Comscore Tracker

Harus Cuan! Syarat Mudah Dapatkan Kredit Usaha Rakyat

Ada beberapa bank yang sudah siapkan pembiayaan ini

Jakarta, IDN Times - Ada kabar baik buat mereka yang tengah merintis usaha. Bagaimana tidak, Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi menambah batasan plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa jaminan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini program KUR tanpa jaminan batasan pinjamannya hanya di bawah Rp50 juta. Pemerintah memutuskan untuk menaikkan plafon KUR tanpa jaminan menjadi Rp100 juta.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo ini juga memberikan arahan agar kredit untuk UMKM diperbesar menjadi Rp20 miliar. Sebelumnya, program kredit usaha untuk UMKM itu sendiri sekitar Rp500 juta-Rp10 miliar.

Kamu juga bisa loh mendapatkan KUR dari beberapa bank pemerintah seperti BNI, BRI dan Mandiri. Apa saja syaratnya?

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Program KUR untuk Alumni Kartu Prakerja

1. Syarat KUR dari BNI

Harus Cuan! Syarat Mudah Dapatkan Kredit Usaha Rakyatbni.co.id

Untuk BNI, produk KUR yang akan kamu dapatkan adalah KUR Mikro dan KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia. Berikut sejumlah syaratnya dilansir dari laman BNI:

  1. Individu/perseorangan atau Badan usaha perorangan: minimal Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat atau surat ijin lainnya.
  2. Kualitas kredit bank dalam keadaan lancar
  3. Pengalaman di bidang usaha minimal 6 (enam) bulan.
  4. Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  5. Tidak sedang menerima kredit produktif dari Perbankan dan/atau tidak sedang menerima kredit program dari Pemerintah (kecuali KUR).

2. Bank Mandiri

Harus Cuan! Syarat Mudah Dapatkan Kredit Usaha RakyatANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Di Bank Mandiri terdapat KUR Mikro dan KUR Penempatan TKI yang tidak dipersyaratkan agunan tambahan. Berikut syaratnya:

KUR Mikro

  1. Calon Debitur/ Debitur tidak memiliki kredit atau
  2. Calon Penerima KUR Mikro dan Kecil dapat sedang menerima kredit/pembiayaan yaitu KUR pada penyalur yang sama, kredit kepemilikan rumah, kredit/leasing kendaraan bermotor, kartu kredit, dan resi gudang dengan kolektibilitas lancar.
  3. Dalam hal Calon Debitur/ Debitur masih memiliki baki debet Kredit Produktif dan/ atau Kredit Program di luar KUR tetapi yang bersangkutan telah melunasinya, maka diperlukan Surat Keterangan Lunas/ Roya dengan lampiran cetakan rekening Koran dari Bank Sebelumnya.
  4. Tidak masuk Daftar Hitam Nasional Penarik Cek dan/ atau Bilyet Giro Kosong.
  5. Usia Calon Debitur minimal 21 tahun atau sudah menikah (dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Akte Kelahiran/ Surat Kenal Lahir atau Kartu Keluarga (KK) atau Surat Nikah dari Instansi yang berwenang) dan saat kredit lunas usia maksimal 60 tahun.
  6. Mempunyai usaha produktif dan layak yang telah berjalan 6 (enam) bulan.

KUR Penempatan TKI

  1. Berusia minimal 21 tahun dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau akte kelahiran/ Surat Kenal Lahir dari instansi yang berwenang.
  2. Calon TKI dimungkinkan berusia minimal 18 tahun, namun harus menyerahkan Surat ijin dari suami/ istri/ orang tua/ wali untuk bekerja di luar negeri.
  3. Berdasarkan IDI – Bank Indonesia, calon debitur/ debitur tidak memiliki kredit atau mempunyai kredit dengan kolektibilitas seluruhnya Lancar dan tidak masuk Daftar Hitam Nasional Penarik Cek dan/atau Bilyet Giro Kosong.
  4. Memiliki perjanjian kerja/ kontrak kerja minimal 2 tahun dengan pengguna bagi TKI yang ditempatkan oleh PPTKIS, Pemerintah, atau TKI yang bekerja secara perseorangan.

Baca Juga: Yes! Plafon Kredit Usaha Rakyat Tanpa Jaminan Naik Jadi Rp100 Juta 

3. BRI

Harus Cuan! Syarat Mudah Dapatkan Kredit Usaha RakyatIDN Times/BRI

Sama seperti kedua bank lainnya, KUR di BRI diberikan untuk KUR Mikro dan KUR TKI. Berikut syaratnya:

  1. Individu (perorangan)
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  5. Persyaratan administrasi: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Baca Juga: Mau Dapat Kredit Usaha hingga Rp10 Juta Bunga Nol Persen? Gini Caranya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya