Comscore Tracker

Bukan dengan Odol, Manfaatkan Air Garam untuk Atasi Efek Gas Air Mata

Bisa menjadi perlengkapan yang dibawa saat unjuk rasa.

Saat sedang terjadi demonstrasi dan kerusuhan di sekeliling kita, terkena gas air mata sebetulnya menjadi hal yang wajar. Gas air mata memang menjadi senjata andalan aparat untuk mengontrol massa, salah satunya mengusir gerombolan demonstran anarkis.

Dilansir dari Britannica, gas air mata atau lacrimator dapat menyebabkan iritasi pada selaput lendir mata. Kandungannya terdiri dari chlorobenzylidene melono-nitrile, chloroacetophenone, dan semprotan merica. Ketiganya dapat membuat mata, hidung, dan kulit terasa terbakar.

Biasanya orang menggunakan pasta gigi untuk mengurangi efeknya. Namun ternyata cara tersebut tidak memberikan efek yang berarti. Cara lain yang lebih ampuh untuk menghilangkan efek gas tersebut adalah dengan larutan air garam dan antasida. 

Bagaimana cara bekerjanya dan bisakah kita buat sendiri? Simak ulasannya berikut ini!

1. Mengenal larutan air garam atau saline water

Bukan dengan Odol, Manfaatkan Air Garam untuk Atasi Efek Gas Air Matasftcdn.net

Seperti namanya, saline water terbentuk dari campuran air dan garam. Dilansir dari Health Line, secara normal, kandungan garam di dalamnya hanyalah 0,9 persen atau setara dengan sembilan gram. Komposisi tersebut mirip dengan darah dan air mata manusia.

Kamu dapat menemukannya di toko-toko obat terdekat atau membuatnya sendiri dengan takaran yang pas. Secara singkat larutan ini sering digunakan sebagai obat karena bersifat asam dengan pH 5,5.

2. Apa manfaat dari larutan air garam?

Bukan dengan Odol, Manfaatkan Air Garam untuk Atasi Efek Gas Air Matathehealthsite.com

Larutan air garam masuk ke dalam daftar obat paling penting yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO). Ada banyak kegunaan dari cairan tersebut. Ia bisa meredakan sakit tenggorokan, membersihkan sinus, luka, dan bahkan lensa kontak. Ini karena saline water ternyata memiliki sifat antibakteri. 

3. Benarkah larutan tersebut dapat digunakan untuk meredakan efek gas air mata?

Bukan dengan Odol, Manfaatkan Air Garam untuk Atasi Efek Gas Air Matanationalgeographic.grid.id

Jawabannya iya, bisa. Saline water atau air garam dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama jika kamu terkena gas air mata. Dilansir dari ABC News, ia dapat menetralisir dan melarutkan bahan kimia yang ada dalam gas air mata. 

Cukup bilaskan ke bagian yang terinfeksi, teteskan pada mata, hidung, dan juga telinga. Dengan begitu, efek terbakar dan rasa sakit pun dapat berkurang.

Mungkin kamu masih skeptis dengan efeknya pada mata. Bagaimana bisa air garam membuat mata terasa lebih nyaman? Ternyata memang bisa kok, seperti yang disebutkan sebelumnya, tingkat garam dalam saline water sangat kecil. Menurut Health Line, kadar tersebut cukup untuk menghilangkan bakteri dan partikel asing tanpa membuatmu merasakan pedih. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, Medical News Today menyarankan untuk menggunakan saline water sebelum obat tetes mata. Selain itu, pastikan larutan yang kamu pakai tidak terkontaminasi zat kimia lainnya, ya!

Baca Juga: 8 Fakta tentang Gas Air Mata Ini Perlu Kamu Tahu, Sedang Ramai Dibahas

4. Bisakah kita membuat larutan air garam sendiri?

Bukan dengan Odol, Manfaatkan Air Garam untuk Atasi Efek Gas Air Matarackcdn.com

Larutan air garam memang bisa kita buat sendiri, asal tahu takarannya dengan tepat. Berikut ini bahan dan peralatan yang kamu butuhkan:

  • 4 cangkir air mendidih;
  • 2 sendok teh garam non yodium atau garam krasak;
  • Wadah yang tertutup rapat.

Air yang digunakan dapat berasal dari air keran ataupun air minum. Asalkan kamu merebusnya selama 20 menit. Setelah semua bahan dan perlengkapan siap, tinggal campurkan air mendidih dan garam, lalu aduk hingga rata. Setelahnya, masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Pastikan larutan telah mendingin sebelum menggunakannya.

Namun jika kamu ragu dengan kebersihannya, terutama ketika digunakan pada mata, sebaiknya beli saja di toko farmasi terdekat. Mereka menjual larutan air garam dengan harga yang terjangkau.

5. Lalu, bagaimana dengan antasida? Yuk, kita mengenal obat yang satu ini dulu!

Bukan dengan Odol, Manfaatkan Air Garam untuk Atasi Efek Gas Air Matawalmartimages.com

Antasida adalah jenis obat yang biasa digunakan untuk menetralisasi asam lambung. Ia terdapat dalam obat maag, kembung, dan mual. Menurut laporan dari International Foundation for Gastrointestinal Disorders, antasida mengandung kalsium karbonat, aluminium, magnesium, serta sodium bikarbonat. Kandungan tersebut terbukti dapat melindungi lapisan dalam lambung untuk mencegahnya terluka. 

6. Lalu bagaimana dengan penggunaan antasid untuk efek gas air mata?

Bukan dengan Odol, Manfaatkan Air Garam untuk Atasi Efek Gas Air Mata20minutes.fr

Seperti yang telah disebutkan, salah satu kandungan dari gas air mata adalah semprotan merica atau yang dikenal sebagai capsaicin. Zat tersebut dapat membuat kulit kemerahan serta terasa terbakar. Apalagi ketika berada di tengah demonstrasi yang panas, pori-pori kita terbuka. Alhasil, iritasi kulit pun tak dapat dihindari.

Untuk mengatasinya, kita dapat memanfaatkan antasida. Cukup oleskan cairan tersebut ke bagian yang terinfeksi. Penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Emergency Medicine mengatakan bahwa dengan begitu rasa sakit dapat diatasi hanya dalam 30 menit. 

Kenapa hal ini dapat terjadi? Masih dari sumber yang sama, antasida ternyata mampu meredakan efek tersebut dengan meningkatkan pH sel kulit di bagian luar. Ini akan mengurangi sensitivitas kulit terhadap rasa sakit. Peneliti menambahkan bahwa kandungan kalsium dan magnesium di dalamnya dapat menenangkan capsaicin

7. Cara membuat larutan antasida

Bukan dengan Odol, Manfaatkan Air Garam untuk Atasi Efek Gas Air Matadepositphotos.com

Seperti saline water, larutan antasida dapat dibuat sendiri di rumah. Kamu perlu menyiapkan air dan antasida cair yang biasa dikonsumsi secara oral, seperti maalox, mylanta, dan lainnya. Dilansir dari laman Mother Jones, kita perlu menyampurkan keduanya dengan persentase 50:50. Masukkan ke dalam wadah semprotan dan larutan pun siap untuk digunakan.

Dapat disimpulkan bahwa saline water atau larutan air garam dan antasida dapat digunakan untuk memerangi efek gas air mata. Air garam lebih spesifik untuk mata, hidung, dan telinga, tetapi bisa juga dipakai untuk membasuh wajah. Sedangkan larutan antasida untuk mengobati kulit yang terkena gas tersebut. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Cara Mengurangi Efek Gas Air Mata, ternyata Bukan dengan Pasta Gigi

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You