Comscore Tracker

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak 

Yang diberi oleh-oleh juga pasti girang

Liburan di DIY Yogyakarta selalu membuat rindu. Kota ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan, terutama bagi para traveler. Di kota ini semuanya tersedia, harganya pun relatif terjangkau.

Mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam, semuanya ada di Yogyakarta. Saking lengkapnya, mungkin kamu masih bingung mencari oleh-oleh apa.

Pilihannya banyak, mulai dari pasar tradisional hingga tempat oleh-oleh kekinian. Berikut IDN Times bagikan referensi oleh-oleh khas Yogyakarta yang rasanya paling enak-enak dan wajib dibawa pulang!

1. Bakpia Pathok

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak Dok. IDN Times

Salah satu yang gak boleh kamu lewatkan adalah cita rasa bakpia khas Yogyakarta. Popularitasnya tetap tak tergantikan, meskipun sudah mulai bermunculan bakpia kekinian. Setidaknya ada empat nama bakpia yang selalu menjadi incaran wisatawan hingga saat ini.

Di antaranya Bakpia 25, Merlino, Citra Premium, dan Kurnia Sari. Di antara kelima bakpia tersebut, mana favoritmu?

2. Bakpia kukus Tugu Jogja

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak bukalapak.com

Salah satu bakpia kekinian yang sedang naik daun adalah bakpia kukus Tugu Jogja. Kamu bisa menemukannya di Jalan Kaliurang KM 5, Nomor 10 A. Toko buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 22.00

Satu kotaknya berisi 10 dibanderol mulai Rp25 ribu untuk rasa kacang hijau dan kacang merah. Sedangkan, untuk rasa keju dan cokelat dibanderol Rp30 ribu. Dibandingkan pathok, bakpia Tugu Jogja memiliki tekstur yang lembut luar dan dalam.

3. Salak pondoh

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak blog.airpaz.com

Kelezatan salak pondoh atau salak super Sleman ini gak perlu diragukan lagi. Bahkan salak ini sudah diekspor hingga ke Selandia Baru, lho! Salak yang biasanya tumbuh di lereng Gunung Merapi ini memiliki rasa manis segar.

Kalau kamu pengin belanja sekaligus berwisata, datanglah ke Kampung Gandung. Berada di kawasan Sleman, kawasan ini menyediakan perkebunan salak dilengkapi taman bermain.

4. Cokelat Monggo

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak medium.com

Cokelat asli Kota Pelajar ini merupakan buah karya Thiery Detournay. Monggo menggunakan cokelat asli Indonesia dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kualitasnya tak kalah dengan cokelat lezat khas Belgia.

Ada begitu banyak variasi rasa yang bisa kamu cipipi. Di antaranya seperti, durian, mangga, mangga, cabai merah, cokelat putih, cokelat hitam, dan sebagainya. Keunikan dari Cokelat Monggo adalah bahannya yang menggunakan premium dark chocolate hingga 69 persen.

5. Jogja Scrummy

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak dolandolen.com

Yogyakarta pun tak ketinggalan dengan tren kue kekinian para artis Indonesia. Salah satunya Jogja Scrummy yang memiliki empat cabang, salah satunya di Jalan Brigjen Katamso Nomor 198. Kue besutan Dude Harlino ini memadukan brownis kukus dan puff pastry.

Harga Jogja Scrummy dibanderol sekitar Rp45 ribuan. Beberapa pilihan rasa yang bisa kamu pilih antara lain taro, cokelat, keju, srikaya, mangga, karamel, kue kacang wortel, dan sebagainya.

6. Gudeg

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak Dok. IDN Times

Siapa bilang gudeg gak bisa dibawa pulang sebagai buah tangan? Gudeg memiliki dua jenis, yakni basah dan kering. Kalau kamu pengin membawa pulang, belilah gudeg kering.

Gudeng tersebut bisa bertahan hingga tiga hari. Lebih baik langsung menyimpannya di dalam kulkas. Salah satu gudeg terpopuler di Yogyakarta adalah Yu Djum di Jalan Kaliurang 5.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Unik Khas Lombok, Gak Cuma Dodol Rumput Laut Lho!

7. Yangko

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak tokopedia.com

Camilan ini pun tak lekang oleh waktu. Kue mochi khas Yogyakarta ini bertekstur kenyal dengan isi kacang cincang di bagian dalam. Secara keseluruhan, yangko memiliki rasa lembut, manis, dan legit.

Mudah banget menemukan yangko di Yogyakarta. Hampir di seluruh toko oleh-oleh pasti menyediakannya. Harganya dibanderol sekitar Rp15 ribu per kotak.

8. Tasuba

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak telusurindonesia.co

Tahu bakso memang identik dengan Semarang dibandingkan Yogyakarta. Namun, kamu tetap bisa menemukannya di Yogyakarta. Namanya tasuba (tahu susu bakso). 

Meskipun tanpa bahan pengawet, tasuba ini bisa bertahan hingga enam bulan. Harganya dipatok sekitar Rp32 ribu dengan isi 5-10 buah. Kamu bisa membelinya di Jalan Laksda Adisucipto KM 7,6.

9. Geplak

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak dutawisata.co.id

Gak kalah dari yongko, geplak ini juga sangat mudah ditemukan di Yogyakarta. Geplak berbahan dasar kelapa, gula, dan pewarna makanan yang membuat kita ngiler duluan. Geplak memiliki banyak varian, seperti nangka, durian, cokelat, dan vanila.

10. Walang goreng

Wajib di Bawa Pulang, Ini 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak gemala.me

Belalang atau walang goreng merupakan salah satu kuliner unik dari kawasan Gunung Kidul. Tak sulit menemukannya di sepanjang jalan menuju tempat-tempat wisata populer di Gunung Kidul. 

Makanan ini bisa bertahan hingga sebulan, harganya dipatok Rp20-30 ribu. Rasanya gurih dan renyah, pasti bikin kamu ketagihan.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Yogyakarta yang memiliki rasa enak-enak dan wajib kamu bawa pulang saat liburan ke Jogja. Mana yang membuatmu merasa terpanggil-panggil untuk mencicipinya?

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya