Comscore Tracker

Tips 5 Jurus Jitu Lunasi Utang dalam Waktu Sebulan

Utang tetap harus dilunasi ya...

Jakarta, IDN Times - Memiliki utang jelas akan memberi beban secara keuangan kita. Gaji yang harusnya bisa kamu nikmati secara penuh, namun harus terbagi-bagi karena utang. Sebetulnya, utang bukan lah momok. Utang bukan keputusan yang buruk dilakukan selama itu memang untuk hal produktif.

Namun, sebagian orang memutuskan untuk berutang kerap menjadi alternatif utama untuk membutuhkan dana cepat karena suatu kepentingan. Tapi patut diingat, utang tak selamanya menjadi solusi. Berutang lah sesuai kemampuan.

Nah, bagi yang sudah terlanjur punya utang, kamu bisa lho melunasinya dalam waktu satu bulan saja. Dilansir cermati.com, berikut tips melunasi utang dalam waktu satu bulan.

1. Hidup hemat

Tips 5 Jurus Jitu Lunasi Utang dalam Waktu SebulanIlustrasi Menabung (IDN Times/Mardya Shakti)

Kalau mau utang lunas dengan cepat, kuncinya adalah menjalankan hidup hemat. Coret semua pengeluaran yang masih bisa ditunda atau tidak terlalu mendesak.

Usahakan untuk memprioritaskan kebutuhan sehari-hari kamu. Kalau kesulitan, kamu bisa mencatatnya. Intinya, upayakan untuk menghindari perilaku konsumtif.

Baca Juga: Doa Supaya Dijauhkan dari Kesusahan dan Dibebaskan Jeratan Utang

2. Berhenti gunakan kartu kredit

Tips 5 Jurus Jitu Lunasi Utang dalam Waktu SebulanIlustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Buat kamu yang tidak menggunakan kartu kredit, jelas itu menguntungkan. Tapi bagi yang sudah terlanjur memiliki, usahakan untuk berhenti menggunakannya. Kartu kredit hanya akan menambah beban finansial kamu.

Selain bunga yang tinggi, ada denda juga bila kamu telat bayar. Sampai utang kamu lunas, tahan belanja dengan kartu kredit. Kalau perlu, kamu bisa menutupnya bila dianggap tidak memerlukan lagi.

3. Cari kerja sampingan

Tips 5 Jurus Jitu Lunasi Utang dalam Waktu SebulanIlustrasi bekerja (IDN Times/Dian Ayugustanty)

Ini menjadi langkah penting buat kamu yang ingin melunasi utang dalam satu bulan. Coba lah untuk mencari uang tambahan lewat kerja sampingan. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari berjualan maupun menjual jasa yang menjadi keahlian kamu, mulai dari fotografi sampai bidang lainnya.

Capek? Pasti. Perlu usaha ekstra untuk melunasi utang dalam waktu satu bulan. Kamu tidak bisa mengandalkan penghasilan tetapmu selama satu bulan. Kecuali utang yang kamu miliki lebih rendah dari penghasilanmu.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Terbebas dari Jeratan Kartu Kredit

4. Berbisnis

Tips 5 Jurus Jitu Lunasi Utang dalam Waktu SebulanPelaku UMKM yang mendapat bantuan dari Bank BRI (Dok.Bank BRI)

Berbisnis ini mudah. Yang sulit itu membangun mental tidak pantang menyerah. Dari sisi permodalan, kamu bisa mengandalkan barang-barang yang kamu miliki atau keahlianmu seperti memasak atau menjadi reseller.

Menjadi reseller bahkan sudah banyak yang tidak memerlukan modal uang. Cukup kamu mempromosikannya saja, kamu bisa dapat keuntungan.

5. Manfaatkan barang tidak terpakai

Tips 5 Jurus Jitu Lunasi Utang dalam Waktu SebulanDeretan jam tangan yang dijual Ujang. Rata-rata jam tangan tersebut merupakan barang bekas. IDN Times/Fariz Fardianto

Kalau kamu punya barang tidak terpakai yang masih layak, coba kamu jual. Selain membantu kamu membuat ruangan menjadi lebih lega, menjual barang tak terpakai akan menambah pundi-pundimu.

Baca Juga: 5 Cara Kelola Keuangan saat Putus Cinta, Dijamin Gak Bikin Frustrasi!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya