Comscore Tracker

Jadi Motor Bergengsi, Intip 5 Tips Jitu Merawat Vespa biar Tetap Sehat

Perhatikan hal-hal detail dalam merawatnya!

Jakarta, IDN Times – Kendaraan bermorot, tak terkecuali skuter macam Vespa, tidak baik jika terlalu lama disimpan di garasi. Namun, bagaimana lagi, motor pabrikan Italia itu sering terparkir karena penggunanya keseringan berada di rumah selama masa pandemik COVID-19.

Nah, supaya Vespamu tetap jos meskipun tidak digunakan, berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Selalu simpan Vespa dalam kondisi bersih

Jadi Motor Bergengsi, Intip 5 Tips Jitu Merawat Vespa biar Tetap SehatIDN Times/Yohanes Nugroho

Simpanlah Vespa dalam kondisi bersih. Selain akan lebih enak dipandang, rajin mencuci Vespa juga bisa memperkecil kemungkinan munculnya karat.

Selain itu, rajin mencuci Vespa juga akan memperkecil kemungkinan terpapar virus corona. Sebab, menurut WHO, virus corona memiliki daya tahan hidup dengan jangka waktu tertentu pada material permukaannya.

Karena itu sangat penting untuk selalu memperhatikan kebersihan Vespa setiap saat.

Baca Juga: Kisah Berliku Lambretta, Kembalinya Legenda Skuter Pesaing Vespa 

2. Gunakan kain yang tepat saat mencuci

Jadi Motor Bergengsi, Intip 5 Tips Jitu Merawat Vespa biar Tetap SehatIDN Times/Yohanes Nugroho

Mencuci Vespa gak boleh asal cuci ya gaes. Gunakan wash mitt atau kain berserat mikro (microfiber) agar tidak menyebabkan goresan pada bodi.

Membilas juga harus dilakukan secara perlahan, dimulai dari bagian atas lalu ke bawah. Pastikan kamu menggunakan air bersih.

Selanjutnya bersihkan bagian permukaan mesin, knalpot dan roda. Hati-hati pada bagian kelistrikan. Setelah itu keringkan Vespa dengan cara dijemur atau diangin-anginkan.

3. Cek kondisi ban

Jadi Motor Bergengsi, Intip 5 Tips Jitu Merawat Vespa biar Tetap SehatIDN Times/Yohanes Nugroho

Masalah umum yang sering terjadi pada kendaraan yang tidak digunakan dalam waktu lama adalah ban. Untuk meminimalisir permasalahan pada ban, sebaiknya gunakan standar tengah selama Vespa tersebut disimpan.

Selain itu gunakan alas untuk roda depan. Ini penting untuk menjaga tekanan anginnya tetap stabil. Tips lain hindari paparan langsung sinar matahari. Sebab motor yang terjemur telalu lama bisa menyebabkan catnya kusam dan ban menjadi getas.

4. Panaskan Vespa secara rutin

Jadi Motor Bergengsi, Intip 5 Tips Jitu Merawat Vespa biar Tetap SehatDok. IDN Times/Istimewa

Jangan lupa untuk secara rutin memanaskan Vespa. Lama pemanasan sekitar 5 menit untuk membuat oli bersirkulasi agar bagian dalam mesin terhindar dari karat. Vespa perlu dipanaskan setidaknya dua kali seminggu.

5. Cabut aki jika Vespa tidak dipakai dalam waktu yang lama

Jadi Motor Bergengsi, Intip 5 Tips Jitu Merawat Vespa biar Tetap SehatIDN Times/Yohanes Nugroho

Jika Vespa tidak digunakan dalam waktu sebulan, sebaiknya cabutlah aki agar tidak kehabisan strum. Caranya cabutlah bagian kepala aki bagian negatif. Cara ini bisa membuatmu terhindar dari masalah aki soak. So, gampang, kan?

Baca Juga: 5 Tips Penting Buat Kamu yang Ingin Membeli Vespa Tua

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya