Comscore Tracker

Biar Semakin Mulus! Ini 4 Cara Menghilangkan Goresan di Bodi Mobil 

Bisa menggunakan barang sehari-hari.

Jakarta, IDN Times – Mobil dengan bodi mulus adalah idaman setiap orang. Namun akibat pemakaian biasanya bodi akan dihiasi oleh goresan, baik kecil sampai goresan yang cukup besar. Ini tentu sangat membuat kesal karena selain membuat mobil terlihat tidak menarik, juga akan menjatuhkan harga jual.

Untuk mengurangi kekesalanmu terhadap hal ini, ada baiknya kamu memerhatikan beberapa tips untuk menghilangkan goresan pada mobil berikut ini.

1. Gunakan air dan lap basah

Biar Semakin Mulus! Ini 4 Cara Menghilangkan Goresan di Bodi Mobil bobsails.com

Cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan, serta dapat berguna untuk menghilangkan goresan kecil yang disebabkan oleh lumpur atau pasir.

Untuk menghilangkan goresan, cukup menyiramkan air ke bagian bodi yang ada goresan kemudian dilap perlahan menggunakan lap basah, namun lebih disarankan dengan kain berbahan lembut seperti kain mikrofiber.

Baca Juga: Perlukah Coating Cat Mobil? Ini 4 Kelebihannya

2. Gunakan kompon

Biar Semakin Mulus! Ini 4 Cara Menghilangkan Goresan di Bodi Mobil theautowarehouse.com

Cara ini juga cukup mudah, namun pengerjaannya memerlukan lebih tenaga dibandingkan dengan menghilangkan goresan akibat lumpur tadi.

Sebelum dilap menggunakan kompon, sebaiknya mobil harus dicuci terlebih dahulu dan pastikan dalam kondisi yang cukup bersih, dan setelah dicuci tunggu atau dilap sampai kering.

Setelahnya, oleskan cairan kompon pada bagian yang terdapat goresan, dan diusap dengan sedikit tenaga secara perlahan menggunakan kain mikrofiber sampai goresan menghilang.

3. Gunakan scratch remover

Biar Semakin Mulus! Ini 4 Cara Menghilangkan Goresan di Bodi Mobil autoexpress.co.uk

Dengan cara ini, dijamin goresan pasti hilang asalkan bukan goresan yang dalam sampai terlihat penyok. Yap, dengan cairan khusus yang dinamakan scratch remover yang bisa didapatkan dengan mudah di toko aksesoris mobil.

Sama seperti saat mengunakan kompon atau bahan lainnya, pertama harus mengoleskan dulu cairan ini, dan setelahnya dilap dengan kain mikrofiber. Bedanya dengan bahan lain, mungkin kamu hanya memerlukan lima kali pengusapan dan goresan akan hilang.

3. Bisa juga dengan pasta gigi atau obat nyamuk cair

Biar Semakin Mulus! Ini 4 Cara Menghilangkan Goresan di Bodi Mobil youtube.com

Cara ini lebih baik dilakukan saat terdesak saja, saat tidak memiliki atau sulit mendapatkan kompon atau cairan khusus untuk menghilangkan goresan.

Pertama, oles dulu pasta gigi atau obat nyamuk ke bagian mobil yang terdapat goresan, dan diamkan selama 10 – 20 detik, kemudian basahkan dengan air dan diusap dengan kain mikrofiber secara perlahan. Lakukan berulang sampai goresan hilang.

Tapi perlu diingat, cara ini hanya dalam keadaan darurat karena pasta gigi atau obat nyamuk memiliki zat yang sangat tidak cocok untuk cat yang bila digunakan terlalu sering dapat menyebabkan lapisan cat atau pernis terkikis dan cat akan rusak.

Baca Juga: Ganti Cat Mobil dengan Stiker 3M, Ini Keuntungannya

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You