Comscore Tracker

Rasa Restoran, Ini Resep Ikan Bakar Khas Cianjur ala Yummy

Kalau bisa bikin sendiri, kenapa harus beli mahal?

Siapa yang tak pernah makan ikan bakar? Bagi kalian penyuka hidangan ikan bakar, sepertinya patut dicoba resep di bawah ini. Kelezatan ikan bakar memang selalu susah untuk ditolak. Apalagi kalau dibakarnya dengan bumbu spesial seperti ikan bakar khas Cianjur. 

Rasanya memang lezat, tetapi terkadang harganya mencekik dompet, ya gak? Nah, biar dompet aman, mending bikin sendiri saja di rumah. Semoga resep ikan bakar Cianjur ala Yummy ini bisa membantumu, ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Rasa Restoran, Ini Resep Ikan Bakar Khas Cianjur ala Yummyalibaba.com
  • 500 gram ikan bawal hitam
  • 2 buah jeruk nipis
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt biji ketumbar
  • ½ porsi bumbu bakar cianjur
  • 1 buah jeruk limau
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

2. Baluri ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan

Rasa Restoran, Ini Resep Ikan Bakar Khas Cianjur ala Yummyyummy.co.id

Masukkan bawang putih, ketumbar, dan garam ke dalam cobek. Ulek semua bahan tersebut sampai benar-benar halus. Kemudian, sisihkan bumbu itu sebentar.

Setelah itu, cuci ikan bawal hingga bersih. Kemudian, baluri atau marinasi ikan tersebut dengan bumbu halus tadi dan diamkan selama 30 menit, supaya bumbunya meresap. Masukkan ke dalam kulkas biar lebih sempurna.

Baca Juga: Resep Nasi Rempah Ayam Mentega Ala Anak Kosan, Gampang!

3. Goreng ikan hingga setengah matang

Rasa Restoran, Ini Resep Ikan Bakar Khas Cianjur ala Yummyyummy.co.id

Sambil menunggu bumbu ikan meresap, siapkan alat-alat untuk menggoreng ikan bawal. Siapkan wajan yang cukup besar, lalu tuang minyak cukup banyak ke dalamnya. Panaskan minyak hingga sedikit mendidih.

Goreng ikan bawal hingga setengah matang saja di setiap sisinya. Tunggu hingga tingkat kematangan pas, lalu angkat dan tiriskan.

4. Bakar ikan bawal hingga matang

Rasa Restoran, Ini Resep Ikan Bakar Khas Cianjur ala Yummyyummy.co.id

Setelah digoreng setengah matang, panaskan teflon untuk membakar ikan. Olesi teflon menggunakan sedikit mentega, kemudian letakkan ikan di atas bakaran. Olesi setiap sisi ikan dengan bumbu, bakar ikan selama kurang lebih 4-5 menit atau hingga matang.

Jika sudah dirasa matang, angkat dan diamkan ikan bakar sebentar. Kalau sudah, sajikan ikan di atas piring bersama jeruk limau.

Itulah resep dan cara membuat ikan bakar khas Cianjur ala Yummy yang bisa kamu praktikkan di rumah. Selain resep ikan, kamu juga bisa menemukan resep-resep inspiratif lainnya di aplikasi Yummy, lho! Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Membuat Ayam Bakar Bumbu Kacang, Legitnya Bikin Ketagihan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya