Comscore Tracker

Mungkin Ini Penyebab Motor Matic Kamu Mati Mendadak

Masalah ini yang bikin motor matic kamu mati mendadak

Jakarta, IDN TIMES - Apakah kamu pernah mengalami saat di mana motor matic kamu mati mendadak? Pasti sangat menyebalkan, bukan? Apalagi jika kamu sedang ada urusan yang penting.

Banyak faktor yang bisa membuat motor matic mati mendadak, berikut empat di antaranya. Cekidot, ya!

1. Karburator kemasukan air

Mungkin Ini Penyebab Motor Matic Kamu Mati MendadakOtomaniac.com

Nah, ini sering sekali terjadi saat hujan tiba. Bagi kamu yang pernah menerjang hujan lebat atau banjir, mungkin ini bisa menjadi penyebabnya. Air bisa masuk ke karburator melalui tali gas yang tutup karetnya sudah mulai rusak.

Ada cara menangkalnya, lho. Caranya, kamu harus menutup kran bensin yang mengarah ke karburator. Kemudian, kendurkan baut pembuangan bensin, maka air akan keluar bersamaan dengan sisa-sisa bensin. Setelah dirasa sudah tidak ada air, maka kencangkan kembali baut pembuangan bensin tadi.

Tapi masalah ini hanya terjadi pada skuter yang masih menggunakan karburator.

Baca Juga: Rekomendasi Helm Full Face, Merek-merek Ini Layak Dipertimbangkan

2. Kesalahan memilih bahan bakar

Mungkin Ini Penyebab Motor Matic Kamu Mati MendadakANTARA FOTO/Reno Esnir

Bensin merupakan sumber tenaga agar motor bisa dapat bekerja. Namun jika motor matic kamu tiba-tiba mati, bisa jadi penyebabnya adalah kesalahan dalam memilih jenis bensin.

Bensin dengan oktan yang rendah bisa menyebabkan penyumbatan pada klep karena banyaknya timbal yang lepas. Maka dari itu, gunakan bensin dengan oktan yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, motor yang mati mendadak juga bisa karena aliran bahan bakar yang tersumbat di area selang menuju karburator atau injeksi. Itulah pentingnya merawat motor secara keseluruhan, bukan hanya mesin saja, namun hingga komponen lain seperti tangki bahan bakar. 

3. Mesin overheat

Mungkin Ini Penyebab Motor Matic Kamu Mati MendadakIlustrasi service sepeda motor honda di bengkel AHASS (Dok. IDN Times)

Selanjutnya, ada kemungkinan mesin motor matic kamu mengalami overheat. Biasanya, ini terjadi karena sirukulasi oli dalam mesin tersumbat. Jadi, ring piston pun menjadi kering dan mesin akan mati. Untuk itu, kamu perlu mendiamkan sejenak hingga mesin benar-benar dingin. Setelah itu lepas busi dan masukkan oli yang baru untuk melumasi piston. Setelah selesai, coba nyalakan motor menggunakan starter electric.

4. Komponen pengapian lemah

Mungkin Ini Penyebab Motor Matic Kamu Mati Mendadakstartrescue.co.uk

Mungkin sistem pengapian motor kamu sudah lemah dan perlu diganti. Area ini meliputi busi, koil, dan CDI. Bagian pengapian berfungsi untuk membakar uap dari bahan bakar yang masuk ke area pembakaran. Jika bagian ini tidak berfungsi, maka otomatis motor tidak akan menyala.

Baca Juga: Deretan Motor Bekas di Bawah Rp17 Juta, Skuter Matic atau Sport?

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya