Comscore Tracker

Gunakan Mercedes-Benz S600 Guard! Ini Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi

Tetap nyaman meski dilempar granat!

Jakarta, IDN Times – Presiden Joko Widodo dipastikan akan mendapat dinas baru, yakni Mercedes-Benz S 600 Guard. Mobil anyar ini akan menggantikan seri S-Guard yang selama ini dipakai Jokowi (Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard).

“Berdasarkan informasi yang saya terima, sudah dilakukan prosesnya dan mungkin akhir tahun kendaraan itu sudah dapat diterima,” ungkap Heru Budi Hartono selaku Kepala Sekretariat Presiden dikutip dari Antara, Jumat (23/8).

Mercedes-Benz S 600 Guard memang diperuntukkan untuk para pemimpin negara di berbagai belahan dunia. Karena itu mobil ini memiliki kecanggihan luar biasa yang jarang, bahkan tidak dimiliki kendaraan lainnya.

Apa saja ya sih kelebihannya?

1. Spesifikasi mesin layaknya mobil sport

Gunakan Mercedes-Benz S600 Guard! Ini Mobil Dinas Baru Presiden Jokowidaimler.com

Mercedes-Benz S 600 Guard ini memiliki dapur pacu layaknya mobil balap, yakni mesin 12 silinder DOHC Direct Injection berkapasitas 5.500cc dengan tenaga maksimum mencapai 530hp bertorsi 830Nm. Mesin ini mampu melaju hingga kecepatan 210km/jam (batas yang diberikan pabrik).

Bisa disimpulkan, sebenarnya mobil ini bisa melaju hingga kecepatan yang lebih cepat ya, bila saja tidak diberi batas kecepatan dari Daimler, selaku produsennya.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Sedan Sering Dipakai Sebagai Mobil Presiden

2. Antipeluru dan tahan granat

Gunakan Mercedes-Benz S600 Guard! Ini Mobil Dinas Baru Presiden Jokowidaimler.com

Mercedes-Benz S 600 Guard sudah dirancang dengan spesifikasi tingkat ketahanan B4 hingga B6/B7, yang merupakan standarisasi keamanan di Eropa dan sudah diuji dan disertifikasi oleh organisasi ternama yang diakui di berbagai negara.

B4 adalah tingkat ketahanan yang membuat mobil mampu menerima serbuan peluru berkaliber besar, yakni 7,62mm yang setara dengan senapan mesin. Sedangkan tingkat ketahanan B6/B7 membuat mobil ini mampu menahan ledakan dari granat dan bahan peledak lainnya.

Karena anti peluru, maka ban mobil juga menggunakan jenis run flat, yang akan mampu menopang berat mobil sehingga masih bisa berjalan dalam jarak cukup jauh meskipun ban sudah bocor atau rusak.

3. Tangki bensin pun juga tak bisa ditembus peluru

Gunakan Mercedes-Benz S600 Guard! Ini Mobil Dinas Baru Presiden Jokowidaimler.com

Tak hanya bagian bodi, bahkan hingga kebagian bawah, tangki bensin S 600 Guard ini juga didesain untuk kuat dalam setiap kondisi.

Apabila tangki terkena serangan peluru, akan ada sistem self sealing yang mampu membuatnya untuk menutup goresan secara otomatis hingga mengurangi kebocoran pada bensin yang akan berakibat pada ledakan fatal.

4. Interior tetap nyaman

Gunakan Mercedes-Benz S600 Guard! Ini Mobil Dinas Baru Presiden Jokowidaimler.com

Meski bagian luarnya memiliki ketahanan dan spesifikasi layaknya mobil militer, untuk bagian interiornya justru berbanding tebalik.

Mengusung nama Maybach dan didesain khusus untuk kalangan VVIP, mobil ini memiliki interior yang sangat nyaman, dengan desain yang sangat nikmat dipandang mata. Bertabur lapisan kulit pada jok dan trim pada pintu, yang berbalut warna putih membuatnya semakin elegan.

Meski hanya memiliki 4 kursi karena mobil ini lebih pendek dibandingkan mobil kepresidenan yang dulu, dua di belakang dan dua di bagian depan, Mercedes-Benz S 600 Guard tetap memiliki ruang geraknya pun cukup besar dan nyaman.

Karena Mercedes ini juga masuk ke dalam jejeran Maybach, sudah pasti kursinya akan ada pemijat otomatis yang membuat perjalanan semakin nyaman.

5. Harganya fantastis

Gunakan Mercedes-Benz S600 Guard! Ini Mobil Dinas Baru Presiden Jokowidaimler.com

Ketika diperkenalkan oleh Mercedes pada tahun 2016, sebenarnya mobil ini juga bisa dipesan oleh umum, dan dibanderol dengan harga Rp 7,5 miliar, belum termasuk dengan berbagai personalisasi seperti modifikasi anti peluru dan lainnya pada mobil ini.

Baca Juga: "SBY Gunakan Mobil Presiden karena Negara Belum Penuhi Aturan"

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You