Comscore Tracker

7 Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

Lakukan agar pendengaranmu tetap sehat sampai tua

Seiring bertambahnya usia, fungsi tubuh akan menurun dengan sendirinya. Penglihatan perlahan akan jadi buram dan pendengaran akan berkurang. Bahkan, tak perlu menunggu tua karena berbagai masalah kesehatan bisa menghinggapi ketika kita masih berusia muda. Salah satunya adalah penurunan fungsi pendengaran.

Tak ingin hal itu terjadi? Beberapa hal ini bisa dilakukan untuk mencegah gangguan pendengaran terjadi pada kita. Baca dan praktikkan, yuk!

1. Jangan memakai earphone lebih dari satu jam

7 Cara Mencegah Gangguan Pendengaranonlymyhealth.com

Mendengarkan lagu kesayangan dengan earphone memang mengasyikkan. Namun, kita kadang-kadang lupa akan waktu. Laman National Health Service (NHS) menyarankan agar kita tak memakai earphone hingga satu jam atau lebih. Coba memberi jeda selama 5 menit untuk setiap jam agar indra pendengaranmu tetap sehat!

2. Jangan mendengarkan musik terlalu keras

7 Cara Mencegah Gangguan Pendengaranyourownconsumer.com

Hayo, siapa yang punya kebiasaan mendengarkan musik keras-keras? National Health Service (NHS) merekomendasikan agar kita tak mendengarkan musik dengan volume lebih dari 60 persen. Menurunkan volume bisa membuat perubahan signifikan pada kesehatan indra pendengaran dan meminimalkan terjadinya gangguan pendengaran.

3. Melindungi indera pendengaran ketika berada di tempat yang bising

7 Cara Mencegah Gangguan Pendengaranloopearplugs.com

Kamu tipe orang yang suka nonton konser musik? Atau hobi melihat pertandingan olahraga? Well, meskipun seru, kedua aktivitas itu bisa merusak indra pendengaranmu! Apalagi, jika kamu sering melakukannya. Untuk mencegah, jangan berdiri di dekat speaker dan berikan waktu untuk memulihkan indra pendengaran setelah acara selesai.

4. Pertimbangkan untuk memakai earplug

7 Cara Mencegah Gangguan Pendengaranshoppearlonline.com

Selain itu, kamu juga bisa memakai earplug. Fungsinya cukup vital, yakni memberi perlindungan pada telinga di situasi yang bising. Selain melindungi telinga dari suara yang keras dan meredam suara yang terlalu berisik, earplug juga berguna untuk mencegah masuknya benda asing ke telinga, seperti air, debu dan kotoran. Multifungsi kan?

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Telinga Budek

5. Rutin membersihkan kotoran telinga

7 Cara Mencegah Gangguan Pendengaranverywellhealth.com

Penumpukan kotoran di telinga bisa mengurangi kepekaan indra pendengaran, ungkap laman Web MD. Setidaknya, bersihkan telinga seminggu sekali untuk mencegah penumpukan kotoran. Jangan pernah menggunakan benda tajam untuk membersihkan telinga, jangan mengorek terlalu keras dan mendorong terlalu dalam. Nanti bisa iritasi!

6. Hindari terpapar suara bising di atas 85 desibel

7 Cara Mencegah Gangguan Pendengaranneogaf.com

Suara keras di atas 85 desibel dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel di telinga bagian dalam yang mengubah suara menjadi sinyal di otak. Sebisa mungkin, minimalisir diri sendiri agar tidak terpapar dengan suara keras dalam kurun waktu yang lama. Telinga kita perlu beristirahat setelah terpapar volume keras agar tak terdampak nantinya.

7. Periksakan diri ke dokter spesialis THT

7 Cara Mencegah Gangguan Pendengaranthesinusdoctor.com

Untuk membuat dirimu semakin yakin, jangan lupa memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. Apalagi, jika kamu mengalami beberapa gejala seperti kesulitan mendengar percakapan, telinga berdengung, sering terpapar suara dengan volume keras atau memiliki kerabat dekat yang memiliki gangguan pendengaran. Jangan sampai terlambat!

Nah, itulah 7 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gangguan pendengaran terjadi pada kita. Sayangilah telinga seperti kamu menyayangi organ tubuhmu yang lain!

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Merawat Telinga Agar Pendengaran Tetap Jernih

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Just For You