Comscore Tracker

Susah BAB? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini

Jangan nunggu sampai sakit ya

Sulit buang air besar adalah masalah pencernaan yang membuat tubuh terasa tidak enak. Perut begah, terasa berat, dan kembung. Masalah ini juga dikenal sebagai sebutan konstipasi. 

Dalam kondisi yang normal, buang air besar bisa dilakukan lebih dari tiga kali dalam seminggu atau bahkan setiap hari. Namun saat terkena konstipasi, seseorang hanya akan buang air besar satu hingga dua kali seminggu.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Kamu bisa memperbanyak konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat dan zat pencahar alami. Simak daftarnya berikut ini. 

1. Air mineral

Susah BAB? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Inibusinessinsider.com

Dehidrasi adalah penyebab umum dari konstipasi. Jika tubuh kekurangan air, maka sisa makanan yang berada di dalam usus akan mengeras dan tidak bisa dibuang melalui feses. Akibatnya, kotoran akan menumpuk sehingga perut menjadi kembung. Coba biasakan minum air mineral terutama setelah bangun tidur. Ini bisa merangsang tubuh untuk buang air besar.

2. Brokoli

Susah BAB? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Inibakingmischief.com

Dilansir dari Medical News Today, brokoli kaya akan sulforaphane, zat yang bertugas untuk melindungi usus dan memperlancar proses pencernaan. Menurut studi dari PubMed Central di tahun 2017, orang yang secara rutin mengonsumsi brokoli tidak memiliki gejala konstipasi daripada mereka yang tidak sama sekali. 

Tidak hanya itu, brokoli juga kaya akan serat yang dibutuhkan pencernaan. Livestrong merekomendasikan orang dengan konstipasi untuk mengonsumsi brokoli selama dua hingga tiga minggu. 

3. Apel

Susah BAB? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Inistack.com

Apel adalah buah yang kaya akan serat. Dilansir dari Health Line, satu buah apel mengandung 4,4 gram serat yang setara dengan 17 persen kebutuhan tubuh dalam sehari. Jenis serat yang banyak terkandung di dalam apel bernama pectin. Zat tersebut bisa membantu mengikat air dan melunakkan sisa makanan di usus. 

Baca Juga: 7 Hal yang Menyebabkan Buang Air Kecil Terasa Sakit 

4. Minyak zaitun

Susah BAB? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Inihealthline.com

Minyak zaitun adalah pilihan selanjutnya jika kamu mengalami kesulitan buang air besar. Ia memiliki efek laksatif atau pencahar sehingga bisa membuat kotoran bergerak dengan mudah di dalam usus. 

Selain itu, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan sistem pencernaanmu karena mengandung antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Menurut penelitian dari Journal of Renal Nutrition di tahun 2015, pasien cuci darah mengaku mereka lebih mudah buang air besar setelah rutin mengonsumsi minyak zaitun.

5. Buah pir

Susah BAB? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Iniusda.gov

Pir adalah buah lain yang banyak mengandung serat. Menurut Nutrition Data, satu buah pir mengandung setidaknya 5,5 gram serat yang setara dengan 22 persen anjuran konsumsi per harinya. 

Tidak hanya serat, pir juga kaya akan fruktosa dan sorbitol. Zat tersebut baik untuk mengikat air dan menyalurkannya ke dalam usus sehingga buang air besar akan terasa lebih lancar.

6. Sayuran hijau

Susah BAB? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Iniverywellfit.com

Tidak hanya buah-buahan saja yang mengandung banyak serat, sayuran juga kaya akan zat tersebut. Khususnya sayuran hijau. Selain serat, mereka juga kaya akan vitamin C, vitamin K, dan folat. Sayuran hijau sangat baik jika dimakan mentah sebagai salad. Namun jika kamu tidak suka, kamu bisa merebus atau menumisnya dalam waktu singkat.

7. Ubi

Susah BAB? Coba Konsumsi 7 Jenis Makanan Inisndimg.com

Mengonsumsi ubi bisa membuatmu kentut-kentut. Ternyata tidak hanya itu, ubi juga baik dikonsumsi saat kamu sedang mengalami konstipasi. Seperti apel, ubi juga kaya akan serat pectin. Penelitian dari PubMed Central menyarankan agar kamu mengonsumsi 200 gram ubi setiap harinya agar BAB menjadi lancar. 

Selain yang sudah disebutkan, masih ada banyak lho jenis makanan lain yang bisa membantumu BAB. Mulai dari jeruk, kiwi, biji-bijian, oatmeal, hingga teh hangat. Yuk perbanyak konsumsi jenis makanan tersebut agar buang air besarmu lebih lancar! 

Baca Juga: Coba Tip Diet Anti Gagal dan Latihan Efektif dengan Personal Trainer

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Just For You