Comscore Tracker

Kalah Persaingan, 4 Motor Yamaha Ini Dirupakan Masyarakat Indonesia

Ada yang sempat punya motornya, gak?

Jakarta, IDN Times - Tidak bisa dipungkiri bahwa di Indonesia terdapat dua jenama sepeda motor yang mendominasi pasar, yakni Honda dan Yamaha. Namun gak berarti semua motor yang dirilis dua pabrikan Jepang ini pasti laris manis.

Sebab ternyata ada beberapa motor Honda yang terpaksa disuntik mati karena gak laku. Beberapa motor Yamaha pun mengalami nasib serupa, yakni dihentikan penjualannya karena kurang diminati pasar.

Nah, berikut deretan motor Yamaha yang gagal bersaing dengan pabrikan lainnya sehingga berujung pada stop produksi.

1. Yamaha Force F1

Kalah Persaingan, 4 Motor Yamaha Ini Dirupakan Masyarakat IndonesiaYamaha Force F1 (bukalapak.com)

Yamaha pertama kali meluncurkan Force F1 pada tahun 2013 silam. Yamaha berniat ingin menembus pasar motor bebek low-end yang masih banyak peminatnya di tengah gempuran skuter matik.

Awalnya Yamaha Force F1 merupakan generasi penerus dari Vega yang sudah lebih dulu populer. Motor ini dilengkapi dengan teknologi injeksi dan tampilan yang sporty. Namun sayangnya, motor ini kurang laku di pasaran dan hanya berusia dua tahun saja hingga digantikan oleh Vega Force.

Baca Juga: Gagal Bersinar, 5 Motor Honda Ini Disuntik Mati 

2. Yamaha Lexam

Kalah Persaingan, 4 Motor Yamaha Ini Dirupakan Masyarakat IndonesiaYamaha Lexam (kaskus.co.id)

Yamaha Lexam bernasib sama dengan Honda Revo A/T yang berada di segmen bebek matic. Baik Yamaha maupun Honda, keduanya berinovasi menciptakan motor bebek dengan transmisi otomatis.

Sayangnya, pasar bebek matic tidak bisa diterima di pasar, sehingga usia motor ini hanya tiga tahun saja. Konsumen lebih memilih skuter matik karena lebih praktis dan efisien.

3. Yamaha Tiara S 120

Kalah Persaingan, 4 Motor Yamaha Ini Dirupakan Masyarakat IndonesiaYamaha Tiara S 120 (Youtube/Setia Motor)

Pada awal tahun 2000-an, model motor ayam jago sedang diminati pasar nasional. Untuk menyikapi permintaan pasar, Yamaha langsung memproduksi Tiara S 120 secara CBU (Completely Build Up).

Spesifikasi yang dihadirkan cukup gahar, yakni dengan mesin 2-tak berkapasias 119 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 17 PS per 7.500 rpm. Karena didatangkan secara CBU, banderolan Tiara S 120 cukup mahal.

Apalagi kondisi keuangan nasional saat itu baru bangkit dari krisis moneter. Tidak heran jika usia motor ini hanya sebentar saja.

4. Yamaha Xeon RC

Kalah Persaingan, 4 Motor Yamaha Ini Dirupakan Masyarakat IndonesiaYamaha Xeon RC (bukalapak.com)

Awalnya, Yamaha Xeon RC hadir untuk bersaing dengan Honda Vario 125. Namun kenyataannya, penjualan dari motor ini kalah jauh dari pesaingnya, bahkan di bawah Mio dan Soul GT. Banyak yang menilai jika Xeon RC boros bahan bakar, sehingga konsumen menghindari produk ini.

Baca Juga: Simulasi Kredit All Varian Honda PCX 160, Cicilan Teringan Rp1,2 Juta 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya