Comscore Tracker

Awalnya Hatchback, Intip Jalan Panjang Honda Civic hingga Bisa Eksis

Performa Civic dianggap oke dengan bensin yang irit

Jakarta, IDN Times - Di antara mobil pabrikan Honda lainnya, Civic bisa dibilang eksis sebagai kartu truf mereka. Pabrikan asal Jepang ini sempat terseok-seok saat pertama kali terjun ke dunia roda empat. Namun keberuntungan mereka berubah saat melahirkan Civic pada 1972.

Desain simpel namun anggun serta ketangguhan sekaligus ketahanan mesin yang di atas rata-rata membuat Civic langsung menjadi primadona. Bahkan hingga beberapa generasi kemudian. Berikut revolusi Honda Civic dari masa ke masa.

1. Honda Civic lahir pada 1972

Awalnya Hatchback, Intip Jalan Panjang Honda Civic hingga Bisa EksisHonda Civic 1972 (global.honda)

Peluncuran Honda Civic generasi pertama bertepatan dengan krisis minyak bumi yang melanda dunia. Honda Civic dinilai sebagai mobil yang irit bahan bakar, sehingga menjadi incaraan masyarakat disaat sedang kekurangan pasokan BBM.

Hal ini berkat teknologi Compound Vortex Controlled Cobustion (CVCC) dan sistem pembakaran lean combustion, dimana udara lebih banyak dipasok dari pada bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang optimal. Dobrakan ini membuat konsumsi BBM Honda Civic lebih irit serta menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit.

Baca Juga: Mengenal Mitsubishi Colt L300, Mobil Pikap Tahan Banting!

2. Memasuki dekade 80-an, Honda Civic hadir dalam konsep yang unik

Awalnya Hatchback, Intip Jalan Panjang Honda Civic hingga Bisa EksisHonda Civic generasi ketiga 1983 (Mad4Wheels)

Honda Civic generasi ketiga ini masuk ke Indonesia pada tahun 1986. Uniknya, mobil ini diberi julukan wonder setrikaan lantaran bodinya yang mirip sekali dengan setrika. Mobil ini bisa dibilang sebagai Honda Civic yang sukses di Indonesia dan tetap diburu penghobi hingga sekarang.

Selain bodinya yang unik, mesin yang dipakai menggunakan empat silinder dengan teknologi 12 valve yang saat itu populer pada mobil keluaran Jepang. Performa yang dihadirkan terbilang hebat dengan menggunakan mesin 4-silinder DOHC dan bisa menyemburkan tenaga mencapai 122 Hp.

3. Honda Civic 'Genio' yang fenomenal di tahun 90-an

Awalnya Hatchback, Intip Jalan Panjang Honda Civic hingga Bisa EksisHonda Civic Genio (pinterest.com)

Honda Civic generasi kelima diluncurkan di Jepang tahun 1991. Di Indonesia, mobil ini dikenal sebagai Genio hadir ke dalam tiga varian bodi, yaitu sedan (Genio), coupe, dan hatchback yang dikenal dengan Estillio. Material bodi yang digunakan sangat ringan untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Suspensi yang digunakan juga semakin nyaman dan lembut.

4. Honda Civic Type R Sedan hadir dengan bentuk yang beda

Awalnya Hatchback, Intip Jalan Panjang Honda Civic hingga Bisa EksisHonda Civic type R (carscoops.com)

Honda pun melakukan perubahan secara mengakar pada segi desain bodi. Civic mengalami pembaruan bentuk setelah dua generasi tidak mengalami perubahan yang berarti, baik di bagian interior maupun eksterior. Honda juga menyediakan varian mesin  1.8 dan 2.0 liter sebagai pilihan standar dan menghilangkan mesin 1.6 liter di Indonesia.

5. Kini Civic hadir dengan desain mewah yang futuristis

Awalnya Hatchback, Intip Jalan Panjang Honda Civic hingga Bisa Eksisunsplash.com/Erik Mclean

Civic generasi kesepuluh ini pertama kali diperkenalkan di ajang New York International Auto Show 2015. Mobil ini menjadi Civic pertama yang secara desain dan rekayasanya dilakukan oleh Honda Amerika, dengan pantauan langsung dari Honda Jepang. Jadi, tidak heran jika tampilannya terlihat mewah seperti mobil keluaran Amerika Serikat pada umumnya ya.

Baca Juga: Mobil-mobil Keren Ini Terpaksa Disuntik Mati, Sayang Banget..

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya