Comscore Tracker

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Flu

Istirahat total aja supaya cepat sembuh

Influenza atau flu kerap melanda seseorang di saat terjadi perubahan cuaca. Kondisi badan juga sangat berpengaruh terhadap penyakit ini.  Sepintas, flu tidak terdengar berat, tetapi cukup mengganggu produktivitas sehari-hari kita.

Tetapi, tahukah kamu, beberapa hal ini bisa membuat kamu kembali pulih dari penyakit flu. Apa saja, yuk simak bersama.

1. Jangan malas banyak minum air

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Flushape.com.sg

Untuk menggantikan cairan yang hilang akibat flu, kamu harus banyak minum air. Menurut Dr. Ian Tong, MD dalam laman The Healthy, air adalah sumber hidrasi terbaik. Bisa juga meminum teh tanpa kafein, minuman bebas gula dan cairan isotonik.

Sementara, menurut penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, air bisa mengencerkan lendir dan melegakan hidung tersumbat. Agar cepat pulih dari flu, kamu perlu minum air yang cukup setiap harinya.

2. Gunakan masker saat kamu di luar ruangan

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Flulivescience.com

Flu bisa menular lewat bersin dan melalui perantara udara. Agar tidak menular ke orang lain, jangan lupa memakai masker. Terlebih, di area publik di mana kamu berinteraksi dengan banyak orang. Dengan ini, kamu bisa melindungi orang lain dari flu.

Menurut penelitian yang dilansir dari laman Healthline, memakai masker dengan benar bisa mencegah penularan flu hingga 80 persen. Untuk flu biasa, kamu hanya perlu memakai masker bedah yang tipis dan ringan, tidak perlu memakai masker N95.

3. Biasakan mencuci tangan

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Fluwellandgood.com

Tahukah kamu, virus flu bisa bertahan selama 24 jam di permukaan keras, semisal meja, pegangan tangga atau gagang pintu? Menurut Dr. Justin Skolnick, DO di laman The Healthy, kamu bisa membunuh virus flu dengan mencuci tangan memakai air dan sabun.

Setidaknya, kamu perlu mencuci tangan selama 20-30 detik untuk memastikan agar benar-benar bersih. Apabila di sekitarmu tidak ada wastafel, bawa botol hand sanitizer berukuran kecil sebagai alternatif untuk membersihkan tangan.

4. Tidak minum antibiotik

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Fluchriskresser.com

Apakah kamu tahu kalau flu disebabkan oleh virus, bukan bakteri? Bersikeras minum antibiotik padahal tidak dianjurkan adalah kesalahan fatal. Antibiotik hanya bekerja untuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus, ungkap laman The Healthy.

Apabila kamu keras kepala dan tetap meminum antibiotik, bakteri akan menjadi resisten dan membuat mereka lebih susah dibunuh. Hal ini bisa membahayakanmu di masa depan. Lebih baik, minum obat yang dianjurkan dokter dan jangan coba bereksperimen.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Dokter dan Tenaga Medis untuk Menghindari Flu, Bisa Ditiru

5. Batuk atau bersin dengan menggunakan tisu

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Fluthehealthy.com

Saat kita hendak batuk atau bersin, secara refleks tangan kita akan menutupi mulut. Padahal, kebiasaan ini membuat virus flu betah tinggal di tangan! Virus ini akan menyebar ke orang lain lewat jabat tangan atau menyentuh benda, ujar laman The Healthy.

Dianjurkan untuk menutupi mulut dan hidung dengan tisu atau sapu tangan, saran laman Centers for Disease Control and Prevention. Apabila tidak ada, lebih baik kamu bersin ke lengan baju atau jaket. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya!

6. Beristirahat di rumah

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Fluloyalhygiene.com

Penderita flu disarankan untuk beristirahat di rumah dan tidak beraktivitas seperti biasa. Justru, jika kamu tetap bersikukuh untuk bersekolah atau bekerja, kamu berisiko menularkan flu pada orang-orang di sekitarmu. You don't want it to be happen, right?

Berada satu ruangan dengan orang yang menderita flu akan memperbesar risikomu untuk terkena flu juga. Apabila sistem kekebalanmu baik, kamu tidak akan tertular. Tetapi, jika sistem imunmu turun, kamu bisa tertular dalam hitungan 1-2 hari. Cepat juga, ya?

7. Kurangi begadang demi maraton film

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Fluthehealthy.com

Oke, akhirnya kamu memutuskan untuk beristirahat di rumah. Tapi, kamu cepat bosan karena tidak bisa ke mana-mana. Alhasil, kamu memutuskan untuk maraton menonton film sampai malam, ditemani dengan popcorn, susu hangat dan selimut tebal.

Jangan biasakan hal ini, sebab kamu akan kekurangan waktu untuk tidur. Menurut laman Web MD, jika kamu mengalami flu, kamu butuh tidur selama 7-9 jam per hari. Tubuh kita perlu istirahat ekstra untuk melawan flu dan begadang akan memperburuk flu.

8. Tidak mandi dengan air dingin

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Flumobility-plus.co.uk

Mitosnya, mandi dengan air dingin akan membantu menurunkan demam dan menghilangkan flu. Tetapi, menurut Patricia Whitley-Williams, MD, profesor dari Rutgers Robert Wood Johnson Medical School, mandi air dingin akan memperparah flu.

Menurut laman The New York Time, air hangat bisa melonggarkan sekresi di dada dan membuat ingus lebih mudah dikeluarkan. Efek yang sama juga bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang hangat, seperti sup, teh hangat atau wedang jahe.

Baca Juga: 8 Benda yang Wajib Dibersihkan Setelah Terkena Flu, Jangan Malas ya!

9. Tidak merokok atau berada di samping orang yang sedang merokok

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Fluhandcare.org

Jika kamu perokok, berhenti sejenak saat kamu terkena flu. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, merokok bisa menurunkan sistem imun dan membuat tubuh gagal dalam melawan infeksi. Jangan berada di dekat perokok aktif untuk sementara.

Menurut laman Live Science, perokok lebih rentan sakit karena asapnya bisa melumpuhkan silia. Ini adalah struktur kecil dan tipis di paru-paru. Tak hanya daya tahan tubuh dalam melawan flu, daya tahan seks pada perokok juga lebih rendah.

10. Hindari berpelukan dengan pasangan saat tidur

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Fluthehealthy.com

Bagi kamu yang sudah berpasangan, tentu wajar bila kalian berpelukan saat tidur. Tetapi, kebiasaan ini perlu dihindari saat kamu sakit flu. Dr. Justin Skolnick menyarankan agar kita menjaga jarak dengan anggota keluarga lain di rumah sampai sembuh.

Apabila kamu tidak ingin menularkan flu, ambil jarak 2 meter dengan orang lain yang masih sehat. Laman Advocare Main Line Pediatrics menyarankan agar kita tidak berpelukan, berciuman atau berbagi peralatan makan dan minum dengan penderita flu.

11. Kurangi olahraga terlalu keras

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Flufitbook.de

Kamu punya target untuk menurunkan 3 kg berat badan bulan ini? Dan kamu tetap berolahraga ekstra keras, bahkan meskipun sedang sakit? Berolahraga tentu baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi tidak bagus apabila terlalu keras.

Laman Web MD menyarankan kita untuk beristirahat sejenak agar tubuh punya kesempatan untuk memulihkan diri. Kalaupun memang ingin berolahraga, kamu bisa melakukannya di rumah dengan cara push up, sit up atau pull up. 

12. Konsumsi multivitamin untuk daya tahan tubuh

Biar Lekas Pulih! Lakukan 12 Hal Ini saat Kamu Terkena Flunps.org.au

Wajarnya, kita perlu mendapatkan vitamin dan mineral dari sumbernya langsung, yakni dari sayur dan buah. Tetapi, kita bisa menggunakan alternatifnya, yaitu minum tablet multivitamin. Jika kamu jarang minum multivitamin, risikomu terkena flu tinggi.

Beberapa jenis vitamin yang perlu kita konsumsi setiap hari adalah vitamin C, D, B6, magnesium dan seng, saran laman Aaptiv. Setidaknya, kamu perlu mengonsumsi vitamin yang telah disebutkan itu sebanyak satu butir per hari. Catat baik-baik, ya!

Nah, itulah 12 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan apabila terkena flu. Jangan bandel, lebih baik hindari hal-hal itu, ya.

Baca Juga: Kesal karena Flu Tak Kunjung Sembuh? Bisa Jadi Ini 7 Alasannya!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya