Comscore Tracker

Ingin Dapat Rp3,7 Miliar dengan Nabung Rp20 Ribu? Ini Caranya

Lakukan dengan konsisten, kamu pasti bisa

Jakarta, IDN Times - Bagi sebagian orang, menabung adalah hal paling mudah untuk mengumpulkan kekayaan. Menabung tidak perlu jumlah yang besar, cukup sisihkan sebagian uang kamu, tetapi lakukan dengan konsisten.

Tidak perlu muluk-muluk, mempersiapkan kebebasan finansial di masa depan ternyata bisa dimulai dari menabung Rp20 ribu sehari.

"Angka Rp20 ribu seringkali dianggap nanggung. Oleh sebab itu, kami mau kasih pesan bahwa perubahan besar harus dimulai dari kebiasaan kecil," ungkap Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit dalam peluncuran Gerakan #Save20 by Nyala secara virtual, Rabu (22/7/2020).

1. Konsisten menabung Rp20 ribu per hari mulai umur 20 tahun bisa menghasilkan Rp3,7 miliar

Ingin Dapat Rp3,7 Miliar dengan Nabung Rp20 Ribu? Ini CaranyaIDN Times/Ita Malau

Berdasarkan data produk manajemen keuangan di Bank OCBC NISP, jika nasabah mulai menabung dan berinvestasi dengan nilai Rp20 ribu secara konsisten setiap hari dimulai dari umur 20 tahun, dia dapat memperoleh Rp3,7 miliar di usia pensiunnya.

Jumlah tersebut jauh lebih besar dibanding jika nasabah baru mulai menabung dan berinvestasi di usia 35 tahun, walaupun dengan nominal yang lebih besar, yakni Rp70 ribu setiap hari.

"Dengan angka tersebut nasabah baru mendapatkan hasil pengelolaan keuangan sebesar Rp2 miliar di usia masa pensiun," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Menabung Anti Gagal, Cocok untuk Anak Muda!

2. Literasi keuangan perlu dimiliki sedini mungkin

Ingin Dapat Rp3,7 Miliar dengan Nabung Rp20 Ribu? Ini CaranyaIlustrasi dompet dan keuangan (IDN Times/Dwi Agustiar)

Survei yang dilakukan oleh McKinsey menyatakan setengah dari konsumen yang khawatir dengan pekerjaannya ternyata hanya memiliki tabungan kurang dari empat bulan biaya hidup mereka. Selain itu, kekhawatiran yang disebabkan oleh pandemik COVID-19 juga menjadikan konsumen semakin ingin mengenal manajemen dan risiko-risiko keuangan.

“Bank OCBC NISP percaya masyarakat perlu memiliki literasi keuangan yang baik sedini mungkin. Jadi, walaupun hanya dengan nominal yang terjangkau, masyarakat dapat mengelola keuangan yang mereka miliki secara konsisten, sehingga menjadi lebih besar dan cepat mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu, program literasi dan juga inklusi keuangan menjadi penting," jelas Ka Jit.

3. Kamu bisa mulai menabung dengan fitur tabungan berjangka atau reksa dana berjangka

Ingin Dapat Rp3,7 Miliar dengan Nabung Rp20 Ribu? Ini CaranyaBank OCBC NISP meluncurkan gerakan #SAVE20 by Nyala (Dok.IDN Times/OCBC NISP)

Agar nasabah dapat memulai kebiasaan baru di era new normal, kata Ka Jit, Bank OCBC NISP menghadirkan produk yang memungkinkan nasabah mulai menabung dan berinvestasi hanya dengan Rp20 ribu setiap hari.

TAKA (Tabungan berjangka) tersedia dalam dua jenis yakni TAKA fix installment (pembukaan melalui cabang) dan TAKA Online (pembukaan melalui ONe Mobile) yang memungkinkan nasabah untuk mengumpulkan Rp20 ribu per hari menjadi angsuran bulanan dengan set up autodebit di ONe Mobile. Kemudian, ada Reksa Dana Berjangka dengan pembelian harian, mingguan, dan bulanan di ONe Mobile dengan nominal mulai dari Rp20 ribu.

"Target kami gak hanya dari perkembangan bisnis, tetapi kami juga berperan memberikan value ke masyarakat berupa ajakan yang relevan di tengah kondisi COVID-19 ini," katanya.

Baca Juga: Udah Gajian Tapi Uang Cepat Habis? Nih 4 Cara Menabung yang Benar

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya