Comscore Tracker

Tidak Hanya Olahraga, 7 Cara Simpel Ini Bisa Bikin Panjang Umur

Teh dan kopi bisa bikin umur panjang?

Beberapa hal yang menyangkut kehidupan kita memang tak bisa dikontrol oleh manusia, mulai dari rezeki, keberuntungan, takdir, dan usia. Soal usia, banyak orang berharap punya umur panjang, supaya bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat di dunia.

Meskipun tidak ada seseorang pun yang tahu mengenai usia, namun kamu boleh berharap untuk memiliki usia lebih panjang. Dikutip dari Lifehack.org dan Healthline.com, ini 7 cara yang bisa kamu lakukan supaya berumur panjang!

1. Mengonsumsi kacang-kacangan. Dijadikan camilan sambil nonton Youtube, asyik juga!

Tidak Hanya Olahraga, 7 Cara Simpel Ini Bisa Bikin Panjang Umurunsplash/@inteligencia_eco

Kacang adalah salah satu camilan yang praktis, dan jadi camilan favorit buat nonton TV atau sekadar ngobrol di warung kopi. Sekali coba, kayaknya susah untuk berhenti ngemil kacang. Selain enak, ternyata kacang juga mampu membuat hidupmu jadi lebih lama lho. Kacang merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang bagus, seperti magnesium, folat atau vitamin B6.

Kacang juga kaya akan antioksidan, protein, dan juga serat. Jenis kacang seperti almond adalah kacang yang paling bagus untuk dikonsumsi secara rutin. Manfaatnya adalah terhindar dari penyakit seperti diabetes, mengurangi kadar lemak perut, terhindar dari risiko penyakit jantung dan sebagainya. 

2. Jangan stres, dan hidup lebih santuy!

Tidak Hanya Olahraga, 7 Cara Simpel Ini Bisa Bikin Panjang Umurpixabay/free-photos

Kamu pasti sudah tahu kan, jika stres berdampak pada munculnya berbagai gangguan fisik? Stres adalah salah satu faktor yang dapat mengurangi masa hidupmu secara drastis. Ketika seseorang mengalami stres, fisiknya pun juga akan terganggu seperti penyakit lambung, sakit kepala, atau kerontokan pada rambut.

Apalagi jika kamu menggunakan cara yang salah dalam mengatasi stres, seperti makan junk food atau movie maraton sampai pagi. Cobalah untuk lebih rileks dan tenang dalam menghadapi suatu hal yang bikin stres. Kalau kata anak gaul zaman sekarang, hiduplah dengan santuy alias rileks saja!

3. Bersosialisasi itu bikin panjang umur, lho. Asalkan lingkungannya positif

Tidak Hanya Olahraga, 7 Cara Simpel Ini Bisa Bikin Panjang UmurIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Mulai sekarang, cobalah untuk bergaul dengan orang di sekitarmu. Kamu tidak perlu mengisolasi atau menutup diri dari teman baru. Mengapa? Ternyata ini bisa membuatmu panjang umur, lho. Sebuah penelitian mengatakan, bersosialisasi dapat meningkatkan harga diri, perasaan dicintai dan merasakan kesenangan.

Hal yang terpenting adalah memastikan jika lingkungan sosial itu diisi oleh orang-orang yang memberi pengaruh baik untukmu. Percuma jika kamu memiliki banyak teman, namun mereka hanya menjadi toxic dalam hidupmu. Bukannya bikin senang, malah bikin makin stres, deh!

4. Tinggalkan kebiasaan merokok. Apa pun alasannya, tetap tidak baik!

Tidak Hanya Olahraga, 7 Cara Simpel Ini Bisa Bikin Panjang Umurpixabay/free-photos

Sudah banyak sekali peringatan mengenai dampak mengerikan dari rokok. Akan tetapi, masih banyak juga orang yang enggan menghentikan kebiasan itu. Mereka berpikir bahwa kematian akan datang, entah seorang perokok ataupun tidak.

Terlepas dari pemikiran itu, merokok memang mempercepat kematian lho. Hal ini lantaran efek dari rokok yang cukup membahayakan bagi organ vital kita. Salah satu dampak mengerikan yang harus diingat adalah kanker paru-paru.

Supaya kamu bisa memiliki umur yang panjang, maka kamu tidak boleh atau berhenti merokok. Menurut sebuah penelitian, mereka yang tidak merokok mendapat perpanjangan hidup hingga 8 tahun. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun bisa terkena dampak negatifnya.

Baca Juga: 5 Alasan Merelakan Pasangan Justru akan Buatmu Bahagia, Walau Pedih!

5. Berbahagia dan tertawalah!

Tidak Hanya Olahraga, 7 Cara Simpel Ini Bisa Bikin Panjang Umurpixabay/pexels

Hidup ini sudah cukup rumit dan sulit untuk dijalani, sehingga kamu tidak perlu menambah kerumitannya. Cobalah untuk fokus mencari kebahagiaan dan rutin untuk tertawa.

Menurut penelitian, merasakan senang atau bahagia mampu secara signifikan meningkatkan usia hidupmu. Jangan lupa untuk tertawa secara rutin, karena mampu mengurangi kadar kortisol alias hormon stres di tubuhmu.

Cara untuk bahagia itu cukup mudah, lho. Lakukan apa pun yang kamu suka selama tidak melanggar hak orang lain, tanpa memperdulikan apa pendapat mereka.

6. Ayo, belajar membuat makananmu sendiri. Menyehatkan dan bikin panjang umur!

Tidak Hanya Olahraga, 7 Cara Simpel Ini Bisa Bikin Panjang Umurpixabay/free-photos

Di zaman serba canggih dan cepat ini, rasanya tidak ada hal yang tidak mungkin dicapai. Salah satunya adalah soal makanan. Tidak perlu lagi keluar rumah untuk membelinya. Kamu hanya perlu memesan lewat ojek online, dan menunggu dengan manis di rumah.

Kalau kamu ingin memiliki usia yang panjang, juga bisa diusahakan lewat makanan lho. Usahakan untuk membuat makanan sendiri alias masak sendiri. Memasak sendiri membuatmu lebih mudah mengontrol bahan apa saja yang akan kamu gunakan, ukuran takaran serta produknya. Selain hemat, makanan buatan sendiri dijamin lebih sehat.

7. Mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi atau teh

Tidak Hanya Olahraga, 7 Cara Simpel Ini Bisa Bikin Panjang Umurpixabay/engin_akyurt

Kabar gembira bagi penikmat kopi dan teh di seluruh dunia. Mengonsumsi kedua minuman tersebut, dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes atau kanker. Kopi juga mampu menghindarkan diri dari penyakit otak seperti alzheimer. Wow!

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa kafein juga mampu menyebabkan kecemasan dan insomnia jika diminum secara berlebihan. Maka kamu perlu membatasi asupan kopi atau teh dalam sehari. Selain itu, manfaat ini tidak akan terasa jika kamu menambahkan krim atau gula dalam jumlah yang banyak. Jika kamu pecinta teh, disarankan untuk mengonsumsi teh hijau.

Kamu bisa coba 7 tips di atas, ya. Kuncinya adalah dengan menjalankan kehidupan secara lebih sehat dan bermanfaat!

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tetap Semangat & Bahagia Saat Kamu Ditinggalkan Kekasih

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya