Comscore Tracker

Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksim

Bisa mengurangi gatal, pedih, dan kemerahan pada kulit

Jika kamu menderita eksim, kamu pasti tahu bagaimana menderitanya ketika kulit menjadi merah, gatal, kasar, dan akhirnya terluka. Jenis yang paling banyak dialami orang adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Pada umumnya eksim menyerang anak-anak, tetapi orang dewasa pun dapat mengalaminya.

Kondisi ini sangat mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari. Eksim juga terkenal sulit untuk disembuhkan. Namun bukan berarti kita harus pasrah menerima kenyataan yang ada. 

Terdapat beberapa cara mengobati eksim dan memperbaiki kondisi kulitmu. Yuk, simak dan terapkan metode berikut ini!

1. Gel aloe vera

Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksimplantsohp.ae

Aloe vera atau lidah buaya selalu dapat diandalkan untuk masalah kulit. Menurut studi dari ScienceDirect, tumbuhan tersebut memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan bisa meningkatkan sistem imun.

Oleh karena itu, lidah buaya dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi kulit akibat eksim. Kandungannya juga mampu menyembuhkan kulit yang terluka. Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan langsung ke bagian yang kemerahan, luka, dan kasar. Kamu dapat memakai gel yang dijual di pasaran atau langsung dari batang lidah buaya.

2. Madu

Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksimhearstapps.com

Produk yang dibuat oleh lebah ini telah digunakan manusia selama ribuan tahun. Khasiatnya yang sangat kaya membuat madu dinobatkan sebagai salah satu superfood. Ia juga sering disebut sebagai sumber antibakteri dan antiinflamasi alami. Selain dimakan, madu juga biasa dipakai untuk mengobati luka eksim.

Studi dari Taylor and Francis Online mengatakan bahwa ketika diaplikasikan ke atas luka, ia akan mempercepat penyembuhannya. Bagaimana bisa? Madu ternyata bisa memicu sistem imun untuk bekerja dengan lebih aktif.

3. Minyak kelapa

Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksimubudbotany.com

Bahan alami lain yang terkenal akan khasiatnya untuk kulit dan rambut adalah minyak kelapa. Dilansir dari National Eczema, studi menunjukkan bahwa bakteri pada kulit yang terkena eksim menurun hingga 95 persen setelah pengaplikasian minyak kelapa dengan rutin. 

Tentunya hasil tersebut sangat mencengangkan. Dokter pun sering merekomendasikan cara ini kepada pasiennya. Selain itu, minyak kelapa juga tak memiliki efek samping apa pun jadi aman digunakan untuk bayi dan anak-anak.

Cara penggunaannya, cukup aplikasikan minyak setelah mandi dan beberapa kali ketika ia sudah mengering. Gunakan juga sebelum tidur untuk melembapkan kulit di malam hari. Namun ketika kamu memiliki alergi kelapa, jangan menggunakannya ya!

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mencegah Eksim, Kelainan Kulit Penyebab Iritasi

4. Tea tree oil

Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksimthehealthy.com

Selain ampuh untuk mengobati jerawat, tea tree oil ternyata juga berkhasiat untuk meredakan gejala eksim. Studi tahun 2013 dari PubMed Central menunjukkan bahwa antimikroba dan antibakterinya yang kuat dapat memerangi partikel asing yang memperparah eksim. Kulit pun terasa lebih lembap, tidak gatal, dan terhindar dari risiko infeksi. 

Kamu bisa langsung mengoleskannya ke bagian yang terserang eksim. Kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun atau produk pelembap yang kamu gunakan.

5. Ganti sabun dengan yang lebih aman untuk kulit

Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksimmirror.co.uk

Pada umumnya, sabun yang dijual di pasaran memiliki kandungan sabun yang tinggi. Hal ini dapat memperburuk kondisi kulit dan membuatnya lebih kering. Selain itu, penderita eksim biasanya memiliki kulit yang sensitif sehingga rawan terkena iritasi.

Makanya, gantilah sabunmu dengan yang lebih lembut, tanpa pewangi, dan mengandung zat antibakteri. Dengan begitu kelembapan kulit dapat terjaga dan terhindar dari infeksi lebih lanjut.

6. Minyak bunga matahari

Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksimpmcspy.com

Minyak bunga matahari adalah ekstrak yang dihasilkan dari biji bunga tersebut. Laman Health Line mengatakan bahwa produk tersebut mampu melapisi bagian terluar kulit sehingga kelembapan terjaga.

Selain itu, minyak bunga matahari juga bisa membunuh bakteri yang hidup pada eksim. Hal ini akan mencegah kulit pecah-pecah dan terkena infeksi.

7. Mengubah pola makan

Cobain agar Tak Makin Parah! 7 Cara Alami untuk Meredakan Gejala Eksimeatright.org

Eksim terjadi karena kulit mengalami inflamasi atau peradangan. Kamu bisa mengobatinya dari dalam, yaitu melalui pola makan. Dengan begitu, proses penyembuhan akan semakin cepat. Cobalah perbanyak konsumsi ikan, sayuran hijau, buah-buahan, kayu manis, dan kacang-kacangan. Sebaliknya, hindari konsumsi produk susu, telur, kedelai, dan gandum. 

Cukup sederhana, kan cara mengobati eksim tersebut? Coba lakukan metode di atas saat gejala eksim terasa. Semoga segera membaik, ya!

Baca Juga: 7 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Bekas Luka Eksim

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Just For You