Comscore Tracker

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasak

Gak bakal failed lagi, deh

Saat memasak, kita seringkali kurang atau kelebihan menambahkan bumbu. Bisa juga komposisi bahan kurang tepat, sehingga rasanya jadi aneh. Kita pun jadi enggan memakannya.

Tapi, gak mungkin kan langsung membuangnya begitu saja? Tak perlu khawatir, kamu bisa mengakalinya dengan beberapa cara seperti di bawah ini!

1. Lelehan cokelat yang menggumpal

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasakwnpr.org

Pernah gak, mau melelehkan cokelat, eh malah menggumpal? Kalau iya, tenang, kamu bisa menambahkan sedikit minyak sayur. Jangan menambahkan air, karena hanya akan membuatnya makin menggumpal.

2. Sayuran menjadi layu

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasakepicurious.com

Sudah usaha masukin sayur ke kulkas, tapi tetap layu. Kamu bisa merendamnya ke dalam air es, kemudian keringkan seperti mengeringkan sayuran yang sudah kamu cuci.

3. Sup keasinan

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasakrawpixel.com/447972

Hayoo...siapa yang suka keasinan ketika masak sup? Coba tambahkan perasan jeruk lemon atau sedikit cuka. Bisa juga menambahkan mie atau potongan kentang. Kedua bahan ini bisa menyerap asin pada sup.

4. Krim sup terlalu encer

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasakseriouseats.com

Ketika mencoba membuat krim sup, tapi hasilnya encer, cobalah tambahkan tepung tapioka. Didihkan kembali krim sup yang sudah kamu tambahkan tepung tapioka tadi. Sayuran bertepung seperti kentang juga bisa disertakan ke dalamnya.

Baca Juga: 10 Potret Hasil Masakan Gagal, Bukannya Selera Malah Bikin Ngakak

5. Hasil mixing putihan telur kurang kental

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasakthespruce.com

Terkadang putih telur memang sulit kental saat kita mix untuk bahan kue. Taruhlah telur di ruangan dengan suhu kamar, 20-25 derajat Celcius. Kemudian tambahkan ¼ sendok teh saus tartar ke telur yang telah diaduk tersebut.

6. Kue terlalu nempel di loyang

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasakduniamasak.com

Jangan langsung merusaknya, biarkan sampai benar-benar dingin. Rendam bagian bawah panci ke dalam air dengan suhu hangat-hangat kuku. Tapi jangan sampai kuenya ikut terendam ya.

7. Mayones tidak bisa menyatu

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasakresepkoki.id

Mayones tidak bisa menyatu saat kita membuatnya sendiri, coba tambahkan kuning telur ke dalam bahan-bahan yang sudah dicampur. Jangan lupa gunakan suhu kamar saat mengolah telur. Telur yang dingin akan membuat mayones gagal menyatu.

8. Makanan terlalu pedas

8 Trik Cerdas Ini Mampu Mengatasi Kesalahan Saat Memasakfoodprescription.guru

Selain menggunakan perasan lemon atau cuka, kamu bisa menggunakan sedikit pemanis untuk menyeimbangkan rasa makanan. Bisa pula menambahkan mentega susu untuk menetralkan rasa yang terlalu pedas pada makanan.

Nah, sekarang gak asal buang makanan atau mendadak bete, kan ketika ada kesalahan memasak? Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Tips Memasak ala MasterChef Indonesia Ini Bisa Diterapkan di Rumah

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You