Comscore Tracker

7 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Gigimu Semakin Kuning

Kebiasaan ini pasti jarang kamu sadar kan?

Gigi sehat dapat ditandai dari beberapa karakteristik. Di antaranya, gusi berwarna merah muda, gigi yang kuat, tidak berlubang dan gigi berwarna putih. Namun, bagaimana jika gigi kita berwarna kuning? Memiliki gigi kuning bisa membuat kita minder dan kurang percaya diri. Alhasil, kita jadi ragu-ragu untuk tersenyum lebar.

Tahukah kamu, apa penyebab gigi berubah warna menjadi kekuningan? Kebiasaan buruk apa saja yang membuat gigi menjadi kuning? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Merokok

7 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Gigimu Semakin Kuninggeorgeherald.com

Merokok bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk membuat gigi menjadi kuning. Salah satu efek terbesar merokok adalah bisa menekan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun lemah maka tubuh tak bisa melawan bakteri dengan maksimal, sehingga bakteri bisa berkembang biak dengan cepat di mulut.

Saat plak dan bakteri tersangkut di bawah garis gusi dan berkembang biak, maka kita bisa terkena beberapa masalah kesehatan di gigi dan mulut. Di antaranya adalah kerusakan gusi, gigi menguning dan berisiko kehilangan gigi, terang Reen Chung, dokter gigi asal Seattle dalam laman pribadinya.

2. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi kadar tanin

7 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Gigimu Semakin Kuningnutrineat.com

Makanan yang tinggi kadar tanin bisa membuat gigi jadi menguning. Beberapa makanan yang tinggi tanin ialah teh, dark chocolate, kacang almond, walnut, anggur, buah delima sampai wine. Tanin ialah polifenol alami yang bisa ditemukan di tanaman, biji, kulit kayu, daun hingga kulit buah, ungkap laman Wine Folly.

That's why, ketika kamu sering minum anggur merah, kopi, soda atau teh, perlahan-lahan gigi akan berubah warna. Zat-zat dari minuman dan makanan tersebut akan masuk ke dalam email gigi lalu menyebabkan perubahan warna dalam jangka panjang.

3. Memiliki kebersihan mulut yang buruk

7 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Gigimu Semakin Kuningmedicalxpress.com

Kebersihan gigi dan mulut yang buruk adalah penyebab gigi menguning. Maka dari itu, wajib bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mulut. Sesimpel menyikat gigi 2 kali sehari, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi atau berkumur dengan obat kumur khusus adalah cara yang bisa dilakukan.

Oleh karena itu, jangan heran kalau gigi jadi menguning ketika kamu jarang menggosok gigi. Kelalaian bisa membuat asam menumpuk, merusak enamel gigi dan menyebabkan dentin bagian dalam yang berwarna kekuningan terlihat, jelas laman Pediatric Dentistry & Orthodontics of Chattanooga.

4. Makan terlalu banyak yang mengandung gula atau terlalu asam

7 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Gigimu Semakin Kuningmedicalnewstoday.com

Sudah sedari lama makanan manis dituduh bisa merusak gigi. Well, that's true. Ini karena makan makanan yang mengandung terlalu banyak gula berbahaya bagi gigi. Makanan manis bisa merusak enamel gigi. Enamel gigi yang lemah membuat noda berkembang lebih mudah, membuat gigi terlihat gelap atau kekuningan.

Bukan hanya makanan manis, tetapi makanan yang asam juga perlu diwaspadai. Enamel gigi bisa rusak dan terkikis oleh makanan asam. Gigi pun jadi lebih rentan terhadap kerusakan dari waktu ke waktu. Jadi, selalu awasi makanan yang kamu makan, ya!

Baca Juga: Waspada, 5 Penyakit Ini Timbul Akibat Malas Membersihkan Karang Gigi! 

5. Minum minuman beralkohol juga berpengaruh!

7 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Gigimu Semakin Kuningrd.com

Tahukah kamu, apa sih efek alkohol pada gusi, jaringan mulut dan gigi? Rupanya, mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan seriawan dan penyakit gusi. Orang yang sering minum alkohol cenderung memiliki tingkat plak yang tinggi, bahkan hingga 3 kali lipat dibanding orang yang tak mengonsumsi alkohol.

Bukan hanya itu, sering minum alkohol juga bisa menyebabkan gigi menguning. Dr. Timothy Chase dalam laman Health Line menyebut bahwa mencampurkan minuman beralkohol dengan soda membuat gigi kita tak lagi berwarna putih. Karena itu, biasakan untuk berkumur-kumur setelah minum minuman beralkohol. 

6. Gigi terlalu banyak terpapar fluoride

7 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Gigimu Semakin Kuningthejakartapost.com

Fluoride adalah bahan utama dalam pasta gigi dan produk perawatan gigi lainnya. Sepintas, tak ada efek buruk pada fluoride. Namun, faktanya terpapar banyak fluoride bisa berpengaruh buruk pada gigi. Kadar fluoride yang melebihi batas wajar bisa menyebabkan gigi jadi berubah warna, terang dokter gigi Reen Chung.

Gigi anak-anak lebih rentan menjadi kuning akibat fluoride dibanding dengan orang dewasa. Perubahannya bervariasi, mulai dari munculnya noda berwarna kuning hingga cokelat tua, menyebabkan lubang pada gigi dan permukaan gigi jadi tidak teratur. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik! Jadi, sikatlah gigi sewajarnya saja, ya!

7. Penyebab lainnya adalah adanya penyakit sampai usia yang bertambah tua

7 Kebiasaan Ini yang Menyebabkan Gigimu Semakin Kuningshutterstock.com

Ini mungkin bukan suatu kebiasaan, tetapi kondisi yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Di antaranya adalah usia yang bertambah tua, adanya penyakit tertentu sampai faktor genetik. Perawatan kemoterapi dan radiasi untuk mengobati kanker bisa memengaruhi email gigi dan membuat gigi jadi berubah warna.

Gigi juga bisa menguning sebagai bagian alami dari proses penuaan. Ini karena lapisan email gigi memudar seiring berjalannya waktu. Faktor genetik juga sangat berpengaruh, karena warna gigi juga diturunkan dari orang tua ke anaknya, jelas laman Coolgate.

Nah, itulah 7 penyebab gigi jadi menguning. Enyahkan kebiasaan buruk itu jika ingin gigimu jadi putih berkilau, ya!

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Gigi dengan Rajin Konsumsi 7 Buah Ini!

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Just For You