Comscore Tracker

Kelamaan Jomblo, Ini Dampak yang Akan Dialami Tubuhmu

Seorang jomblo memang hidup lebih bebas, tapi...

Mencari jodoh adalah persoalan yang susah-susah gampang. Tidak semua orang mudah menemukan pasangan, sementara di luar sana banyak juga yang telah memilih tambatan harinya.

Jomblo, terkadang juga merupakan pilihan seseorang yang ingin hidup lebih bebas tanpa diperhatikan lawan jenisnya.

Namun, apa pun alasannya, jomblo diketahui akan membawa dampak bagi tubuh kita. Apa saja? Simak ulasan IDN Times dari berbagai sumber di bawah ini:

1. Susah gemuk

Kelamaan Jomblo, Ini Dampak yang Akan Dialami Tubuhmuthehealthy.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota, orang-orang yang masih single lebih susah untuk menaikkan berat badannya dibandingkan kawan-kawannya yang sudah menikah. Bukan tanpa sebab, di dalam jurnal Health Psychology, orang yang sudah menikah akan menjadi gemuk dalam kurun waktu 4 tahun. 

Usut punya usut, hal ini disebabkan oleh kepuasan dari pasangan masing-masing. Mereka tidak akan peduli lagi dengan berat badan mereka karena sudah ada orang yang bersedia menerima mereka apa adanya. Sementara khusus orang yang masih single, dia akan menjaga berat badannya agar tetap ideal sehingga lebih susah gemuk.

2. Lebih teratur dalam berolahraga

Kelamaan Jomblo, Ini Dampak yang Akan Dialami Tubuhmufreestockphotos.biz

Mengutip Time, studi dari University of Maryland mengatakan bahwa kaum jomblo punya kehidupan yang lebih sehat dibandingkan orang yang sudah menikah. Mereka lebih teratur dalam berolahraga, menjaga pola makan, dan memiliki gaya hidup yang lebih sehat. 

Malahan, dalam sebuah survei yang dilakukan di Inggris, sebanyak 76 persen pria yang sudah menikah tidak memenuhi porsi olahraga mereka dalam seminggu. Sementara itu, 63 persen wanita juga mengalami hal yang sama. Praktis, kehidupan orang yang masih single jauh lebih baik secara kesehatan.

3. Tidak stres soal keuangan dan pekerjaan

Kelamaan Jomblo, Ini Dampak yang Akan Dialami TubuhmuPexels/Nathan Cowley

Seperti kita ketahui, stres memiliki dampak buruk pada kesehatan. Akan tetapi, beruntungnya kamu apabila tetap menjomblo, kamu akan mempunyai tingkat stres yang lebih rendah daripada orang-orang yang sudah menikah. Apalagi soal keuangan dan pekerjaan, kamu tidak akan memiliki masalah sebanyak orang-orang yang sudah punya pasangan.

Ketika kamu sudah menikah, kamu akan dikelilingi permasalahan keuangan yang lebih banyak sehingga berpotensi membuat kamu jadi stres. Sementara jika kamu masih single, kamu belum akan merasakan masalah-masalah itu. Jadi, nikmati hidup kamu ya selagi belum menanggung anak orang.

Baca Juga: 9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orang

4. Lebih bahagia dan sehat

Kelamaan Jomblo, Ini Dampak yang Akan Dialami Tubuhmukpopchingu.com

Banyak orang yang berpikiran kalau kaum jomblo itu punya kehidupan yang kurang bahagia dan kurang sehat karena tidak terlalu terurus. Nyatanya, orang-orang yang masih single sangat mencintai diri mereka sendiri sehingga punya kebahagiaannya masing-masing.

Di Amerika Serikat, tingkat orang-orang yang memilih untuk menjadi jomblo terus meningkat tiap tahunnya. Ternyata mereka menjalani kehidupannya dengan penuh suka cita dan tanpa penyesalan. Jika seperti itu, tidak ada alasan lagi untuk menyebut para jomblo punya kehidupan yang kurang bahagia. Apalagi kurang sehat, mereka sangat pintar dalam mengurus diri sendiri loh.

5. Tingkat risiko meninggal lebih tinggi ketika menjalani operasi

Kelamaan Jomblo, Ini Dampak yang Akan Dialami Tubuhmuns-businesshub.com

Ketika menjalani operasi, orang single punya kemungkinan meninggal 3 kali lipat lebih besar daripada orang-orang yang sudah menikah. Rupanya, orang-orang yang sudah menikah punya tingkat optimis yang lebih tinggi untuk sembuh karena ada orang yang sepenuh hati mensupportnya. 

Terlebih, kebanyakan dari mereka juga memilih untuk berhenti merokok setelah menikah. Alhasil, mereka memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi daripada kaum jomblo, yakni selama 5 tahun.

6. Berisiko terkena penyakit jantung

Kelamaan Jomblo, Ini Dampak yang Akan Dialami Tubuhmudailystar.co.uk

Berhati-hatilah buat kamu yang memilih untuk menjomblo. Sebab, kamu memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi daripada orang yang sudah menikah.

Bahkan, untuk kamu yang pernah menikah tapi sudah cerai, kamu juga kemungkinan besar bisa kena penyakit jantung. Penelitian ini diambil dari American College of Cardiology.

7. Punya umur lebih pendek daripada orang yang sudah menikah

Kelamaan Jomblo, Ini Dampak yang Akan Dialami Tubuhmupixabay.com/stocksnap

Menikah adalah cara paling baik untuk hidup lebih lama, demikian dilansir dari Medical Today. Jika kamu sudah menikah, maka kamu akan memiliki alasan lebih untuk bertahan hidup lebih lama daripada para jomblo. Apalagi orang yang sudah menikah bisa mendapatkan kasih sayang dan cinta dari pasangan serta anak-anaknya.

Meski demikian, tetap waspada dalam menjalin hubungan. Jangan biarkan kamu terjebak dalam hubungan yang tidak sehat sehingga malah menjadi punya umur lebih pendek dari orang-orang yang masih single.

Itulah beberapa hal yang terjadi pada kesehatan kamu kalau memilih untuk menjadi jomblo. Buat kamu yang masih single, jangan pernah capek mencintai diri kamu sendiri ya, biar hidup kamu lebih panjang.

Baca Juga: 7 Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan Fisik dan Jiwamu, yuk Kuat!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya