Comscore Tracker

Harganya Rp8,9 Miliar, Yakin Mau Membeli Lamborghini Huracan?

Pajaknya saja Rp180 juta per tahun, belum perawatannya

Jakarta, IDN Times - Siapa sih yang gak mau punya mobil super seperti Lamborghini Huracan? Semua orang pasti mau. Tapi gak semua orang bisa, tentu saja. Sebab harga Lamborghini Huracan itu mahal banget.

Saat ini harga satu unit Lamborghini Huracan sebesar Rp8,9 miliar. Duit segitu cukup untuk membeli 260 unit Honda PCX 160. So, kebayangkan betapa mahalnya Lamborghini Huracan ini.

Selain harganya yang mahal, ongkos buat opersional dan perawatannya juga gak murah. Nah, berikut beberapa biaya yang harus kamu keluarkan jika punya Lamborghini Huracan seperti dikutip dari Lifepal.

1. Bahan bakar

Harganya Rp8,9 Miliar, Yakin Mau Membeli Lamborghini Huracan?ANTARA FOTO/Reno Esnir

Pertama, mari kita bahas berapa biaya bensin Lamborghini Huracan. Mobil ini menurut data bisa mengonsumsi sekitar 5,3 liter untuk satu kilometer dengan bahan bakar minimal Pertamax Turbo dengan harga per liter Rp10.100.

Tangki bensin mobil ini sebesar 90 liter. Sehingga jika kantormu berjarak 10 kilometer, berarti kamu harus mengisi 53 liter bensin untuk sekali jalan. Kalau kamu mengisi tanki hingga penuh, maka besoknya kamu sudah harus mengisi lagi.  

Kebayangkan betapa banyak duit yang harus kamu keluarkan hanya untuk membeli bensin?

Baca Juga: Harganya Bikin Sesak Nafas, Ini 5 Mobil Termahal di Dunia

2. Servis dan ganti oli

Harganya Rp8,9 Miliar, Yakin Mau Membeli Lamborghini Huracan?Unplash/Tim Mossholder

Kalau di mobil biasa, tune up dan ganti oli rutin biasanya hanya menghabiskan dana tak sampai Rp1 juta. Tapi lain cerita untuk Lamborghini. Sebab untuk supercar seperti ini membutuhkan kualitas oli yang super wahid alias berkualitas tinggi. Dan harga oli jenis ini gak murah.

FYI, oli sintetik berkualitas tinggi itu paling murah Rp800 ribu hingga Rp 1 juta per liter. Sementara mobil ini butuh minimal delapan liter oli. Sehingga, jika olinya Rp800 ribu per liter, maka kamu harus mengeluarkan uang Rp6,4 juta hanya untuk membeli olinya. Ini belum termasuk biaya jasa, lho.

Jika ditotal-total, biaya untuk ganti oli dan tune up bisa menyentuh angka Rp15 jutaan. Dan ingat, servis ini harus dilakukan rutin per 5 ribu km.

3. Kampas kopling

Harganya Rp8,9 Miliar, Yakin Mau Membeli Lamborghini Huracan?https://wallpapertag.com

Umur pakai kampas kopling Lamborghini kabarnya hanya bertahan selama 5 hingga 7 ribu kilometer aja. Maklum, ini mobil super dengan tenaga yang sangat besar. Kabar lainnya, harga kampas kopling mobil ini gak akan kurang dari 5 ribu dolar Amerika atau Rp50 juta!

Pergantian kampas ini biasanya dilakukan berbarengan dengan perawatan kecil. Jadi ketika ganti oli, kamu bisa sekalian ganti kampas kopling juga tuh.

4. Kerusakan komponen

Harganya Rp8,9 Miliar, Yakin Mau Membeli Lamborghini Huracan?https://www.carscoops.com/2019/07/carbon-lamborghini-veneno-roadster-is-the-ultimate-way-to-show-off/

Sekarang mari kita coba hitung kisaran duit yang harus kamu keluarkan jika terjadi kerusakan kompenen. Sebab baut-baut mobil ini harganya Rp3 jutaan lho, sementara handle pintu bisa sampai Rp18 juta. Dan harga selang minyak remnya Rp4,6 juta.

Komponen-komponen seperti itu umumnya harus diganti setelah mobil tembus 10 ribu km. Belum lagi jika kamu harus membenahi sektor kaki-kaki seperti roda atau suspensi. Percaya deh, biaya servis mobil Mercedes-Benz atau BMW bakal terasa murah.

5. Ban

Harganya Rp8,9 Miliar, Yakin Mau Membeli Lamborghini Huracan?Lamborghini

Lamborghini menggunakan ban standar Pirelli. Pada Lamborghini Huracan menggunakan Pirelli tipe PZero yang harganya mencapai Rp16 jutaan per ban. Kalau pengin yang jauh lebih tahan lama dari sisi pemakaian, kamu bisa memilih Michellin Pilot Sport. Harganya Rp19 juta.

Dengan tenaga mesin yang besar, ban pun harus benar-benar menggigit aspal agar tidak selip. Sehingga kondisi ban harus selalu dijaga. Sehingga dianjurkan mengganti ban per 20 ribu kilometer. Biaya lagi, kan?

6. Pajak tahunan

Harganya Rp8,9 Miliar, Yakin Mau Membeli Lamborghini Huracan?ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Selain itu ada lagi biaya yang harus kamu keluarkan setiap tahun, yakni membayar pajak tahunan. Untungnya pajak tahunan Lamborghini Huracan gak mahal, hanya sekitar Rp180 juta per tahun!

So, masih berminat memelihara Lamborghini Huracan?

Baca Juga: 5 Mobil Keluarga di Bawah Rp50 Juta, Nyaman Gak Harus Mahal 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya