Comscore Tracker

Segera Hindari, Ini 5 Kebiasaan Pengendara Motor yang Bisa Ancam Nyawa

Jangan dilakukan, ya

Jakarta, IDN Times - Bagaimana pun, sepeda motor punya banyak keunggulan ketimbang kendaraan roda empat. Misalnya, lebih lincah di jalanan, lebih mengatasi kemacetan, hingga dapat mengakses gang-gang sempit. Namun risiko naik sepeda motor juga lebih besar dibandingkan mobil.

Karena itu para biker harus ekstra waspada. Nah, berikut 5 kebiasaan sepele saat  berkendara namun bisa berakibat fatal jika terjadi kecelakaan.

1. Naik motor memakai sandal jepit

Segera Hindari, Ini 5 Kebiasaan Pengendara Motor yang Bisa Ancam NyawaUnsplash/Journey Man

Pakai sandal jepit memang praktis. Tapi jangan pernah naik motor dengan hanya menggunakan sandal jepit. Sebab sangat berbahaya.

Sebab, jika terjadi kecelakaan, maka kaki yang tidak terlindung akan langsung terbentur jalan. Akibatnya kamu bisa bayangkan sendiri.

Baca Juga: Naik Sepeda Motor Sambil Merokok, Ada Sanksi Hukumnya Lho!

2. Tidak memakai jaket

Segera Hindari, Ini 5 Kebiasaan Pengendara Motor yang Bisa Ancam NyawaUnsplash/Welch

Banyak yang beranggapan memakai jaket akan membuat gerah. Padahal, memakai motor tanpa jaket justru berbahaya. Sebab jaket tidak hanya melindungi badanmu dari terpaan angin dan terik sinar matahari, tapi juga bisa menyelamatkanmu dari cedera parah jika terjadi kecelakaan.

3. Memainkan ponsel saat mengendarai motor

Segera Hindari, Ini 5 Kebiasaan Pengendara Motor yang Bisa Ancam NyawaUsplash/AdityaChinchure

Kebiasaan memainkan telepon saat mengendarai sepeda motor bisa berakibat fatal, loh. Sebab konsentrasi akan terbelah. Kalau sudah begitu, risiko mengalami kecelakaan akan semakin besar.

Karena itu, jika terpaksa harus menerima atau menelepon, sebaiknya menepi terlebih dahulu. Lebih baik kamu terlambat beberapa menit dari pada celaka.

4. Memakai helm tapi tidak menguncinya

Segera Hindari, Ini 5 Kebiasaan Pengendara Motor yang Bisa Ancam NyawaUsplash/Fredrick Suwandi

Memakai helm itu penting, tapi jangan lupa untuk menguncinya. Ini penting agar helm tidak terlepas dari kepalamu jika terjadi kecelakaan.

Tentu saja, tidak seorang pun ingin mengalami kecelakaan. Namun tidak ada salahnya mengunci helm agar terhindar dari akibat fatal kecelakaan.

5. Melepas spion sepeda motor

Segera Hindari, Ini 5 Kebiasaan Pengendara Motor yang Bisa Ancam NyawaIDN Times/Dwi Agustiar

Satu kebiasaan yang sering dilakukan pengendara sepeda motor adalah menekuk atau melepas spion. Alasan saat menyalip spion tidak menyangkut di kendaraan lain.

Padahal, tanpa spion, seorang pengendara tidak akan bisa melihat situasi di belakangnya. Kalau sudah begitu, risiko kecelakaan akan lebih besar.

Baca Juga: Suzuki Bakal Rilis Motor Dual Purpose DR150? Begini Penampakkannya

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya