Kades Perempuan di Majalengka Daftar Pilkada Lewat PAN

Sudah ada tiga orang daftar, dua di antaranya perempuan

Majalengka, IDN Times - Kuwu (kepala desa) di Kabupaten Majalengka ikut meramaikan Pilkada November mendatang. Endah Hendrawati yang saat ini masih menjadi Kuwu Desa Putridalem, Kecamatan Jatitujuh, resmi mendaftarkan diri untuk maju pada Pilkada Majalengka nanti.

Endah resmi mendaftarkan diri lewat Partai Amanat Nasional (PAN), Kamis (2/5/2024) sore. Bersama keluarga besarnya, Endah disambut pengurus DPP partai berlambang matahari terbit itu. 

"Hari ini alhamdulilah saya sudah mendaftar melalui Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengikuti kontestasi pilkada 2024 di kabupaten Majalengka," kata Endah, seusai daftar

1. Membawa kemajuan Majalengka dari sudut pandang perempuan

Kades Perempuan di Majalengka Daftar Pilkada Lewat PANInin Nastain IDN Times/ Pendaftaran Balon pilkada

Berbekal pengalamannya sebagai kuwu sejak 2019 lalu, Endah mengaku memiliki beberapa program yang diharapkan bisa membawa kemajuan Majalengka di masa yang akan datang. Selain itu, keputusannya maju sebagai bakal calon kepala daerah, sekaligus sebagai keterwakilan dari pihak perempuan.

"Harapannya bahwa semua bidang bisa jauh lebih baik, tapi tentunya ingin ada keterwakilan dari pihak perempuan. Banyak kegiatan yang mungkin bisa dibawa dari pihak perempuan untuk memajukan Kabupaten Majalengka," kata Endah 

"Juga bagaimana keterlibatan dari generasi muda tentunya akan menjadi satu dorongan yang lebih besar untuk kemajuan Kabupaten Majalengka," katanya.

2. Optimistis tinggi, partai mencari calon terbaik

Kades Perempuan di Majalengka Daftar Pilkada Lewat PANInin Nastain IDN Times/ Kuwu Endah mengisi formulir

Endah sendiri selama ini tidak tercatat sebagai kader dari PAN. Namun, Endah tidak mau pikirannya tersita oleh status itu.

"Saya tetap optimistis. Saya orang yang selalu berpikir positif bahwa saya yakin semua partai, terutama PAN tentunya, mencari bibit-bibit ataupun bakal calon yang tujuannya adalah baik," kata dia.

Endah menegaskan, perjalanannya sebagai kuwu diharapkan bisa menjadi pertimbangan partai, untuk kemudian merekomendasikannya pada Pilkada nanti.

"Juga jejak digital yang bisa dilihat selama saya duduk sebagai Kepala Desa Putridalem. Alhamdulillah banyak prestasi yang berusaha saya berikan untuk desa kelahiran saya," tuturnya.

"Dan juga tentunya itu satu pemikiran positif. Tidak ada salahnya tulus memberikan terbaik untuk tempat di mana kita lahir," kata Endah.

3. DPD PAN terima tiga pendaftar, dua perempuan

Kades Perempuan di Majalengka Daftar Pilkada Lewat PANInin Nastain IDN Times/ Ketua DPD PAN bersama balon kepala daerah

Sementara itu, hingga awal Mei ini, sudah ada tiga orang yang mendaftar dari PAN untuk Pilkada nanti. Di antara tiga orang itu, dua di antaranya dari kalangan perempuan.

"Alhamdulillah kalau dari PAN, dengan kehadiran dan pendaftaran Bu Endah hari ini, sudah ada tiga calon. Perempuan dua, laki-laki satu. Latar belakangnya pengusaha, kader, dan kades," tutur ketua DPD PAN Majalengka Rona Firmansyah.

Terkait batas akhir pendaftaran, Rona menyebutkan, hingga saat ini partainya masih belum memutuskan kapan. Hal itu mengingat waktu pendaftaran ke KPU masih cukup lama.

"Kami belum ada batas waktu, karena memang masih panjang. Pendaftaran ke KPU itu tanggal 27 Agustus," kata dia.

Selama ini PAN masih terus melakukan komunikasi dengan parpol lainnya. PAN sendiri, pada Pemilu kemarin mendapat lima kursi untuk DPRD Majalengka.

"Tentunya ini butuh sekali komunikasi yang intens dengan temen-temen partai lain. Tentunya kami tidak bisa sendiri dan akan menawarkan (calon) dari PAN ini beberapa kandidat yang berpotensi untuk pencalonan pilkada mendatang," ujar Rona.

Baca Juga: 'Jeritan' Guru SLB Majalengka pada Peringatan Hardiknas

Baca Juga: PAN Sambut Baik PDIP Usung Khofifah di Pilkada Jawa Timur 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya