Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul karena Sering Pakai Masker

Apakah kamu sering mengeluhkan hal ini?

Saat ini masyarakat diimbau selalu mengenakan masker untuk menghindari penyebaran virus corona (COVID-19) utamanya saat beraktivitas di luar rumah. Namun, akibat sering pakai masker, banyak orang yang mengeluh setelah muncul permasalah kulit baru yang mengikutinya yaitu "Maskne" atau "Mask-Acne".

Seperti namanya, "Maskne" adalah permasalahan kulit berupa jerawat yang muncul di area yang ditutupi oleh masker. Umumnya hal ini disebabkan oleh menumpuknya keringat, minyak serta bakteri di dalam masker. Selain itu, "Maskne" juga bisa disebabkan karena kulit yang terlalu sering tergesek dan udara panas.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, IDN Times telah merangkum beberapa tips menangani "Maskne". Simak artikel di bawah ini ya!

1. Perhatian material masker yang digunakan, serta rutinlah mengganti masker tiap paruh waktu

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul karena Sering Pakai MaskerMasker fashionable NIION (NIION)

Saat ini sudah banyak jenis dan motif masker yang tersedia. Salah satu bahan masker kain yang bagus untuk kulit adalah cotton yang terasa nyaman dan breathable. Sehingga, iritasi atau gesekan antara masker dengan kulit bisa terminimalisir.

Selain itu, sangat penting untuk kamu rutin mengganti maskermu tiap paruh waktu tertentu. Apalagi, kalau kamu pakai masker medis! Jangan pernah menggunakannya berkali-kali, ya.

Setelah sampai rumah sepulang beraktivitas di luar, segera cuci maskermu dengan bersih. Dan, hindari penggunaan sabun cuci yang mengandung parfum.

2. Jangan lupa untuk selalu pakai pelembap wajah!

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul karena Sering Pakai MaskerIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Walaupun tipe kulitmu adalah oily, kamu tetap wajib menggunakan pelembap, lho! Pilihlah jenis pelembap yang cocok dengan kondisi kulitmu dan memiliki formula yang ringan.

Kenapa pelembap penting digunakan? Pasalnya, produk skincare ini bisa membantu kulitmu tetap terhidrasi dan sehat, sehingga terhindar dari iritasi akibat gesekan.

3. Selalu bersihkan wajah sebelum dan setelah beraktivitas!

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul karena Sering Pakai MaskerIDN Times/Rizka Yulita

Selain harus rajin mencuci tangan, kamu juga harus tekun membersihkan wajahmu secara maksimal, lho! Cuci muka sebelum dan sesudah beraktivitas perlu jadi bagian dari rutinitasmu.

Kamu tentunya bisa membayangkan dong berapa banyak bakteri, kotoran, hingga makeup yang menempel di kulitmu seharian? Jadi jangan malas cuci muka, ya!

Baca Juga: 5 Perawatan Sederhana untuk Mengatasi Jerawat pada Kulit Remaja

4. Walaupun sebagian wajahmu tertutup masker, kamu tetap gak boleh skip penggunaan sunscreen, lho

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul karena Sering Pakai MaskerIDN Times/Anjani Eka Lestari

Masker gak bisa menggantikan fungsi sunscreen. Masih ada paparan sinar matahari yang bisa menembusnya, lho. Jadi jangan lupa untuk selalu gunakan sunscreen setiap hari demi kesehatan kulitmu, ya!

5. Kalau bisa sih, mending skip dulu penggunaan complexion yang terlalu berat. Less is more!

5 Cara Mengatasi Jerawat yang Muncul karena Sering Pakai MaskerIDN Times/Anjani Eka Lestari

Biar terhindar dari breakout akibat masker, kamu sebaiknya mengubah rutinitas makeup-mu dulu! Fokuslah dalam penggunaan skincare, dan kurangi intensitas pemakaian produk makeup terutama complexion.

Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan tone up cream atau tinted moisturizer. Lalu, fokus menggunakan produk makeup di area mata. Jadi, kamu bisa tetap tampil kece dan wajahmu pun bisa tetap terjaga meski pakai masker seharian!

Itu dia 5 tips menghindari maskne yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu dan jangan pernah lupa pakai masker saat keluar rumah, ya!

Baca Juga: Penyebab Jerawat, 7 Kebiasaan yang Membuat Pori-porimu Tersumbat

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya