Comscore Tracker

Kisah Pedagang Nanas Musiman Bertahan dengan Omzet Rp3 Juta per Minggu

Padahal jika tidak ada COVID-19 bisa dapat Rp6 juta

Jakarta, IDN Times - Rudi (31) sedang mengupas nanas yang dibeli seorang ibu untuk dijadikan isi kue nastar. Tangan kanannya yang memegang pisau memutar mengupas buah berwarna kuning tersebut. Ia lalu membersihkan sisa bintik-bintik hitam di bagian daging luar nanas.

Rudi lalu beranjak dari tempat duduknya dan membawa nanas ke tempat pengilingan yang biasa dipakai untuk memarut kelapa tua. Ia memotong nanas dan memasukkannya ke mesin tersebut. Hasil gilingan yang halus tersebut lalu diberikan kepada ibu yang memesan tadi.

Ini adalah tahun ke delapan ia berjualan nanas dan dibantu oleh tiga saudaranya.

"Biasanya memang jualan nanas di sini kalau bulan puasa, musiman aja. Kalau sehari-hari mah kerja serabutan," kata Rudi kepada IDN Times sambil mengupas nanas di Pasar Ciledug, Tangerang beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Meraup Cuan dari Bisnis Kue Kering Musiman

1. Akibat COVID-19, penjualan nanas ikut turun

Kisah Pedagang Nanas Musiman Bertahan dengan Omzet Rp3 Juta per MingguPedagang nanas di pasar Ciledug, Tangerang. (IDN Times/Shemi)

Selama bulan puasa, Rudi biasanya menjual 600-700 buah nanas dalam seminggu. Namun akibat pandemik sejak tahun lalu, penjualannya turun. Kini selama bulan puasa, ia hanya mampu menjual 200-300 buah dalam seminggu.

Namun angka tersebut masih cukup baik jika dibandingkan haru biasa di mana ia hanya bisa menjual 50 buah dalam sepekan. Tingginya penjualan nanas pada bulan puasa, kata Rudi karena banyak masyarakat yang mengolahnya untuk dijadikan kue nastar.

2. Raup omzet hingga Rp3 juta seminggu

Kisah Pedagang Nanas Musiman Bertahan dengan Omzet Rp3 Juta per MingguPedagang nanas di pasar Ciledug, Tangerang. (IDN Times/Shemi)

Rudi menjual nanas dengan harga mulai dari Rp8 ribu hingga Rp12 ribu per buah. Dengan penjualan per minggu 200 buah, setidaknya ia bisa mengantongi omzet Rp2 juta.

"Omzet Rp2 juta-Rp2,5 juta, gak lebih dari itu. Tapi kalau Sabtu-Minggu agak lebih sampai Rp3 juta," katanya. Namun sebelum COVID-19 atau pada tahun 2019, Rudi bisa membawa pulang omzet hingga Rp6 juta per minggu.

Baca Juga: Kisah Servantina Bunga Membangun Bisnis Fashion Muslim Shahia Hijab

3. Dibantu tiga saudaranya

Kisah Pedagang Nanas Musiman Bertahan dengan Omzet Rp3 Juta per MingguPedagang nanas di pasar Ciledug, Tangerang. (IDN Times/Shemi)

Saat bekerja, Rudi juga mengajak saudarnya berdagang. Kini ia hanya mengajak tiga saudaranya dari sebelumnya enam orang sebelum COVID-19. Ia mengaku tidak bisa bekerja sendirian saat bulan puasa karena tingginya permintaan dari masyarakat untuk buah yang kaya vitamin C ini.

"Paling banyak jual juga tergantung yang ngerjain. Kalau banyak orang bisa cepat, cepat habis juga. Kalau ini cuma 3 karyawan, saudara semua. Kalau sebelum COVID-19 ada 6-7 orang karena kejar target juga" ucap Rudi.

Baca Juga: Setahun yang Penuh Pasang Surut di Pasar Bunga Rawa Belong

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya