Comscore Tracker

Ini 8 Penyebab Kram Secara Tiba-tiba yang Sering Terjadi

Hindari penyebabnya ya...

Kamu pernah kan mengalami kram? Peristiwa seperti ini terkadang menyakitkan. Karena, kram adalah kondisi pengerutan pada otot, yang muncul secara tiba-tiba dan menyebabkan nyeri.

Kram bisa terjadi kapan saja, bahkan di saat kamu baru bangun tidur atau sedang melakukan aktivitas lainnya. Rasa sakitnya memang amat mengganggu.

Akan tetapi, ternyata penyebab kram bisa dari banyak hal. Kamu bisa menghindari penyebabnya. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Terlalu lama duduk

Ini 8 Penyebab Kram Secara Tiba-tiba yang Sering Terjadimariefranceasia.com

Terlalu lama duduk atau berdiam di satu posisi yang sama di atas permukaan keras dapat membuat otot kaki menegang, sehingga menimbulkan kram. Oleh karena itu, sebaiknya atur posisi ternyaman kamu dan hindari terlalu lama duduk pada posisi yang sama.

2. Tekanan pada saraf

Ini 8 Penyebab Kram Secara Tiba-tiba yang Sering Terjadiyoutube.com

Adanya tekanan pada saraf tulang belakang dapat membuat kaki menjadi kram dan menimbulkan rasa nyeri. Untuk mengatasinya, cobalah berjalan dengan posisi sedikit membungkuk.

3. Dehidrasi

Ini 8 Penyebab Kram Secara Tiba-tiba yang Sering Terjadithewiredrunner.com

Kekurangan cairan pada tubuh atau dehidrasi juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya kram. Hal ini karena dehidrasi dapat memicu gangguan elektrolit, yang menyebabkan kaki menjadi kram. Oleh karena itu, usahakan untuk banyak minum cairan saat melakukan aktivitas yang berat.

Baca Juga: Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orang

4. Tidak melakukan pemanasan

Ini 8 Penyebab Kram Secara Tiba-tiba yang Sering Terjadicbhs.com.au

Kram biasanya terjadi pada orang-orang yang melakukan olahraga tanpa pemanasan. Oleh karena itu, lakukan pemanasan sebelum olahraga, serta pendinginan setelah olahraga selesai. Hal ini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Menderita diabetes

Ini 8 Penyebab Kram Secara Tiba-tiba yang Sering Terjadidailypost.ng

Kadar gula yang tinggi dalam darah mengakibatkan rusaknya saraf pada kaki, sehingga penderita kencing manis mudah mengalami kram. Gangguan saraf yang biasa menyerang adalah diabetic neuropathy.

6. Kehamilan

Ini 8 Penyebab Kram Secara Tiba-tiba yang Sering Terjadimedium.com

Saat memasuki bulan-bulan akhir kehamilan, biasanya ibu hamil kerap mengalami kondisi kram. Hal ini terjadi karena adanya aliran darah yang kurang lancar atau konsumsi asupan makanan yang salah, sehingga menyebabkan tubuh kekurangan kalsium dan magnesium.

7. Kekurangan mineral

Ini 8 Penyebab Kram Secara Tiba-tiba yang Sering Terjadicardiovascularhealthauthority.com

Kekurangan mineral seperti kalsium dan magnesium dalam darah dapat mengakibatkan otot dan saraf menjadi tegang. Akibatnya, tubuh akan mengalami kram pada bagian tertentu.

Beberapa hal tersebut umumnya menjadi pemicu seseorang mengalami kram. Meski terkesan tiba-tiba, penyakit kram bisa saja menyebabkan nyeri yang buruk. Oleh karena itu, ketahui penyebab terjadinya kram agar bisa kamu hindari.

Baca Juga: Inilah 7 Penyebab Kesemutan, Mana yang Sering Kamu Alami?

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya