Comscore Tracker

Tetap Sabar, Ini 3 Cara Menghadapi Pengendara Motor Nyebelin di Jalan

Kunci utamanya tetap sabar

Jakarta, IDN Times - Di antara banyaknya kejadian di jalan raya, salah satu hal yang paling ngeselin adalah ketika kita harus bertemu dengan pengendara yang slebor. Selain suka kebut-kebutan, ciri pengnedara satu ini sering membunyikan klakson di tengah kemacetan, memotong jalan pengendara lain secara mendadak, atau secara sengaja memepet kendaraanmu.

Pengendara tersebut seolah ingin membuat keributan, meski dengan alasan yang tidak jelas. Memang butuh kesabaran ekstra untuk menghadapi spesies model begini di jalanan, apalagi ketika cuaca sedang panas. Tapi kalau menurutkan emosi, bisa jadi kamu yang merugi.

Nah, berikut tiga tip menghadapi pengendara agresif di jalan raya.

1. Jangan terpancing

Tetap Sabar, Ini 3 Cara Menghadapi Pengendara Motor Nyebelin di JalanANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Tip pertama yang harus kamu lakukan saat menemui pengendara jenis ini adalah jangan terpancing dengan kelakuannya. Sebab bisa merugikanmu sendiri. Kalau kamu sampai terpancing, bisa-bisa kamu terlibat persoalan yang sebenarnya bukan persoalanmu.

Siapa yang rugi kalau sudah begitu? Ya kamu sendiri. So, jangan terpancing. Biarkan dia dengan persoalannya sendiri.  

Baca Juga: Mau Mudik Jangan Naik Skuter Matik, Ini 3 Alasannya

2. Jaga jarak

Tetap Sabar, Ini 3 Cara Menghadapi Pengendara Motor Nyebelin di Jalanpexels/Skitterphoto

Agar tidak terpancing, kamu bisa menjaga jarak dengan pengendara tersebut. Jika ia ingin menyalipmu, berikan ruang agar dia bisa melewatimu.

Setelah ia menyalip, jangan mengejarnya. Karena itu berarti kamu sudah terpancing. Menarik nafas panjang akan membantu melepaskan emosi.

3. Laporkan saja

Tetap Sabar, Ini 3 Cara Menghadapi Pengendara Motor Nyebelin di JalanUnplash/Fikri Rasyid

Jika pengendara tersebut kamu anggap bisa membahayakan pengendara lain, kamu bisa melaporkannya ke polisi. Catat nomor kendaraannya lalu laporkan.

Jika kendaraan tersebut milik instansi tertentu, kamu bisa melaporkan ke instansi tersebut dengan menyertai kronologinya.

Tetap waspada dan tetap waras di jalan ya.

Baca Juga: Yuk, Tebak Karakter Cowokmu dari Motor Pilihannya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya