Comscore Tracker

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmu

Hati-hati pecinta kopi, katanya itu jadi salah satu faktor

Ketidaksuburan adalah hal yang ditakuti pasangan suami istri alias pasutri yang mengharapkan kehadiran buah hati. Khusus bagi perempuan, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat sedikitnya 10 persen wanita di dunia mengalami kesulitan hamil.

Dalam dunia kesehatan, ketidaksuburan merupakan salah satu hal yang sulit dipahami, karena berkaitan dengan masalah mental dan memiliki banyak penyebab.

Mendiagnosis ketidaksuburan pada wanita pun tidak mudah. Menurut salah satu artikel di The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, dokter perlu melihat dahulu sejarah kesehatan, mulai dari siklus menstruasi, penyakit dan operasi di masa lalu, hingga obat apa yang sedang digunakan saat ini.

Ada pula pemeriksaan kesehatan untuk melihat apakah hormon dan alat reproduksi normal. Setidaknya inilah beberapa hal yang menjadi penyebab ketidaksuburan seorang wanita.

1. Obesitas

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmuthescottishsun.co.uk

Yang menyebabkan obesitas mengganggu kesuburan seorang wanita adalah dampaknya yang mampu mempengaruhi produksi hormon. Semakin berat seorang wanita melebihi berat idealnya.

2. Terlalu kurus

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmufoxnews.com

Lemak berlebih memang mampu menghambat kesuburan, namun tubuh yang terlalu kurus juga mampu membuat seorang wanita menjadi tidak subur. Itu berarti kunci memiliki kesuburan yang tinggi adalah memiliki berat badan yang ideal.

3. Menua

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmugeroscience.com

Dikatakan ada titik umur tertentu di mana wanita tak lagi subur. Kesuburan tertinggi yang dicapai pada wanita berada di umur 25 hingga 35 tahun dan setelah itu kesuburan akan berkurang terus menerus.

4. Genetis

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmucurearthritis.org

Genetis keluarga adalah salah satu hal yang paling mempengaruhi kesuburan seseorang. Genetis bisa membuat seorang wanita memiliki lebih banyak atau lebih sedikit sel telur ketimbang orang pada umumnya.

5. Bahan kimia

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmubiohomecares.com

Bahan kimia banyak ditemui dalam alat-alat pembersih rumah tangga. Menurut jurnal dari Environmental Health Perspectives pada 2013, produk-produk kimia tersebut bisa menurunkan kemungkinan memiliki anak mencapai 29 persen.

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami Tanpa Alat Kontrasepsi

6. Merokok

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmuqz.com

American Society for Reproductive Medicine menuliskan jika merokok bisa menurunkan kesuburan mencapai 13 persen. Malahan efek berkelanjutannya adalah anak dari sang ibu perokok bisa mengalami ketidaksuburan.

7. Olahraga yang terlalu berat

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmurightasrain.uwmedicine.org

Tak hanya mampu melukai, olahraga yang terlalu membebani berimbas negatif kepada kesuburan. Sebuah studi dari Fertility and Sterility menemukan jika wanita dengan berat normal yang berolahraga sangat berat lebih dari lima jam dalam seminggu memiliki kesulitan dalam mendapatkan kehamilan.

8. Penyakit tiroid

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmufoundationalmedicinereview.com

Sebuah studi pada 2015 mendukung teori bahwa gangguan teori berdampak pada kesuburan dan permasalahan kehamilan.

9. Terlalu banyak kafein

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmunypost.com

Ada sebuah studi dari Nevada School of Medicine pada 2011 jika kafein mengganggu otot berkontraksi. Padahal kontraksi otot ini membantu sel telur untuk menuju ovari dan rahim. Jadi berhati-hatilah bagi mereka yang kecanduan kopi.

10. Stres

Dear Pasutri, Ini 10 Hal yang Dinilai Menghambat Kesuburanmumedicalnewstoday.com

Wanita yang memiliki tingkat stres tinggi susah untuk mengalami kehamilan. Hal itu dilaporkan dalam studi 2014 oleh Human Reproduction. Studi itu tidak serta merta menunjukkan jika stres secara langsung membuat wanita mandul, akan tetapi stres mengganggu produksi hormon yang penting bagi kesuburan.

Dari semua hal ini yang bisa disimpulkan adalah hidup dengan sehat merupakan kunci mendapatkan kesuburan. Untuk mereka yang belum mendapat pasangan padahal semakin menua, tak perlu khawatir untuk tidak mendapatkan kehamilan. Sebuah artikel pernah menuliskan jika persentase kehamilan yang turun itu tidaklah seberapa besar dan kamu masih bisa tetap hamil di atas umur tersebut.

Baca Juga: 9 Tanda Awal Kehamilan yang Kerap Terabaikan, Antisipasilah Segera

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You