Comscore Tracker

Toyota Century, Mobil Jepang Termewah yang Pernah Eksis! 

Mobil ini dirakit layaknya karya seni

Jakarta, IDN Times - Setiap pabrikan otomotif biasanya punya produk unggulan yang jadi flagship mereka. BMW misalnya punya seri 7 dan Mercedes Benz punya S-Class. Sementara Toyota punya Century.

Century adalah mobil terelite yang pernah diproduksi Toyota. Tak banyak orang bisa memiliki mobil ini. Sebab, selain harganya yang sangat mahal, mobil ini juga hanya diproduksi dengan jumlah yang sangat terbatas.

FYI, mobil ini dibanderol sekitar 19,6 juta yen atau Rp2,8 miliar. Di Jepang sendiri tak sembarangan orang bisa memilikinya.

So, kamu gak akan menemukan Century di dealer-dealer Toyota. Sebab Toyota Indonesia memang tidak menjualnya. Tapi Toyota Century bisa kamu beli melalui importir umum Prestige Motorcars.

Nah, berikut keunikan mobil Toyota Century yang harus kamu tahu.

1. Diproduksi bagaikan karya seni

Toyota Century, Mobil Jepang Termewah yang Pernah Eksis! Toyota Century (paultan.org)

Menurut Global Toyota, mobil Toyota Century generasi pertama diproduksi pada 1967 hingga 1997 dengan mesin V8/3L All-Alumunium. Kemudian generasi kedua diproduksi dari tahun 1997 hingga 2017 dengan pembaruan mesin V12/5L yang didesain untuk mobil penumpang.

Sedangkan generasi ketiga mulai produksi pada tahun 2018 dengan V8/5L berteknologi HEV yang ramah lingkungan. Desain dari ketiga generasi ini tidak berubah dari tahun 1967, karena Toyota ingin kendaraan ini menampilkan sebuah 'kesuksesan'.

Pabrik tempat produksi Toyota Century diketahui berbeda dengan mobil Toyota lainnya. Lokasinya berada di Higashi-Fuji, tempat dimana pengerajin yang sangat terampil dan terlatih merakit sebuah mobil bagaikan karya seni yang spektakuler.

Baca Juga: 50 Tahun Toyota di Indonesia, Ini 5 Fakta Unik di Balik Toyota Kijang

2. Dirakit menggunakan metode kichomen

Toyota Century, Mobil Jepang Termewah yang Pernah Eksis! Toyota Century (wikipedia.org)

Proses produksi Toyota Century tidak boleh sembarangan, karena harus melalui tahap stamping, bodi, pengecatan, perakitan, dan inspeksi. Salah satu ciri khas dari mobil ini adalah garis yang membentang di kedua sisinya.

Bagian ini dibentuk menggunakan metode talang tradisional yang bernama kichomen, yaitu melakukan pekerjaan secara akurat dan hati-hati. Garis kichomen ini harus serasi dari bagian depan hingga bagian belakang. Semua dirakit dengan sangat perlahan dan teliti agar mobil terlihat sempurna saat selesai dibangun.

3. Semua pekerjaan dilakukan menggunakan tangan

Toyota Century, Mobil Jepang Termewah yang Pernah Eksis! Toyota Century (global.toyota.com)

Tidak hanya bagian eksterior saja, bagian interior Toyota Century juga dirakit menggunakan tangan. Untuk memasang konsol yang terletak di kursi depan saja butuh ketepatan tangan yang mumpuni.

Ini tidak berdasarkan perhitungan angka, tetapi harus berasal dari ketepatan indera sang perakit mobil. Toyota menyebutnya dengan kan-kotsu  atau intuisi dan keterampilan. Karenanya, proses produksi Toyota Century memakan waktu dan perhatian khusus.

4. Spesifikasi dan fitur melimpah

Toyota Century, Mobil Jepang Termewah yang Pernah Eksis! Toyota Century (paultan.org)

Mobil ini memiliki kabin yang mewah, dimana bagian belakangnya hanya terdapat dua kursi penumpang dengan ruangan yang luas. Untuk memanjakan penumpang, mobil ini sudah tersedia layar 11,6 inchi dengan 20 speaker audio.

Selain itu, terdapat pula panel layar sentuh 7 inchi pada sandaran tengah bangku belakang untuk mengendalikan fitur pijat kursi, tirai, AC, dan sistem suara.

Untuk urusan performa, mobil ini dibekali mesin hybrid V8 5.0 liter yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 381 PS atau setara dengan 367 tenaga kuda dan torsi sebesar 510 Nm yang dibantu dengan tenaga dari motor listrik sebesar 225 PS dan dan 300 NM.

So, gak berlebihan jika mobil ini jadi flagship Toyota, kan?

Baca Juga: Fakta Menarik Toyota Starlet, Si Mungil Legendaris

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya