Comscore Tracker

Ini Tips Berburu Sepeda Bekas, Biar Gak Amsyong

Biar bekas asal berkelas

Jakarta, IDN Times - Saat ini banyak sekali sepeda berkualitas bagus yang bisa kamu ditemui di pasaran. Tapi, tentu saja, sepeda bagus ada harganya. Semakin bagus, semakin tinggi pula banderolnya.

Tapi jangan cemas. Sebab kamu bisa membeli sepeda berkualitas bagus dengan harga relatif murah. Caranya, beli sepeda bekas. Harga sepeda bekas pastinya lebih murah dari sepeda baru, kan?

Nah, berikut beberapa tips membeli sepeda bekas berkualitas dengan harga terbaik!

1. Tentukan jenis sepeda yang kamu butuhkan, setelah itu alokasikan dana

Ini Tips Berburu Sepeda Bekas, Biar Gak AmsyongIlustrasi penjual sepeda di Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan (IDN Times/Vanny El-Rahman)

Sebelum berburu sepeda bekas, sebaiknya cari tahu dulu sepeda jenis apa yang kamu butuhkan. Ada banyak jenis sepeda yang bisa kamu pilih, seperti MTB, road bike, BMX, sepeda lipat, hingga sepeda listrik. Masing-masing sepeda tersebut diciptakan dengan fungsinya masing-masing.

So, riset dulu jenis-jenis sepeda tersebut. Riset di sini termasuk mencari tahu ukuran roda, bahan rangka, hingga drivetrain yang digunakan. Setelah itu baru deh tentukan berapa dana yang akan kamu alokasikan untuk memburu sepeda tersebut.

Baca Juga: Unik Banget, Desain Sepeda-sepeda Ini Bikin Geleng Kepala   

2. Bisa berburu sepeda bekas secara online

Ini Tips Berburu Sepeda Bekas, Biar Gak Amsyongolx.co.id

Cari sepeda bekas lewat medium yang terpercaya. Kamu bisa mencarinya melalui situs jual beli daring seperti OLX. Selain itu lewat perantara medium daring, pesepeda juga bisa meminta referensi kepada teman bersepeda lain yang mengetahui informasi penjualan sepeda bekas.

Ketika mencari sepeda di situs jual beli daring, selalu periksa informasi tentang penjual. Pesepeda bisa melihat rekam jejak transaksi penjual. Hubungi penjual dan tanyakan informasi-informasi tentang sepeda, seperti servis rutin, ke mana biasanya sepeda dikendarai, kapan dibelinya, dan lain-lain.

Jika jawaban yang diberikan tidak meyakinkan, pertimbangkan lagi pilihanmu atau cari penjual lain.

3. Usahakan bertemu langsung dengan penjual untuk mengeksplor sepeda incaranmu

Ini Tips Berburu Sepeda Bekas, Biar Gak Amsyongblog.mapmyrun.com

Usahakan untuk selalu bertemu langsung dengan penjual. Dengan demikian, kita bisa mengetahui apakah jawaban penjual atas pertanyaan yang diajukan sesuai.

Jika bertemu langsung, kita punya kesempatan untuk langsung mencoba dan menentukan apakah sepeda tersebut memang yang terbaik. Bertemu langsung juga memberikan kita keleluasaan untuk mengecek kondisi sepeda.

Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan jika bertemu dengan penjual, ya. Sebab kamu ingin membeli sepeda tanpa terinfeksi virus corona, kan?

4. Cek kondisi keseluruhan

Ini Tips Berburu Sepeda Bekas, Biar Gak AmsyongIDN Times/Larasati Rey

Pastikan memeriksa sepeda secara menyeluruh. Perhatikan apakah ada kerusakan, terutama pada rangkanya. Keretakan pada rangka bisa menjadi masalah, terutama di sekitar seatpost dan rear stay.

Komponen yang harus diperiksa adalah:

  • Retakan pada rangka hingga braket bawah.
  • Keausan parah pada ban hingga
    bantalan rem.
  • Rantai dan kaset tidak berkarat atau
    meregang.
  • Rem dan perpindahan gigi bekerja dengan baik.
  • Bearing bergerak tanpa rasa terhambat, ini
    termasuk bearing di headset, braket bawah,
    hingga roda.
  • Periksa apakah ada kerusakan pada
    suspensi

So, sudah siap berburu sepeda?

Baca Juga: Tips Membeli Tas Pannier Sepeda, Wajib Dibawa Saat Touring Sepeda 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya