Comscore Tracker

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minum

Kegiatan sepele yang dampaknya besar banget

Pernahkah kamu merasa cukup tidur namun tetap merasa capek dan lelah? Bisa jadi itu disebabkan karena tubuhmu kurang cairan, dan kamu terus-terusan mengabaikan rasa haus. Bagi kesehatan tubuh kita itu tentu bahaya, karena selain membikin tubuh tak lagi fit, kekurangan cairan bisa membuatmu meninggal dunia.

Hmmm, memangnya apa sih yang terjadi kalau kita tidak minum air? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini kalau mau tahu!

1. Tubuh kita sebagian besar mengandung air

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minumunsplash.com/@kevin_1658

Apakah kamu tahu bahwa 65 persen dari tubuh kita merupakan cairan? Itu berarti molekul H2O adalah molekul pembentuk tubuh kita. Kandungan cairan di dalam tubuh kita adalah yang membawa nutrisi dan hormon di seluruh tubuh, mengatur suhu tubuh, pelumas persendian dan mata kita. Belum lagi 1,5 liter cairan yang kita buang lewat buang air kecil, besar, bernapas dan juga keringat.

2. Rasa haus terletak di otak

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minumunsplash.com/@sethdoylee

Manusia merasa haus ketika kekurangan cairan. Rasa haus itu diakibatkan bereaksinya bagian otak yang terletak di hypothalamus karena adanya sinyal yang berasal dari sensor di pembuluh darah. Contohnya adalah ketika kamu berkeringat terlalu banyak, volume dan tekanan darahmu akan turun. Otak mendeteksi hal ini, lalu menciptakan keinginan untuk minum atau rasa haus.

3. Organ-organmu menunjukkan kondisi cairanmu

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minumunsplash.com/@helpstay

Pertanda kamu kekurangan cairan atau dehidrasi tampak melalui mulut yang kering. Bibir yang kering adalah salah satu contoh jelasnya. Hal itu dilanjutkan dengan urin yang memiliki warna semakin gelap, menunjukkan bagaimana tubuhmu berjuang untuk menyimpan cairan. 

4. Dehidrasi menyebabkan banyak hal

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minumunsplash.com/Adityaseptian

Kurangnya H2O mulai mempengaruhi kinerja otak di mana kamu sedikit merasa pusing, memiliki respons lambat dalam gerak dan merasakan rasa sakit. Faktanya juga, kekurangan cairan menyebabkan otakmu mengerut. Bahkan jika itu berlanjut selama dua hari, kamu akan berhenti kencing, kesulitan untuk menelan makanan, kejang otot, dan mual-mual. 

Baca Juga: 7 Jenis Air Putih di Dunia, Mana yang Sering Kamu Minum?

5. Cukupnya cairan membuatmu lebih efektif dalam bekerja

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minumunsplash.com/@lordmaui

Terdapat sebuah riset mengenai masalah dehidrasi. Para ilmuwan mengambil partisipan yang terkena dehidrasi dengan mereka yang cukup terhidrasi dan menyuruh kedua tipe partisipan untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Hasil studi menunjukkan mereka yang kena dehidrasi membuat otak bekerja lebih keras untuk masalah tenaga dan oksigen. Kasus para orang tua yang sering mengalami igauan, juga disinyalir para ilmuwan disebabkan kurangnya cairan saat mereka muda dulu. 

6. Kekurangan cairan membunuh organmu

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minumunsplash.com/samuelzeller

Dehidrasi tanpa adanya masukan air dalam jangka waktu lama akan membuat darahmu berhenti mengalir. Itu menyebabkan kulitmu tampak berwarna abu-abu kebiruan dan tubuhmu mulai mengurangi keluarnya panas dari dalam tubuh di mana panas di dalam tubuhmu semakin naik. Tiga hingga lima hari tanpa air, tubuhmu perlahan-lahan mulai mematikan fungsi-fungsi organ dalammu dan juga otak. 

7. Hanya 2,5 persen air yang bisa kita minum di dunia ini

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minumunsplash.com/@katejoie

Mungkin kamu tidak tahu bahwa sebagian besar air yang ada di bumi ini tidak dapat kita minum. Hanya 2,5 persen yang murni dan dapat kita minum. Itupun air jernih tersebut terkunci di dalam glacier, topi es dan di bawah tanah. Itu berarti kurang dari satu persen air minum yang kita miliki dan mampu dijangkau.

Menariknya sebagian besar air tersebut, atau tepatnya kurang lebih 500 triliun liter, kita gunakan untuk menyirami untuk tanaman di kebun dan pertanian. Itupun masih di Amerika saja. Belum untuk negara lain. Belum lagi dengan adanya kasus terkontaminasinya air jernih, lebih dari 783 juta orang di dunia ini tidak dapat minum atau menggunakan air jernih tersebut. 

8. Banyak percobaan untuk mendapatkan lebih banyak air

Jangan Sampai Nyesel, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Minumunsplash.com/sgotty

Tidak hanya satu atau dua usaha saja yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk mendapatkan lebih banyak pasokan air minum. Mulai dari usaha mencoba menghilangkan garam dari air laut, menembus ke bawah tanah, hingga menciptakan sistem penyaringan air. Bahkan untuk para astronaut yang ada di luar angkasa, NASA menciptakan teknologi yang mengubah urine mereka kembali menjadi air minum.

Bagaimana? Mengerikan ya kekurangan air itu? Makanya, kalau punya air jangan dibuang-buang soalnya kita tidak tahu kapan kita membutuhkannya dan kapan air-air tersebut bakal habis.

Baca Juga: Ternyata Inilah Minuman yang Paling Ampuh Atasi Dehidrasi

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya