Comscore Tracker

Camilan Nikmat saat Weekend, Resep Membuat Chiffon Kopi yang Empuk

Cocok untuk menemani liburan santai minggu ini

Akhir pekan ini kamu belum memiliki agenda bepergian? Waktu yang ada bisa dihabiskan di rumah sambil bersantai. Tetapi, agar waktunya lebih kreatif, kamu bisa membuat hidangan nikmat Chiffon kopi.

Hidangan kopi sebenarnya banyak ditemukan di sejumlah kedai di kota kamu. Meski bisa membeli di luar, kamu juga bisa bikin sendiri di rumah. Caranya mudah dan gak pakai lama, simak resep kue chiffon di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Camilan Nikmat saat Weekend, Resep Membuat Chiffon Kopi yang Empukmkcfoodproducts.com
  • 100 gram tepung terigu
  • 40 gram gula halus
  • 100 ml susu cair cokelat
  • 5 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
  • 50 gram minyak sayur
  • 80 gram gula pasir
  • 10 gram cokelat bubuk
  • 3 sdm kopi bubuk
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 1 sdt air lemon
  • Sejumput garam

2. Buat adonan kue chiffon terlebih dahulu

Camilan Nikmat saat Weekend, Resep Membuat Chiffon Kopi yang Empukpopular4609.com

Siapkan sebuah wadah, lalu masukkan gula halus bersama kuning telur, aduk sampai rata dan mengembang menggunakan mixer. Kemudian, tambahkan susu cair, minyak sayur, garam, dan ekstrak vanila ke dalam adonan, aduk-aduk kembali hingga merata.

Setelah itu, masukkan tepung terigu yang sudah diayak dengan cokelat bubuk dan kopi. Aduk kembali menggunakan mixer sampai merata dan tak menggumpal. Jika teksturnya sudah kental, sisihkan sebentar.

Baca Juga: Resep Ayam Krispi Bumbu Sambal Terasi ala Yummy, Endeus Banget! 

3. Campur adonan dengan kocokan putih telur

Camilan Nikmat saat Weekend, Resep Membuat Chiffon Kopi yang Empukkitchenstories.com

Dalam wadah yang berbeda, masukkan putih telur dan perasan air lemon. Kocok kedua bahan tersebut hingga berbuih dan mengembang dengan mixer. Tambahkan gula pasir secara bertahap, kocok lagi sampai kaku. Jika sudah, diamkan sebentar.

Selanjutnya, tuang seluruh adonan putih telur ke dalam adonan chiffon secara bertahap. Aduk-aduk hingga merata menggunakan spatula saja. Pastikan seluruh adonan tercampur menjadi satu.

4. Panggang kue chiffon kopi hingga matang

Camilan Nikmat saat Weekend, Resep Membuat Chiffon Kopi yang Empukstorm-asia.com

Panaskan oven hingga 180 derajat Celsius. Siapkan loyang, jangan dioles menggunakan apa pun. Tuang adonan chiffon ke dalamnya secara perlahan, ratakan setiap sisinya supaya sejajar.

Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama kurang lebih 50 menit atau hingga matang. Jika chiffon terlihat sudah mengembang dan matang, angkat dan keluarkan kuenya dari dalam loyang. Potong-potong kue menjadi beberapa bagian, lalu sajikan dengan segelas teh hangat.

Itulah resep membuat chiffon kopi yang aromanya bikin air liur menetes. Lembutnya kue bakal bikin kamu gak berhenti makan, deh. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Kue Kering Keju ala Yummy, Cocok buat Camilan Keluarga di Rumah

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya