit lain seperti herpes.

Selain 10 poin di atas, gatal di kepala juga bisa disebabkan oleh kondisi stres atau sedang gugup. Pasti kamu mengalaminya juga kan, menggaruk kepala ketika sedang gugup atau stres? Ini adalah gerakan refleks dan tidak disengaja.

Kulit kepala yang gatal kebanyakan dikarenakan jamur yang tumbuh di kepala akibat berbagai alasan. Menjaga kepala tetap bersih dan menggunakan produk perawatan yang cocok bisa membantumu percaya diri lagi. Atau masih mau garuk-garuk di tempat umum? Kalau aku sih gak ya!

Baca Juga: 5 Informasi Tentang Rasa Gatal yang Sering Dirasakan di Sekitar Luka

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You