Comscore Tracker

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Rengginang yang Wajib Ada saat Lebaran

#RamadanDiRumah Pernah menemukannya di dalam stoples wafer?

Setiap Lebaran, hidangan tradisional yang satu ini selalu hadir di setiap meja untuk disajikan. Ya, cemilan Rengginang ini hampir ada di setiap rumah saat Lebaran.

Bahkan, biasanya kita kerap tertipu dengan stoples kaleng yang berisi rengginang. Ternyata hal itu ada alasannya, lho. Supaya gak penasaran, yuk intip beberapa fakta menarik rengginang berikut ini. 

1. Sejarah rengginang

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Rengginang yang Wajib Ada saat Lebaraninstagram.com/iis_almoktafi

Mungkin banyak yang menganggap bahwa rengginang berasal dari Betawi. Namun, sebenarnya rengginang berasal dari Jawa Barat dan Banten.

Rengginang diciptakan pertama kali saat orang zaman dahulu ingin membuat tapai  ketan. Namun, bahan ragi mereka kosong. Karena gak ada, akhirnya beras ketan yang sudah dikukus tersebut dibentuk bulat kecil, lalu dijemur dan digoreng.

Ternyata banyak orang yang menyukai rengginang. Hingga saat ini, rengginang masih eksis sebagai salah satu hidangan Lebaran. 

2. Bahan dasar rengginang

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Rengginang yang Wajib Ada saat Lebaraninstagram.com/wargabanua

Rengginang terbuat dari beras ketan utuh. Beras ketan tersebut dicampur dengan perasa seperti garam dan bumbu terasi.

Setelah itu, dikukus dan dibentuk bulat, lalu digoreng. Supaya menghasilkan rengginang yang renyah, rengginang harus digoreng dengan minyak yang sangat panas. 

3. Hadir dengan rasa kekinian

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Rengginang yang Wajib Ada saat Lebaraninstagram.com/cemalcemilky

Biasanya camilan tradisional ini disajikan dengan rasa gurih atau asin saja. Namun kini, rengginang diolah dengan beragam rasa. Ada rengginang rasa balado, cokelat, green tea, stroberi, hingga sate ayam. Sudah pernah coba yang mana?

Baca Juga: 10 Resep Kue Lebaran yang Wajib Ada di Rumah, Mana Saja Favoritmu?

4. Sering ditemukan dalam stoples wafer atau biskuit

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Rengginang yang Wajib Ada saat Lebaraninstagram.com/allabouttastes

Kalau kamu pernah gak sih merasa kesal saat menemukan rengginang dalam stoples kaleng Lebaran? Ternyata itu ada alasannya, lho.

Biasanya rengginang dibuat dalam jumlah banyak dan seringkali kehabisan wadah untuk menyimpannya. Jadi, rengginang harus disimpan dalam stoples yang berukuran besar dan tertutup rapat. Akhirnya, banyak yang menyimpannya dalam stoples bekas wafer atau biskuit, supaya tetap renyah.

5. Simbol persatuan

Ini 5 Fakta Menarik Tentang Rengginang yang Wajib Ada saat Lebaraninstagram.com/_ekaismaya

Di balik rasanya yang gurih dan renyah, ternyata rengginang memiliki filosofi yang menarik. Rengginang merupakan simbol persatuan, karena makanan ini terbuat dari butiran beras ketan yang saling menempel. Sehingga, saling menyatu dan gak mudah terpecah belah. 

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang rengginang. Kamu baru tahu fakta nomor berapa, nih?

Baca Juga: 10 Resep Kue Lebaran Kekinian untuk Sajian Spesial, Coba Yuk!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya