Comscore Tracker

Begini Cara Berjualan di Facebook Marketplace, Dijamin Laris

Kamu sudah pernah coba berjualan di Facebook?

Jakarta, IDN Times - Selain fungsi utamanya sebagai media sosial, Facebook juga punya fitur yang memungkinkan kamu untuk jual-beli loh. Fitur yang biasa disebut Facebook Marketplace memungkinkan kamu untuk menjual produk sampai mengiklankannya biar laris dibeli orang.

Saya termasuk yang sering menggunanakan fitur ini untuk menjual berbagai koleksi seperti mainan, jam tangan hingga makanan atau minuman. Berikut ini adalah beberapa langkah dan tips untuk kamu berjualan di Facebook Marketplace.

Baca Juga: 4 Strategi Berdagang ala Rasulullah agar Laris dan Berkah 

1. Cara posting jualan kamu di Facebook

Begini Cara Berjualan di Facebook Marketplace, Dijamin LarisHalaman Facebook Marketplace (Tangkapan layar Facebook.com)

Saat menjual barang di Marketplace, kamu akan membuat tawaran untuk publik yang bisa dilihat siapa saja di Marketplace dan Kabar Beranda (Home), pencarian (Search), dan tempat lain di dalam atau di luar Facebook.

Dari Kabar Beranda, klik "Marketplace" di menu kiri. Klik "Buat Tawaran Baru", lalu klik Barang Dijual. Tambahkan Foto untuk mengunggah foto barang kamu dari komputer atau hp dan masukkan info tentang barang yang kamu jual.

Jangan lupa tuliskan harga barang yang kamu jual, kecuali kamu mau memberikan cuma-cuma untuk orang lain, maka tuliskan 0 (nol) di harga barang kamu.

Klik "Berikutnya". Jika tulisan Berikutnya berwarna abu-abu, pastikan kamu telah memasukkan informasi yang diperlukan. Klik "Terbitkan" untuk mengunggah tawaran Marketplace kamu.

2. Jualan di grup Facebook

Begini Cara Berjualan di Facebook Marketplace, Dijamin LarisGrup Jual Beli di Facebook (Tangkapan layar Facebook.com)

Ada banyak loh grup atau komunitas jual-beli di Facebook. Keuntungannya bergabung dengan grup di Facebook, kamu akan menemukan pembeli yang tepat dan lebih spesifik, sehingga barang dagangan kamu lebih cepat laris. Misalnya grup jual beli action figure, grup ikan hias, grup jual beli Ciputat dan lainnya.

Caranya, dari "Kabar Beranda", klik "Grup" di menu sebelah kiri dan pilih grup jual beli tempat kamu ingin menjual barang. Klik "Jual Sesuatu".

Masukkan informasi tentang barang yang kamu jual, lalu klik "Berikutnya". Pilih orang yang akan melihat unggahan kamu. Agar lebih banyak pembeli yang melihat barang kamu, kamu bisa menggunakan dua opsi ini:

Mengunggah barang itu di grup jual beli lain yang kamu ikuti. Memilih lingkaran di samping nama grup untuk menambah atau menghapus opsi tersebut.

Membuat tawaran Marketplace untuk barang tersebut. Pilih lingkaran di samping Marketplace untuk menambah atau menghapus opsi tersebut. Ingat, jika kamu memposting sebagai "Halaman", kamu tidak akan melihat opsi untuk membuat tawaran di Marketplace.

Baca Juga: 5 Ide Jualan Online untuk Pelajar Modal Rp200 Ribu, Bisa Bikin Sendiri

3. Kamu juga bisa pakai fitur pengiriman di Facebook loh

Begini Cara Berjualan di Facebook Marketplace, Dijamin LarisLaman muka Shipper.id untuk pengiriman yang bekerja sama dengan Facebook (Tangkapan layar Shipper.id)

Ketika menjual barang di Marketplace, barang kamu mungkin memenuhi syarat untuk pengiriman melalui Shipper.id. Shipper.id memberi penjual Marketplace opsi agar barang mereka diambil dan dikirim melalui beberapa layanan pengiriman di Indonesia seperti GoSend, Lion Parcel, J&T, SiCepat, DPEX, dan Grab.

Pengiriman di Marketplace menggunakan Shipper berlaku untuk kota-kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Bagaimana caranya?

Buka pesan antara kamu dengan pembeli. Ketuk "Tambahkan Pengiriman" dari banner Messenger di bagian atas layar, di bawah nama pembeli atau ketuk "Estimasi Biaya" dalam pesan tersebut.

Pilih lokasi pengambilan dan pengantaran di kotak yang sesuai, lalu ketuk "Lihat Estimasi". Pilih "Teruskan ke Shipper" untuk membeli dan mengonfirmasi pengiriman atau ketuk "Coba Lokasi Lain" untuk mendapatkan estimasi untuk lokasi yang berbeda.

Tapi tidak semua barang bisa dikirim, karena Shipper.id hanya mengirimkan barang berukuran kecil hingga sedang. Berikut ini daftar barang yang bisa dikirim melalui Shipper.id

Barang antik dan koleksi, peralatan rumah tangga, seni dan kerajinan, suku cadang otomotif, perlengkapan bayi dan anak-anak, tas dan koper, buku, film, dan musik dalam bentuk fisik (tidak boleh digital), pakaian dan sepatu, barang elektronik dan komputer, kesehatan dan kecantikan, alat rumah tangga, perhiasan dan aksesori, ponsel, alat musik, mainan dan game.

4. Tips berjualan di Facebook Marketplace

Begini Cara Berjualan di Facebook Marketplace, Dijamin LarisIlustrasi e-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalau tadi sudah dijelaskan cara-cara berjualan di Facebook Marketplace, sekarang ada beberapa tips biar dagangan kamu laris dan transaksi jual-beli kamu tetap aman.

Pertama, gunakan foto yang menampilkan barang dan kondisinya dengan jelas. Jika memungkinkan, sertakan beberapa foto asli barang tersebut, bukan foto dari situs web perusahaan. Lalu, tambahkan deskripsi barang dan kondisinya secara mendetail. Pastikan kamu menjelaskan setiap kekurangan dan kelebihan produk kamu.

Pastikan kedua pihak menyetujui harga barang tersebut dan lokasi pasti pertemuan pengambilan lokal kamu. Kalau kamu ragu untuk bertransaksi langsung, kamu bisa menggunakan pihak ketiga seperti online marketplace.

Biasanya setelah kamu sepakat harga dengan pembeli, kamu harus membuat kesepakatan dengan pembeli bahwa kamu akan memposting produk yang kamu jual di Tokopedia, Bukalapak atau Shopee misalnya. Dengan begitu pembeli juga merasa aman dan tidak akan ditipu karena saat ini Facebook belum menyediakan layanan transfer antara pembeli dan penjual.

Baca Juga: Mempertahankan Usaha Ritel di Tengah Gempuran Marketplace

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya