Comscore Tracker

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 

Virus corona bisa menularimu melalui benda mati

Kasus penularan virus corona atau COVID-19 di sejumlah negara membuat semua pihak waspada. Langkah antisipasi telah dilakukan termasuk mencegah penularan virus tersebut.

Penemuan baru tentang virus corona atau COVID-19 mengatakan bahwa virus tersebut bisa hidup dan tetap menular walaupun berada di permukaan benda mati. Cairan dari mulut dan hidung penderita yang menempel di benda mati berpotensi untuk menyebarkan virus ke orang lain yang menyentuhnya. 

Untungnya, kemungkinan untuk tertular melalui cara itu cukup kecil jika dibandingkan dengan penularan secara langsung antarmanusia. Walaupun begitu, kita harus tetap waspada. Terdapat sejumlah benda sehari-hari yang berpotensi besar untuk menjadi perantara virus corona. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Uang kertas

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 tradeexchange.ae

World Health Organization (WHO) pada Rabu (4/3) mengatakan bahwa uang bisa menjadi perantara virus corona. Sebab kita tidak tahu siapa saja yang telah memegangnya dan partikel asing apa saja yang ada di permukaan tersebut. Uang kertas adalah media yang baik bagi virus untuk bertahan hidup, menurut laporan dari The Guardian

2. Kartu ATM, kereta, e-money, dan lainnya

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 consumeraffairs.com

Kartu adalah salah satu benda yang sering kita gunakan sehari-hari. Baik saat naik transportasi umum, saat menarik uang di ATM, dan lain-lain.

Mesin yang memprosesnya dipakai banyak orang, sehingga ada kemungkinan virus menempel di kartu yang kamu gunakan. 

3. Daun pintu

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 mblycdn.com

Kalau yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Daun pintu adalah benda yang dipegang banyak orang. Kamu tidak tahu siapa saja yang telah memegangnya dan apakah mereka terinfeksi atau tidak. Terlebih lagi, tangan adalah bagian tubuh yang paling mudah terpapar oleh virus. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati. 

4. Pegangan tangga dan eskalator

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 cbsistatic.com

Dilihat dengan mata telanjang saja, pegangan tangga di tempat publik biasanya tampak kotor. Ada banyak sidik jari yang menempel di sana.

Bisa bayangkan, gak, partikel asing apa saja yang berpotensi untuk menempel di sana? Jangan-jangan salah satunya adalah COVID-19.

5. Smartphone

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 cloudfront.net

Walaupun hanya kamu yang memakainya, smartphone tergolong salah satu benda paling kotor di dunia. Riset mengatakan bahwa perangkat tersebut bisa 10 kali lebih kotor daripada dudukan toilet.

Makanya, penting untuk rajin membersihkannya dengan cairan disinfektan atau tisu basah beralkohol. Selain itu, sebaiknya hindari meminjamkan smartphone ke orang lain di masa-masa seperti ini. 

Baca Juga: Jangan Panik walau Virus Corona Menyerang Indonesia, Ini Alasannya!

6. Tombol lift

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 axess2.co.uk

Benda berikutnya yang berpotensi untuk ditempeli virus adalah tombol lift. Setiap orang pasti menyimpan berbagai kuman dan virus di ujung-ujung jarinya. Semua partikel asing tersebut bisa tertransfer ke tombol lift, terutama yang berada di mal, apartemen, dan perkantoran. 

7. Toilet umum

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 vox.com

Toilet umum adalah ancaman berikutnya karena merupakan ruangan tertutup yang bisa diakses oleh banyak orang. Semua bagian yang ada di toilet pasti dipenuhi oleh kuman, bakteri, dan virus yang tidak kita ketahui asalnya.

Bukan itu saja, orang-orang juga sering membuang ludah dan ingus di sana. Bukankah itu adalah cairan tubuh yang bisa menularkan virus corona?

8. Rumah sakit

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 theconversation.com

Rumah sakit adalah tempat di mana kuman, bakteri, dan virus berkumpul. Pasalnya, orang dengan berbagai macam penyakit ada di dalamnya. Itulah kenapa setiap rumah sakit selalu menyediakan cairan desinfektan di lorong-lorongnya. Ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit kepada para pengunjung. 

9. Handle grip dan tiang di transportasi umum

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 timeout.com

Sulit memang untuk naik kereta dan bus tanpa memegang tiang atau handle grip yang tersedia. Namun tahukah kamu bahwa ada ribuan bahkan jutaan kuman yang bersarang di sana? Lagi-lagi ini terjadi karena itu adalah benda yang dipakai oleh banyak orang dan kita tidak tahu virus apa saja yang mungkin menempel. 

10. Peralatan makan yang dipakai banyak orang

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 publicdomainpictures.net

Entah kamu berada di restoran atau pantry kantor, peralatan makan di sana tentu dipakai oleh banyak orang, kan? Walaupun sudah dicuci, kita tidak bisa menjamin semua virus yang menempel di sana hilang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membawa peralatan makan pribadi ke kantor dan tempat umum. 

Waspada! Benda yang Sering Dipegang Ini Berpotensi Sebarkan COVID-19 (IDN Times/Sukma Shakti)

Setelah melihat semua benda di atas, kamu pasti bertanya-tanya lalu apa yang bisa kita pegang secara aman? Sebenarnya semua benda di sekitar kita menyimpan ribuan atau bahkan jutaan kuman, bakteri, dan virus. Bukan hanya untuk sekarang, melainkan selalu seperti itu selama ini. Kita saja yang tidak sadar. 

Namun perlu diketahui bahwa kamu gak perlu terlalu panik atau berlebihan menghadapi masalah ini. Satu hal yang bisa kamu usahakan adalah kebersihan dirimu sendiri. Kamu masih bisa kok memegang semua benda di atas. Dengan catatan, kamu harus membersihkan tanganmu setelahnya. 

Kamu bisa cuci tangan dengan air dan sabun atau gunakan hand sanitizer. Jangan sentuh mulut, hidung, dan matamu dengan tangan setelah memegang benda di atas. Sebab dari situlah virus bisa masuk ke tubuh. Jika tanganmu selalu bersih, maka risiko untuk tertular virus corona bisa diminimalisasi. 

Baca Juga: Ini Cara Menangkal Virus Corona di KRL dan Transportasi Publik Lainnya

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya