Comscore Tracker

Ini Bedanya Membeli Kendaraan On The Road dengan Off The Road

Jadi, kamu mau pilih on the road atau off the road?

Jakarta, IDN Times - Banyak istilah di dunia otomotif, di antaranya adalah on the road dan off the road. Kedua istilah tersebut biasanya terkait dengan pembelian kendaraan, baik mobil atau sepeda motor.

Sederhananya on the road artinya konsumen tidak perlu lagi repot mengurus surat-surat kendaraan seperti BPKB, STNK, pelat nomor kendaraan sendiri karena telah diurus oleh dealer tempat ia membeli kendaraan.

Sementara Jadikebalikannya, pembeli harus mengurus sendiri surat-surat kendaraan yang dibelinya.

1. Tinggal terima kunci dan pakai mobilnya

Ini Bedanya Membeli Kendaraan On The Road dengan Off The RoadIlustrasi jual mobil (afghanlogisticstours.com)

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa salah satu kelebihan dari membeli kendaraan on the road adalah kamu tinggal duduk manis, dan tinggal menerima kunci kendaraan baru kamu lalu pakai kendaraan barumu.

Yes betul! Karena keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah, masalah persuratan atau dokumen-dokumen kendaraan kamu sudah diurus dan tidak perlu kita urus sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan Orang Indonesia Lebih Suka Membeli Mobil Jepang

2. Beda wilayah, beda pula harganya

Ini Bedanya Membeli Kendaraan On The Road dengan Off The Roadpakwheels.com

Ini salah satu poin penting dan menjadi keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu membeli kendaraanmu dengan harga on the road  yaitu, masing-masing biaya tergantung peraturan daerah masing-masing mengenai biaya pajak dan sebagainya.

Jadi pastinya harga sebuah kendaraan di setiap wilayah itu berbeda-beda meskipun kendaraan yang mau kita beli itu sama, dan dia akan mengikuti harga pada domisili si pembelinya.

Sebagai contoh, ketika kamu berdomisili di Jawa Tengah, dan kamu membeli mobil di Jawa Barat, maka tetap mengikuti harga on the road Jawa Tengah, dan bisa saja harganya lebih murah kan?

3. Pastinya tidak perlu mengeluarkan duit apa-apa lagi

Ini Bedanya Membeli Kendaraan On The Road dengan Off The Roadunsplash/SabinePeters

Harga kendaraan on the road  memang lebih mahal dibanding harga mobil atau motor off the road. Ini karena harga on the road sudah termasuk biaya pengurusan dokumen. Sementara harga off the road lebih murah karena kamu harus mengurus sendiri surat-surat kendaraan yang kamu beli. Gitu, guys!

Baca Juga: Lagi Cari Mobil Bekas? Ini Cara Membedakan Cat Ori dengan Cat Ulang

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You