Comscore Tracker

Jangan Main-main, Ini 4 Kasus Paling Parah Akibat Makanan Pedas

Segala sesuatu yang berlebihan memang mesti dihindari

Indonesia dikenal sebagai negara dengan segudang jenis makanan pedas khas. Fenomena itu muncul karena makanan pedas memang memiliki pasar tersendiri di Indonesia. Bagaimana tidak, selain bikin lebih sedap, tambahan cabai memberikan sensasi unik ketika bersantap. Sebagian besar orang bahkan ketagihan dengan makanan pedas dan mengonsuminya setiap hari.

Tapi hati-hati, karena pedas berlebihan justru bisa membawa petaka, seperti empat contoh kasus berikut ini.

1. Chef sakit setelah makan sambal buatannya sendiri

Jangan Main-main, Ini 4 Kasus Paling Parah Akibat Makanan Pedasblogsbyfa.com

Pepatah "senjata makan tuan" nampaknya terjadi kepada Arif Ali, salah satu chef di Jimmy's World Grill and Bar. Ia pingsan dan dilarikan ke rumah sakit setelah mencoba menu baru racikannya sendiri.

Awalnya, Ali menyiapkan menu tersebut untuk mengikuti salah satu lomba memasak. Ia pun melakukan food testing  terhadap olahan sayap ayam berbumbu cabai "dragon jolokia". 

Sayang, setelah mencoba beberapa potong ayam ia mulai bernapas tak beraturan dan pingsan. Akhirnya menu tersebut tak pernah diluncurkan dan saus mematikan itu tetap disimpan.

2. Rawat inap karena minum minyak cabai

Jangan Main-main, Ini 4 Kasus Paling Parah Akibat Makanan PedasBerbagai sumber

Seorang pemilik restoran daging bakar di Tiongkok harus dilarikan ke rumah sakit setelah nekat meminum minyak cabai. Sebelumnya, pria ini mencari cara untuk mempromosikan restorannya, akhirnya ia berpikir satu-satunya jalan adalah melakukan hal yang berpotensi viral.

Ia kemudian melakukan siaran live di akun sosial medianya dan meminum minyak cabai dari gelas selayaknya air putih. Aksi nekatpnya tersebut menyebabkan ia dirawat di rumah sakit selama 21 hari karena diare hebat dan mengalami tonsilitis. Duh!

Baca Juga: 6 Hidangan Merah Merona Berbagai Negara Kesukaan Para Pencinta Pedas

3. Tenggorokan lubang akibat kompetisi makan cabai setan

Jangan Main-main, Ini 4 Kasus Paling Parah Akibat Makanan Pedaswashingtonpost.com

Makanan pedas bisa jadi fatal kalau dikonsumsi berlebihan. Namun, hal tersebut sepertinya tak dihiraukan seorang pria asal Amerika Serikat yang mengikuti kompetisi makan makanan pedas.

Ia menyantap burger dengan banyak taburan cabai bhut jolokia, yaitu salah satu cabai terpedas di dunia. Indeks pedas cabai yang disebut juga ghost peppers ini mencapai sembilan kali lipat cabai rawit.

Akibatnya, dinding esofagus pria ini pecah dan membentuk lubang berdiameter 2,5 sentimeter di tenggorokannya. Dia pun dirawat di rumah sakit selama 23 hari dan harus bernapas serta makan melalui selang untuk sementara waktu.

4. Sebanyak 40 siswa SMP masuk rumah sakit akibat melakukan "food challenge"

Jangan Main-main, Ini 4 Kasus Paling Parah Akibat Makanan Pedasinquisitr.com

Cabai setan bhut jolokia kembali memakan korban. Kali ini adalah anak-anak SMP yang melakukan "challenge" makan cabai terpedas di dunia. Anak zaman sekarang memang punya rasa penasaran tinggi untuk mencoba hal baru, tapi seringkali mereka tak berpikir panjang soal akibatnya.

Setelah melakukan tantangan tersebut, sekitar 40 siswa SMP Miltion Union dilarikan ke rumah sakit. Mereka mulai memperlihatkan gejala seperti timbulnya noda pada kulit, bengkak, mata berair, dan perasaan tak nyaman.

Kalau gak dikonsumsi berlebihan, cabai justru punya manfaat baik untuk tubuh, lho. Seperti meningkatkan daya tahan tubuh hingga punya zat antikanker.

Tapi sebaliknya, kalau konsumsi makanan pedas tak ditakar, hal-hal buruk mungkin saja terjadi seperti empat kasus di atas. Jadi ada baiknya kita lebih bijaksana dalam memilih makanan ya.

Baca Juga: 7 Saus Sambal Terpedas di Dunia, Yakin Berani Coba meski Setetes?

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya