Comscore Tracker

Rahasia Restoran Bintang Lima! Ini 5 Tips Memillih dan Memasak Iga

Caranya mudah kok, yuk bikin sendiri di rumah

Bingung dengan bahan iga sapi yang sudah tersedia? atau bingung akan membuat hidangan iga sapi yang nikmat? Iga sapi biasanya dimasak dengan cara dibakar, digoreng, atau direbus menjadi sop.

Nah, kalau kamu memiliki bahan iga sapi atau sudah membeli olahan iga di luar, coba deh bikin sendiri dengan resep di bawah ini!

1. Tiap jenis iga punya keunggulannya masing-masing

Rahasia Restoran Bintang Lima! Ini 5 Tips Memillih dan Memasak Igascottgrummett.com

Iga bagian atas lebih cocok dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang., karena tulang dan dagingnya cukup besar. Dagingnya empuk, sehingga mudah dibakar.

Kalau mau mengolahnya menjadi sup, pilih bagian spare ribs atau short ribs. Tulangnya lebih banyak, sehingga kaldu yang dihasilkan jauh lebih nikmat.

2. Pastikan kamu membeli iga yang segar

Rahasia Restoran Bintang Lima! Ini 5 Tips Memillih dan Memasak Igathekitchn.com

Kalau kamu sudah menentukan jenis iganya, perhatikan bagian lemaknya. Meski dapat iga yang bagus, tapi lemaknya tebal, lebih baik jangan dibeli. Cek juga kesegarannya.

Caranya, tekan daging dengan jari. Kalau terasa kenyal, tandanya iga masih bagus. Karena iga cukup sensitif dan mudah dihinggapi lalat, coba perhatikan baunya apakah masih layak atau tidak.

Sebenarnya, membeli iga di supermarket bisa lebih terjamin. Sayangnya, harga pasti jauh lebih mahal dibandingkan pasar tradisional.

3. Cara mempersiapkan daging iga

Rahasia Restoran Bintang Lima! Ini 5 Tips Memillih dan Memasak Igasheknows.com

Kalau kamu pengin iga bakar, lumuri dan remas-remas seluruh bagiannya dengan parutan buah nanas atau daun pepaya. Efeknya, iga akan lebih cepat empuk dan bisa menghilangkan bau tidak sedap.

Sedangkan iga sup, cukup diblansir saja. Rebus dalam air mendidih secara singkat, lalu buang air rebusannya. Cara ini bisa mengurangi keruhnya kaldu yang dihasilkan.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Kepiting, Gampang dan Bikin Rasanya Makin Enak

4. Tips mengolah iga bakar

Rahasia Restoran Bintang Lima! Ini 5 Tips Memillih dan Memasak IgaInstagram.com/whiskeyandsoba

Sebelum dibakar, lebih baik iga dimarinasi dulu. Bumbunya simpel kok. Siapkan bawang putih, cabai rawit, garam, kecap manis, dan perasan jeruk nipis. Lumuri seluruh bagian iga, tunggu selama tiga jam. Kalau perlu, masukkan ke dalam lemari es.

Kalau malas menunggu tiga jam, kamu bisa mengungkepnya dengan dimasak di atas kompor. Masak iga dengan bumbu bakar hingga empuk dan bumbu meresap. Setelah itu, iga siap dibakar sebentar.

5. Tips mengolah sup iga

Rahasia Restoran Bintang Lima! Ini 5 Tips Memillih dan Memasak Igaepicurious.com

Setelah iga diblansir, rebus dengan api kecil. Buang semua busa-busa, lemak, dan kotoran yang mengapung di permukaan. Gunakan saringan halus agar lebih cepat dan efisien.

Berbeda dengan mengolah iga untuk masakan bersantan. Iga dimasak dahulu dengan santan encer, pastikan daging benar-benar empuk. Setelah itu, masukkan santan kental dan jangan lupa aduk terus supaya tidak pecah.

Itulah tips memilih dan memasak iga yang baik dan benar. Dijamin setelah ini, masakan igamu jadi lebih enak dan nikmat. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Gurita biar Lebih Enak dan Tidak Keras, Cobain Yuk!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya