Comscore Tracker

Brand-nya Terpercaya, Ini Cara Mudah Daftar Franchise Indomaret

Tenang, gak sulit-sulit amat, kok

Jakarta, IDN Times - Toko kelontong adalah salah satu incaran masyarakat umum guna memenuhi kebutuhan pokoknya. Keberadaannya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Salah satu minimarket yang paling terkenal dan tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia adalah Indomaret.

Indomaret adalah jaringan minimarket waralaba pertama di Indonesia di bawah naungan perusahaan Salim Group. Karena sistem bisnis yang diterapkan waralaba atau franchise, Indomaret dapat dijadikan peluang usaha bagi masyarakat yang ingin bisnis franchise.

Untuk itu, IDN Times merangkum syarat dan tahapan untuk menjadi franchisee, yaitu pihak yang membayar atau membeli, meminjam hak dagangan atau merk dagangan beserta sistem usaha yang dimiliki pewaralaba. Berikut cara daftar franchise Indomaret.

1. Syarat yang harus dipenuhi

Brand-nya Terpercaya, Ini Cara Mudah Daftar Franchise Indomaret(Ilustrasi ketentuan dan syarat) Pixabay.com

Langkah yang harus dipenuhi sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia
  • Lokasi toko di area komersial dengan luas ideal 120-200 m2.
  • Kelengkapan izin usaha minimarket: IMB/IPB Ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP, dll.
  • Dana investasi dengan nilai estimasi Rp. 394 juta.
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret

2. Tahapan kerja sama yang harus dilalui

Brand-nya Terpercaya, Ini Cara Mudah Daftar Franchise IndomaretGoogle/ CC0 Public Domain

Sebagai permulaan, franchise harus melakukan presentasi pertama dengan menjabarkan usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung, seperti: Sertifikat Bagunan, IMB, KTP, KK, dan denah lokasi (jika sudah ada) SIUP, TDP, IUTM, STPW, NPWP, PKP, dan sebagainya. Selain itu, juga menjelaskan dengan detail mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

Selanjutnya, dalam presentasi kedua, franchise akan memaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi.

Setelah semua hal tersebut disepakati dan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya