8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahur

#RamadanMasaKini Yuk, jangan dibiasakan ya!

Sahur memang salah satu tantangan orang yang berpuasa, terutama untuk kamu yang sulit bangun pagi. Akibatnya setelah sahur, sering kali kita tidak kuasa menahan rasa kantuk dan langsung tidur.

Tentunya sebagian dari kamu sudah tahu bahwa kebiasaan ini tidak baik, kan? Tidur setelah sahur ternyata memang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Ada beberapa penyakit yang bisa timbul jika kamu menganggap enteng hal ini. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Obesitas

8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahurmedicalnewstoday.com

Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko kegemukan sebesar dua kali lipat. Hal ini terjadi karena kalori yang masuk ke tubuh dibiarkan menumpuk.

Saat kamu tidur, makanan yang masuk tidak akan langsung dicerna tetapi akan disimpan dalam bentuk lemak. Selain itu tubuh juga tidak melakukan gerakan apa pun untuk membakar lemak tersebut. Akibatnya, berat badan akan naik secara drastis. Gak mau kan malah semakin gemuk saat berpuasa?

2. Heartburn

8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahursciencenews.org

Heartburn adalah naiknya asam lambung ke dada hingga tenggorokan karena produksinya yang berlebihan. Akibatnya kamu merasakan panas dan nyeri pada bagian ulu hati

Heartburn terjadi karena makanan tidak dicerna dengan baik. Jika mengalami gangguan ini setidaknya dua kali dalam seminggu, kamu berpotensi untuk terkena maag akut.

3. GERD

8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahurmedicalnewstoday.com

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah salah satu akibat dari heartburn. Ketika tingkat asam lambung terlalu tinggi, heartburn bisa berkembang menjadi GERD. Ini karena klep pemisah antara lambung dan tenggorokan tidak bisa menutup sempurna saat tidur. Asam lambung bisa melukai tenggorokan, menyebabkan mual, muntah, kembung, batuk, dan gangguan lainnya.

4. Diare

8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahurhonestdocs.id

Tidur setelah makan sahur akan memperlambat proses pencernaan. Ini akan membuat makanan tidak bisa tercerna dengan sempurna dan membusuk di dalam usus. Padahal normalnya makanan akan dicerna hingga habis dua jam setelah makan. Akhirnya timbunan sisa makanan tersebut akan menyebabkan diare.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minuman Segar yang Cocok Diminum Saat Sahur!

5. Memperberat kerja hati

8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahuramazonaws.com

Jumlah bakteri jahat yang muncul di dalam tubuh akan meningkat akibat pencernaan yang tidak lancar. Bakteri tersebut akan meningkatkan produksi asam nitrit yang berbahaya untuk hati. Maka dari itu, kerja organ tersebut akan menjadi lebih berat daripada biasanya.

6. Gangguan tidur

8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahurhotzehwc.com

Tidur yang berkualitas tidak akan kamu dapatkan jika tidak menunggu satu hingga dua jam setelah makan. Ini karena tubuhmu akan merasa tidak nyaman. Mulai dari sakit perut, kembung, nyeri, dan lainnya.

7. Diabetes

8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahureditage.com

Langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan kenaikan gula darah saat bangun di pagi hari. Selain itu, orang yang mengalami obesitas juga berisiko tinggi untuk terserang diabetes.

8. Stroke

8 Penyakit Ini Bisa Timbul dari Kebiasaan Tidur Setelah Sahurcdn.aarp.net

Selain diabetes, penyakit berat lain yang bisa menyerang orang dengan kebiasaan tidur setelah sahur adalah stroke. Sejumlah penelitian telah membuktikannya. Lemak berlebih yang diproduksi tubuh bisa menyumbat pembuluh darah dan memicu terjadinya serangan jantung. Stroke juga bisa timbul karena tubuh bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan sehingga terdapat peningkatan tekanan darah, gula, dan kolesterol yang meningkatkan risiko stroke.

Sebaiknya beri jeda satu hingga dua jam jika kamu ingin tidur lagi setelah sahur. Ini ditujukan untuk menunggu proses pencernaan makanan. Kamu bisa melakukan hal-hal yang lebih berguna seperti berolahraga atau menambah ibadahmu. Jangan membiasakan langsung tidur setelah sahur ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You