Comscore Tracker

Sudah Banyak Memakan Korban, Ini 4 Sirkuit Paling Ditakuti Pembalap

Ada yang menelan sampai 200 korban jiwa!

Jakarta, IDN Times – Dunia balap sepertinya memang tak pernah bisa lepas dari kecelakaan. Berbagai insiden kerap terjadi di sirkuit, mulai dari pembalap yang tergelincir hingga tabrakan fatal yang berakibat tragis.

Banyak faktor penyebab kecelakaan, salah satunya adalah sirkuit. Nah, berikut beberapa sirkuit di dunia yang terkenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi sehingga kerap menjadi penyebab kecelakaan.

1. Sirkuit Nurburgring

Sudah Banyak Memakan Korban, Ini 4 Sirkuit Paling Ditakuti Pembalapracefans.com

Sirkuit Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling terkenal di kalangan pencinta otomotif. Nama Nurburgring sendiri diambil dari nama daerah di Jerman, Nurburg. Sirkuit ini dikenal sebagai ‘The Green Hell’ atau neraka hijau karena total ukurannya yang sangat panjang dan luas dikelilingi pepohonan, dengan lintasan penuh tanjakan dan turunan serta tikungan-tikungan tajam berjumlah 154.

Sebutan neraka ini juga diperkuat karena tercatat telah menyebabkan banyak kecelakaan dan memakan korban sebanyak 68 nyawa. Yang terakhir adalah Leo Lowenstein sebagai pembalap endurance atau daya tahan yang meninggal di tahun 2010.

Baca Juga: Salip Marquez di Tikungan Terakhir, Alex Rins Juara MotoGP Inggris

2. Autodrome Nazionale Monza

Sudah Banyak Memakan Korban, Ini 4 Sirkuit Paling Ditakuti Pembalapturismo.monza.it

Biasa disebut sebagai sirkuit Monza, merupakan sirkuit yang dibangun di Itali dan dibuka sejak 1922. Sirkuit ini menadpat julukan sebagai ‘sirkuit tercepat’ karena desainnya yang lebih banyak trek lurus dengan tikungan yang tidak terlalu tajam. Hal ini lah yang membuat sirkuit ini agak ditakuti dan tercatat telah menelan korban jiwa sebanyak 42 pembalap.

3. Rally Dakar

Sudah Banyak Memakan Korban, Ini 4 Sirkuit Paling Ditakuti Pembalapautosport.com

Berbeda dari sirkuit-sirkuit lainnya, yang satu ini merupakan ajang balap Rally yang berarti memiliki sirkuit di tempat umum dan di area jalanan yang mayoritas tidak terbuat dari aspal, melainkan tanah atau lumpur. Lokasinya pun selalu berubah-ubah.

Rally Dakar dianggap sebagai salah satu ajang Rally yang cukup menakutkan, karena beberapa lokasi balap yang digunakan cenderung panas, kering, dan gersang, digabung dengan waktu balapan yang cukup panjang atau lintasan yang sangat panjang (800 – 900 kilometer) telah memakan korban jiwa lebih dari 40 orang.

4. Isle of Man

Sudah Banyak Memakan Korban, Ini 4 Sirkuit Paling Ditakuti Pembalapautosport.com

Berlokasi di salah satu pulau bernama Isle of Man, sirkuit yang juga dikenal dengan nama Isle of Man TT Mountain Course yang merupakan salah satu sirkuit yang dibangun di tempat umum, istiahnya semi permanen yang bisa digunakan kembali sebagai jalan umum, dan akan ditutup saat akan ada ajang balap.

Sirkuit Isle of Man ini lebih banyak digunakan untuk satu jenis balapan, yakni balap motor, namun beberapa kali juga digunakan untuk balap mobil dan sepeda. Isle of Man sering dianggap menakutkan karena lebar lintasan yang terlalu sempit dan dikelilingi rumah warga sehingga akan menyebabkan luka fatal apabila terjadi kecelakaan.

Di antara sirkuit balap lainnya, Isle of Man TT Mountain Course adalah yang paling menyeramkan dan bisa dibilang sadis. Tercatat sirkuit ini telah menelan sebanyak 200 pembalap hingga saat ini.

Baca Juga: Kabut Asap Hantui Singapura, Balapan Formula 1 Terancam Batal

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You