Comscore Tracker

Dari Lumba-lumba hingga Ayam Jago! Ini Metamorfosis Suzuki Satria

Satria pernah dibekali mesin 2 tak hingga 4 tak

Jakarta, IDN Times - Salah satu motor legendaris yang pernah berkibar di tanah air adalah Suzuki Satria. Motor satu ini bahkan pernah merajai pasar motor 'ayam jago' di Indonesia.

Honda pernah mencoba menggerus dominasi Satria dengan meluncurkan Sonic namun gagal. Sebab nama Suzuki Satria sudah terlanjur melegenda sejak versi 2 tak-nya.

Yup, Suzuki Satria memang tak ada lawan sampai datang gelombang skuter matik. Pelan tapi pasti pangsa pasar Satria tergerus oleh hadirnya skutik yang menawarkan kepraktisan berkendara.

Meski begitu bukan berarti Suzuki lantas menyuntik mati Satria. Motor ayam jago ini tetap eksis meski jalunya tak setajam dulu lagi.

Nah, berikut perkembangan motor Suzuki Satria dari waktu ke waktu.

1. Suzuki Satria 120 S

Dari Lumba-lumba hingga Ayam Jago! Ini Metamorfosis Suzuki Satriafjb.kaskus.co.id/Suzuki Satria 120 S

Dari segi tampilan, Suzuki Satria 120 S mirip motor bebek lain. Motor ini merupakan seri pertama Suzuki Satria dan belum menggunakan kopling. Suzuki Satria 120 S dilengkapi mesin basis RG Sport 110 berkapasitas 120 cc 2 tak berpendingin udara dengan sistem transmisi 5-percepatan. Motor ini sudah dibekali dengan chasis twinspar dan suspensi belakang monosok.

Baca Juga: 3 Motor Sport Suzuki Ini Dibanderol Mulai Rp26 Jutaan

2. Suzuki Satria 120 R "Lumba-lumba"

Dari Lumba-lumba hingga Ayam Jago! Ini Metamorfosis Suzuki Satriajualmotorbekas.com/satria 120r 2003

Memasuki generasi kedua, Suzuki menambakan kopling dengan transmisi manual 6-percepatan. Sistem gear-nya pun sudah mulai mengusung model sport. Dari segi tampilan, motor ini menggunakan stripping yang khas dengan dominasi warna biru. Suzuki Satria 120 R juga sudah menggunakan rem cakram. Motor ini sering disebut sebagai Satria Lumba-lumba.

3. Suzuki Satria 120 R LSCM

Dari Lumba-lumba hingga Ayam Jago! Ini Metamorfosis Suzuki Satriabukalapak.com/Satria 120 R LSCM

Suzuki Satria 120 R LSCM adalah generasi terakhir yang menggunakan mesin 2-tak. Selain mesinnya, motor ini juga mendapat pembaruan desain menjadi lebih sporty dan segar. Sektor panel instrumennya pun sudah menggunakan penunjuk putaran mesin atau takometer. Varian ini didatangkan langsung dari Suzuki Lion Malaysia secara CBU (Completely Built Up). Banyak biker yang menyebut motor ini dengan nama Satria Hiu.

4. Suzuki Satria F150

Dari Lumba-lumba hingga Ayam Jago! Ini Metamorfosis Suzuki Satriafjb.m.kaskus.co.id/Suzuki Satria F150

Suzuki mengubah total desain motor bebek ini yang terlihat lebih modern mengusung gaya motor sport fairing. Selain itu, penerapan suspensi teleskopik di bagian depan juga terlihat ciamik.

Motor ini juga sudah menggunakan mesin 4-tak berkapasitas 147,3 cc DOHC berpendingin cairan 6-percepatan. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 16 dk per 9.500 rpm dan torsi sebesar 12,7 Nm per 8.500 rpm.

Motor ini merupakan CBU dari Thailand. Baru pada seri F150 selanjutnya (2007), PT Suzuki Indomobil Sales merakit motor ini secara  CKD (Completely Knock Down).

Spesifikasi mesinnya masih sama, dengan penambahan fitur electric starter dan tombol Suzuki Drive Mode untuk eco riding yang bisa disetel sesuai gaya berkendara kamu. Bentuk motor ini juga berubah lebih ramping dan ergonomis.

Satria generasi ini kerap disebut Satria Ayam Jago karena desainnya memang mirip ayam jago.

5. All New Suzuki Satria F150 FI

Dari Lumba-lumba hingga Ayam Jago! Ini Metamorfosis Suzuki Satriasuzuki-motor.id

Pada tahun 2016, PT SIS meluncurkan Suzuk Satria F150 FI untuk menghadapi Honda Sonic 150R yang diluncurkan satu tahun sebelumnya. Motor ini adalah seri paling modern dari Satria, karena sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi, headlamp LED, dan speedometer digital.

Selain itu, untuk varian Black Edition sudah dilengkapi dengan USB Charger dan Alarm System. Motor ini bisa menghasilkan tenaga hingga 18,3 dk per 10.000 rpm dan torsi sebesar 13,8 Nm per 8.500 rpm. Suzuki All New Satria F150 FI dibanderol mulai dari Rp26, 7 juta.

Baca Juga: 3 Pilihan Motor Suzuki Termurah di Indonesia, Tertarik?

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya