Comscore Tracker

Ini Alasannya Kenapa Kue Donat Punya Lubang di Tengah

Ada tiga versi, mana yang lebih masuk akal?

Kue donat memang identik dengan lubang di tengahnya, walau sekarang sudah banyak variasi modern yang tak demikian. Tapi, pada tahu gak, bagaimana awal mulanya kue ini bisa berbentuk cincin raksasa?

Seorang pelaut asal Amerika Serikat bernama Hanson Crockett Gregory dianggap sebagai yang pertama kali mencetuskan lubang di kue donat. Namun, ada banyak cerita yang beredar soal dirinya, dan yang paling populer adalah tiga versi berikut ini.

1. Terjadi karena ketidaksengajaan

Ini Alasannya Kenapa Kue Donat Punya Lubang di TengahInstagram.com/biskit.id

Versi pertama menceritakan kisah Gregory di abad ke-16 yang tengah berlayar menuju Benua Amerika dari Belanda dan membawa juru masak dari sana. Para juru masak tersebut biasanya membuat olykoeks atau roti goreng khas Belanda.

Gregory yang saat itu tengah menikmati olykoeks di atas kapal tiba-tiba dihadang badai besar dan langsung memegang kemudi kapal. Karena panik, olykoeks yang ia bawa ditancapkan pada salah satu batang kemudinya.

Setelah gelombang kembali normal, ia melihat kue tersebut berlubang dan mendapati bentuknya jadi jauh menggiurkan daripada kue biasa. Sejak saat itu, juru masak kapal membuat donat berlubang. 

2. Kekecewaan Gregory karena kamatangan kue donat tidak merata

Ini Alasannya Kenapa Kue Donat Punya Lubang di TengahInstagram.com/biskit.id

Masih soal Gregory dan pelayarannya. Versi kedua ini nampak lebih meyakinkan dan masuk akal.

Diceritakan ia merasa kue goreng yang biasa tersaji di kapal kurang memuaskan, karena hanya renyah di bagian luarnya, sedangkan dalamnya berminyak dan lembek. Akhirnya, dia meminta juru masak kapal untuk membuat bentuknya menyerupai cincin, supaya bagian dalam adonannya matang merata.

Setelah dicoba, ternyata metode ini berhasil menjadikan kue olykoeks semakin garing dan matang menyeluruh. Sejak itulah kue goreng dibuat memiliki lubang di tengahnya dan diadaptasi hingga kini.

Menurut ahli kue dan pastry, lubang yang ada pada donat memang membantu proses pemanasan menjadi lebih rata dan maksimal, sehingga teksturnya lebih renyah.

Baca Juga: 10 Potret Donat Unik, Ada yang Rasa Bubble Gum hingga Topping Serangga

3. Berawal dari ibu sang kapten yang berjualan donat

Ini Alasannya Kenapa Kue Donat Punya Lubang di TengahUnsplash.com/Stanislav Kondratiev

Cerita ketiga ini kurang lebih sama dengan versi kedua, hanya saja kejadiannya bukan di atas kapal. Sang ibu, Elizabeth Gregory, merupakan penjual kue goreng yang terkenal karena menggunakan buah pala dan hazelnut di dalam adonannya.

Elizabeth menamainya sebagai dough-nuts, yang berarti adonan kue dengan kacang. Istilah ini akhirnya lebih populer dibandingkan olykoeks.

Meski rasanya lezat, Gregory merasa kurang puas dengan tekstur kue ibunya, karena bagian tengahnya lembek seperti kurang matang. Saat ia menyampaikan hal itu, sang ibu menjawab bagian tengahnya memang agak susah matang, makanya diisi dengan kacang hazelnut.

Gregory menyarankan untuk membuang kenari di bagian tengah kue dan membiarkannya berlubang, sehingga kue bisa matang lebih cepat. Sang ibu akhirnya menuruti saran tersebut dan akhirnya berhasil membuat donat jadi lebih sempurna, karena bagian luar dan dalamnya matang merata.

Dari ketiga cerita tersebut, menurut kamu, mana yang jadi asal-usul terbentuknya kue donat? Komen di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Es Krim Disney yang Paling Menggemaskan, Bikin Lidah Penasaran

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You