Comscore Tracker

Samsung Masih Raksasa, Intip 10 Orang Terkaya di Korea Selatan

Pandemik COVID-19 malah membuat beberapa orang makin tajir

Jakarta, IDN Times – Berbagai komitmen juga upaya Korea Selatan dalam memulihkan ekonomi mereka terbukti memberi sentimen positif terhadap pasar sahamnya. Hal ini pada akhirnya berdampak pada peningkatan kekayaan orang-orang terkaya negara tersebut.

Peningkatan ini terlihat jelas dalam Daftar Orang Kaya Korea Forbes tahun ini, di mana jumlah miliarder negara itu tercatat mencapai 46 orang, sebuah rekor baru. Di sisi lain, total kekayaan kolektif dari 50 orang terkaya Negeri Ginseng juga naik lebih dari 40 persen menjadi 156 miliar dolar Amerika Serikat (AS), naik dari 110,8 miliar dolar AS sebelumnya.

Korea Selatan melaporkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sebesar 1,6 persen pada kuartal pertama, melampaui tingkat pra-pandemik dengan konsumsi, ekspor, dan investasi semuanya mencatatkan pemulihan atau rebound. Indeks acuan Kospi naik 47 persen sejak kekayaan terakhir dihitung 11 bulan lalu.

Dengan pencapaian tersebut, Korea Selatan siap menjadi salah satu negara yang mencatatkan pemulihan tercepat di dunia.

Baca Juga: Tips Jitu untuk Millennial yang Kesulitan Menabung, Yakin Pasti Bisa

1. Daftar teratas didominasi keluarga bos Samsung

Samsung Masih Raksasa, Intip 10 Orang Terkaya di Korea SelatanIlustrasi kantor Samsung di kawasan Amerika Utara di Sano Jose, California (www.new.samsung.com)

Pada tahun ini, ada perubahan dalam daftar orang terkaya di Korea Selatan. Di mana tokoh dari sektor farmasi Seo Jung-jin, yang adalah salah satu pendiri Celltrion, berhasil menduduki posisi 1 daftar tersebut. Pencapaian ini menjadikan Seo sebagai miliarder yang menghasilkan kekayaan sendiri (self-made billionaire) pertama yang berhasil menduduki posisi 1 sejak daftar dibuat pada 2005. Saat ini Seo memiliki kekayaan bersih sebesar 12,5 miliar dolar AS yang ia peroleh berkat peningkatan penjualan obat biosimilar perusahaan.

Sementara itu, mendiang Lee Kun-hee, yang biasa menduduki posisi 1, telah membuat ahli warisnya naik peringkat dalam daftar setelah ia mewariskan hartanya. Lee Kun-hee merupakan pimpinan generasi kedua kerajaan bisnis Samsung. Ia meninggal pada Oktober lalu pada usia 78 tahun.

Adapun hartanya telah diwariskan sebagian kepada putranya, Jay Y. Lee, yang kini naik ke posisi No. 2 dengan kekayaan sebesar 12,4 miliar dolar AS. Sementara ibunya, Hong Ra-hee, yang mewarisi bagian terbesar dari kekayaan mendiang suaminya, sekarang terdaftar sendiri di posisi ke-6 dengan kekayaan mencapai 7,1 miliar dolar AS.

Kedua putri Lee Kun-hee, yakni Lee Boo-jin dan Lee Seo-hyun juga naik peringkat. Lee Boo-jin yang naik ke peringkat 9 memiliki kekayaan 4,9 miliar dolar AS, sementara Lee Seo-hyun naik ke posisi 11 dengan kekayaan sebesar 4,4 miliar dolar AS.

2. Ada yang kekayaannya naik enam kali lipat

Samsung Masih Raksasa, Intip 10 Orang Terkaya di Korea SelatanIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Taipan teknologi Kim Beom-su dari raksasa internet Kakao dan Kwon Hyuk-bin dari perusahaan pakaian game online Smilegate, mengalami kenaikan jumlah kekayaan masing-masing lebih dari dua kali lipat tahun ini. Di mana Kim Beom-su kini menduduki posisi 4 dengan kekayaan sebesar 10,6 miliar dolar AS. Sebelumnya kekayaannya hanya sebesar 5,2 miliar dolar AS. Sementara Kwon Hyuk-bin yang kekayaan sebelumnya hanya 4 miliar dolar AS, telah naik ke peringkat 5 dengan harta sebanyak 9,5 miliar dolar AS.

Miliarder yang peningkatan kekayaannya paling besar tahun ini yaitu Bom Kim. Ia menduduki posisi ke-7 dengan harta sebanyak 6,4 miliar dolar AS setelah kekayaannya naik enam kali lipat akibat mega listing perusahaan pengecer online-nya Coupang di New York Stock Exchange. Sering dibandingkan dengan Amazon dari AS, Coupang mengumpulkan 4,6 miliar dolar AS dalam IPO terbesar perusahaan asing di AS sejak Alibaba, yang didirikan miliarder Jack Ma.

Dalam daftar tahun ini juga ada dua pendatang baru, yaitu Bang Shi-hyuk dari Hybe, agensi yang sebelumnya bernama Big Hit Entertainment, dan miliarder dari sektor energi hijau pertama Korea, Gim Seong-gon dari CS Wind. Bang masuk daftar dengan menduduki peringkat 16 dengan kekayaan 2,7 miliar dolar AS berkat IPO yang banyak diantisipasi di Seoul tahun lalu. Sementara itu, Gim debut di daftar di posisi 44 dengan kekayaan 1,1 miliar dolar AS. CS Wind-nya, perusahaan pembuat menara angin, mendapat manfaat dari dorongan pemerintah untuk energi terbarukan.

Ada juga tiga orang miliarder yang kembali masuk ke daftar. Salah satunya yaitu Kwon Hyuk-woon dari IS Dongseo yang bergabung kembali dalam daftar setelah absen selama tiga tahun. Ia memiliki kekayaan sebesar 950 juta dolar AS dan menduduki urutan ke-49, berkat kenaikan harga real estat.

Baca Juga: 5 Godaan Saat Menabung, Bikin Uang Gak Kunjung Terkumpul

3. Daftar 10 orang terkaya Korea Selatan

Samsung Masih Raksasa, Intip 10 Orang Terkaya di Korea SelatanIlustrasi Aset (IDN Times/Mardya Shakti)

Adapun nama-nama dari 10 orang terkaya di Korea Selatan tahun ini yaitu:

Seo Jung-jin: 12,5 miliar dolar AS

Jay Y Lee: 12,4 miliar dolar AS

Kim Jung-ju: 10,9 miliar dolar AS

Kim Beom-su; 10,6 miliar dolar AS

Kwon Hyuk Bin: 9,5 miliar dolar AS

Hong Ra-hee: 7,1 miliar dolar AS

Bom Kim: 6,4 miliar dolar AS

Mong-Koo Chung: 5,9 miliar dolar AS

Lee Bo-jin: 4,9 miliar dolar AS

Suh Kyung-bae: 4,8 miliar dolar AS

Baca Juga: Bos Grup Samsung Lee Kun-hee Wafat di Usia 78 Tahun

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya